PENGERTIAN ROUTER DAN FUNGSINYA LENGKAP

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap - Jika anda menggeluti dunia personal komputer jaringan, maka anda pasti seringkali mendengar tentang TCP/IP, Hub, Switch, Bridge serta router. Dulu ketika zaman sekolah sering menerima pertanyaan di kitab LKS tentang hal tadi, keliru satunya yg akan kita ulas yakni mengenai router. Apa fungsi router? Jelaskan fungsi router? Dan apa sih pengertian router?. Beranjak dari pertanyaan tadi, dulu ketika sekolah banyak kitab pedoman yg sanggup digunakan menjadi rujukan, jadi menggunakan gampang menjawab tentang fungsi, pengertian dan cara kerja tentang router. Nah, karena sekarang zaman telah mulai go online, nir salahnya aku mencoba mengulas melalui blog sederhana ini.
Router adalah suatu alat yg ibaratnya perantara, jadi si router ini berguna buat menguhubungkan beberapa jaringan/network, baik itu jaringan yg sama atau jaringan yang berbeda menurut segi teknologinya karena alat yg tidak selaras semisal topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih detilnya, yuk simak ulasan pengertian router serta kegunaannya lengkap dibawah ini.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Router pada Jaringan Komputer

Pengertian router adalah suatu perangkat luar komputer atau indera yang mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain atau tujuannya menggunakan proses yg dinamakan routing.
Routing merupakan proses yg terjadi saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan(jaringan internet protocol) berdasarkan stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Fungsi router adalah menghubungkan dua jaringan atau lebih buat menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data keterangan tadi, perangkat baik yang menerima atau yg mengirim wajib terkoneksi menggunakan internet.
Fungsi primer berdasarkan router sendiri yakni menjadi pembagi atau penyalur IP address secara stastis atau memakai DHCP (baca pula : fungsi dhcp) kepada seluruh perangkat komputer atau laptop yg terhubung pada perangkat router tersebut. Setelah fungsi berdasarkan router tersebut berjalan, maka setiap personal komputer yang terhubung memiliki IP address yang unik sehingga dapat digunakan buat melakukan browsing, setting LAN serta internetan.
Penggunaan router sendiri paling seringkali kita temui pada warnet, perkantoran, administrasi sekolah, perhotelan dan berbagai usaha atau tempat yg menggunakan fasilitas layanan internet. Teknologi router sendiri sekarang ini sudah lebih modern serta sophisticated menggunakan adanya fungsi wireless. Dengan kelebihan ini, setiap perangkat atau gadget yang bisa menangkap frekuwensi gelombang radio, dapat mendapat gelombang radio yg dipancarkan router sehingga anda mampu eksklusif terhubung menggunakan internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara generik terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis merupakan router yg pada setting manual oleh administrator sebagai akibatnya mempunyai tabel routing statis
  2. Router dinamis merupakan router yang mempunyai dan menciptakan tabel routing bergerak maju menggunakan melihat frekuwensi lalu lintas jaringan dan saling terhubung menggunakan router yg lainnya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yg mempunyai kemampuan buat mengirimkan data atau kabar sinkron rute bepergian menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jika data/liputan ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tadi. Tetapi, jika data/keterangan ditujukan dalam host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/liputan itu keluar menurut network.
Dibawah ini ada ilustari cara kerja router pada personal komputer jaringan
Cara Kerja Router dari gambar ilustrasi pada atas :
  1. Ada dua buah network yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port dua router = 192.155.dua.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tadi k network lain. Sama dengan apabila komputer E mengirimkan data ke personal komputer F serta banyak sekali pola dalam satu network.
  4. Namun, apabila komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Berdasarkan uraian penjelasan dan gambar diatas, anda niscaya sudah memahami alur menurut pengertian router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, kini tinggal anda mencoba mempraktekkan atau memahaminya.
Demikian artikel tentang pengertian router serta manfaatnya lengkap dengan model cara kerjanya. Semoga mampu menambah wawasan anda tentang jaringan komputer. Ingin lebih memahami mengenai personal komputer jaringan? Anda sanggup membaca related post artikel dibawah. Terima kasih

Comments