PENGETAHUAN DASAR ELEKTRONIKA YANG WAJIB DI KETAHUI UNTUK PEMULA

CARA FLEXI - Mungkin tujuan menurut memeriksa elektronika mempunyai tujuan yang bhineka, terdapat yang sekedar ilmu pengetahuan,terdapat pula yg ingin menjadi tukang reparasi,atau sekedar hobi dan lain sebagainya. Dan yg akan berhasil menguasai materi ini apa bila ke-dua tujuan tadi disatukan sebagai akibatnya sebagai satu komposisi yang siap diracik sebagai lebih Joss.

Pengetahuan Elektronika dasar wajib wajib kita ketahui, sebelum menginjak ke aspek yg lebih jauh. Bukan hanya ekektronika, segala ilmu apapun juga, kita memang wajib memeriksa dasar terlebih dahulu. Disini kita akan membahas tentang apa yg harus pada pelajari sebagai dasar Pengetahuan yg nantinya kita mampu kembangkan lebih jauh lagi. Berikut ini saya akan mengulas buat anda ketahui ,apa saja yg meski pada persiapkan sebelum anda benar-benar terjun ke global servis elektronika pada khususnya.

1. Mengenal arus dan tegangan listrik
Kalau kita ibaratkan di pada elektro, arus dan tegangan merupakan air yg siap dipakai sebagai penyuplay kehidupan. Oleh karenanya hal ini sangat penting pada pahami. Lalu apa itu arus dan apa itu tegangan?.mari kita pahami serta bedakan! Arus dan tegangan sangat berkaitan erat. Oleh karena itulah orang tak jarang menyebut suatu tegangan masih ada arus pada dalamnya 
penngertianya sebagai berikut;

- Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yg diakibatkan menurut pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan saat. Arus listrik bisa diukur pada satuan Ampere. Arus seringkali juga sering orang menyebutnya daya dari suatu Volt. Arus dibedakan sebagai 2 macam yaitu arus AC dan DC. 
Arus Ac merupakan arus bolak-pulang  sedangkan DC mempunyai dua muatan yaitu  positive serta negative. Sebagai pemahaman yg gampang mampu di gambarkan arus AC adalah arus yang belum disearahkan sang penyearah dioda sedangkan arus DC biasanya dalam rangkaian sudah disearahkan sang dioda menjadi 2 arah yaitu positive dan negative yang difilter oleh elko sehingga siap buat menyuplay semua rangkaian yg terdapat.

-Tegangan
Tegangan listrik merupakan disparitas potensial listrik antara 2 titik pada rangkaian listrik, serta dinyatakan pada satuan V) volt. Besaran ini mengukur energi potensial menurut sebuah medan listrik yg menyebabkan adanya genre listrik dalam sebuah konduktor listrik.

2. Memahami komponen dasar
Dalam topik ini, kita bisa mempelajari berbagai macam serta jenis komponen pada pada elektronika. Komponen dari jenisnya dibedakan sebagai dua jenis yaitu komponen aktive dan pasive. Sedangkan pengertianya sebagai berikut;

- Komponen aktif adalah  komponen-komponen pada dalam rangkaian elektronika yang memiliki penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik. Di antaranya merupakan transistor, tiristor, diode, dan tabung vakum.
-komponen pasive adalah komponen-komponen pada pada rangkaian elektro menjadi pendukung komponen aktive atau lebih tepatnya komponen pasif bersifat nenghambat, memfilter,menyetabilkan,jenis arus. Menjadi contoh, pelawan, elco,capasitor,dll.

3. Memahami simbol-simbol komponen
Dalam rangkaian yang meski wajib pada  pahami selanjutnya yaitu Simbol komponen. Simbol sangat krusial karena berkaitan dengan pemahaman gambar skema rangkaian. Pemahaman yg galat di materi ini maka kita akan kesulitan  di skema . Faktor krusial di dalam topik simbol komponen adalah tahu simbol menurut komponen dasar aktif  serta pasif. Simbol gambar komponen aktif pada antaranya artinya simbol transistor, ic,dioda ,kaki ic, dll.
Simbol gambar komponen pasive pada antaranya simbol resistors, capasitor,elco,lilitan,dll.
Selain simbol di pada gambar skema,pada badan komponen masih ada beberapa simbol yg harus anda fahami pada antaranya adalah simbol rona, angka, no. Seri, huruf,merek.

4. Memahami gambar skema rangkaian
setelah mengenal Simbol komponen maka selanjutnya Memahami gambar skema rangkaian. Kedua hal yang sangat berkaitan tentang pemahaman gambar skema sumbol.

