PENGERTIAN SISTEM OPERASI OS DAN CONTOHNYA

Sering disingkat sebagai OS, sistem operasi merupakan acara yang paling kuat, serta umumnya besar , yg mengontrol dan mengelola perangkat keras dan software lainnya di komputer.
Semua komputer dan perangkat misalnya komputer memiliki sistem operasi, termasuk laptop, tablet, desktop, smartphone, smartwatch, router... Sebutkan saja yang kamu ketahui.

Contoh Sistem operasi

Laptop, tablet, dan komputer desktop semuanya menjalankan sistem operasi yang mungkin acapkali engkau dengar. Beberapa model termasuk versi Microsoft Windows (misalnya Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP), macOS Apple (sebelumnya OS X), iOS, Chrome OS, BlackBerry Tablet OS, serta sistem operasi open source Linux.
Smartphone engkau menjalankan sistem operasi juga, mungkin iOS Apple atau Android Google. Keduanya merupakan nama brand yg seringkali kamu dengar, namun kamu mungkin nir menyadari bahwa mereka merupakan sistem operasi yg digunakan pada perangkat tersebut.
Server, misalnya yang sebagai host situs web yg kamu kunjungi atau melayani video yang engkau tonton, umumnya menjalankan sistem operasi spesifik, yang dirancang dan dioptimalkan buat menjalankan software spesifik yg diperlukan buat membuat mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Beberapa model termasuk Windows Server, Linux, dan FreeBSD.

Perangkat Lunak & Sistem Operasi

Kebanyakan program software dibuat buat berfungsi hanya dalam satu sistem operasi perusahaan, seperti hanya buat Windows (Microsoft) atau hanya untuk macOS (Apple).
Setiap aplikasi akan mencantumkan sistem operasi mana yang didukung dan jika diperlukan akan menjadi sangat spesifik. Misalnya, program software untuk penghasil video mungkin dia mencantumkan dukungan buat Windows 10, Windows 8, serta Windows 7, tetapi nir mendukung versi Windows yang lebih usang seperti Windows Vista serta XP.
Pengembang perangkat lunak pula seringkali merilis versi tambahan dari software mereka yang berfungsi dengan sistem operasi lain. Kembali ke model acara produsen video, perusahaan itu mungkin juga merilis versi lain dari program menggunakan fitur yg sama persis namun hanya berfungsi dengan macOS.
Penting juga buat mengetahui apakah sistem operasi kamu 32-bit atau 64-bit. Ini adalah pertanyaan yang biasanya ditanyakan ketika mengunduh software.
Jenis perangkat lunak khusus yg disebut mesin impian sahih-benar bisa meniru personal komputer "nyata" serta menjalankan sistem operasi yg tidak sama dari dalamnya. Lihat Apa itu Mesin Virtual? Buat menilik lebih lanjut tentang ini.

Comments