5. Pengggunaan AVO METER
Di pada dunia elektronika AVO sangat krusial, lantaran kegunaannya sangat vital dan pula multi fungsi.  AVO meter sering jua diklaim tester,multi tester. Avo adalah singkatan menurut; ampere,volt,ohm, jadi pada dalam indera AVO meter masih ada beberapa fungsi yaitu ampere sebagai mengukur Arus, Volt sebagai pengukur tagangan,dan Ohm sebagai pengukur kendala.
Jika anda belajar di bidang kelistrikan maka anda akan selalu bertemu menggunakan indera ini.

6. Pengukuran komponen
Yang ke enam ini kaitanya menggunakan multiteste dan komponen. Sebagai mana yang pernah anda ketahui bahwasanya pengukuran meski memakai indera. Oleh karenaanya pemahaman pengukuran komponen merupakan dasar daei pembelajaran elektronik.
Ketika suatu ketika anda telah faham serta terjun ke global elektronik maka anda akan mencicipi betapa pentingnya pengukuran komponen dasar yg pernah anda pelajari berdasarkan awal.

8. Mengenal blog di pada rangkaian
setelah anda faham dengan yg aku sebutkan di atas maka anda akan segera menginja ke bagian pemahaman blog rangkaian. Tapi sebelum tahu blog rangkaian umumnya anda wajib memahami dari satu persatu, pertama anda kenali rangkaian power suplay. Power suplay dipahami dulu  lalu anda akan mengenalinya pada sebuah rangkaian, karena di dalam sebuah mesin elektro power suplay akan selalu ada. Jadi rangkaian power suplay adalah blog yang paling wajib anda pelajari terlebih dahulu pada materi ini.

Setelah anda paham dengan PSU maka anda akan mengusut beberapa blog yg terdapat disdebuah mesin elektro yg terdapat beberapa blog yang manfaatnya berbada-beda.
Setelah anda kenal rangkaian power suplay selanjutnya pemahaman tentang blog amplifier.
Amplifier didalam elektro umumnya dianggap pula sebagai penguat. Tapi yang termudah dan dasar pelajarilah Amplifier audio. Amplifier audio jua sangat dasar sekali karena hampir seluruh perangkat menggunakanya.
Setelah penguat selanjutnya yaitu radio. Radio adalah gelombang frekwensi. Jadi hubunganya dengan signal. Setelah anda faham menggunakan sistim radio maka anda telah mendapatkan dasar dari sistim sugnal.

Kesimpulan 

Selain yg saya sebutkan di atas dasar-dasar materi elektronik mungkin lebih banyak lagi bila di bahas lebih seknifikan,namun yg harus pada pahami di atas adalah sekedar gambaran bagi anda yg ingin menilik bidang elektronika yang nantinya anda bisa mengembangkanya sendiri.

Dilihat cara mempelajarinya elektronika sangat membutuhkan ketekunan serta niat. Semua tergantung dari masing masing tujuan. Jika tujuanya hanya sekedar ilmu pengetahuan maka akan sangat tidak sinkron dari kenyataan. Secara materi elektro sangat rumit dipelajari jika hanya membaca tanpa praktek. 

Jika tujuanya adalah untuk menjadi tukanng reparasi elektronik, ini akan lebih gampang dibandingkan hanya sekedar membaca materi. Ini terbukti akan lebih gampang bila lebih poly praktek daripada hanya sekedar membaca materi. Alasanya merupakan pada dalam elektro terkadang materi menggunakan praktek nir bisa di katakan berbanding lurus. Saya pun membuktikanya hingga ketika ini sebagai seseorang tukang reparasi banyak sekali macam barang elektronik, saya berpendapat demikian. Bisa dikatakan pengalaman adalah pelajaran terbaik menurut hanya sekedar membaca materi. Saya masih ingat waktu itu saya masih duduk di bangku sekolah elektronik, pengajar aku menyampaikan pelajaran teknik akan lebih mudah pada pahami apa bila diisi dengan 75% praktek dan 25% materi. Jadi bagi anda yg mungkin ketika ini sedang memulai atau ingin menjadi seseorang pakar dalam reparasi elektro maka saya sarankan pelajari materi dasar lalu terjun ke praktek, seraya anda akan di tuntun ke pada materi. Seribu pertanyaan menanti anda buat di pecahkan secara praktek dan di dorong dengan materi yg terdapat.

Demikian sedikit gambaran materi dasar jika anda ingin terjun ke global elektronika. Semoga menjadi refrensi buat anda fahami.

Comments