PENGERTIAN FLOWCHART SIMBOL FUNGSI DAN JENISNYA LENGKAP

Pada saat anda membuat sebuah sistem, poly hal yg perlu anda cermati. Beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum membangun sebuah sistem yakni sebuah perancangan sistem. Perancangan sistem ini diperlukan sebagai dasar buat menciptakan suatu program yang nantinya anda kerjakan. Perancangan sistem ini memerlukan penerjemah yg umumnya disebut dengan rancangan logis atau flowchart.
Apa itu pengertian flowchart? Bagaimana simbol - simbol flowchart? Apa fungsi flowchart? Dan Apa saja jenis -  jenis flowchart?. Nah, disinalah akan diulas berbagai pertanyaan mengenai flowchart tersebut agar anda orang awam atau orang yg ingin belajar merancang sebuah acara mengetahui dasar menurut pembuatan sebuah sistem itu.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah sebuah bagan atau diagram yang menampakan langkah - langkah proses (intruksi) suatu acara melalui simbol - simbol grafis dengan urutan tahapannya dihubungkan menggunakan indikasi panah. Flowchart atau diagram alir ini merupakan sebuah ilustrasi atau penggambaran penyelesaian kasus suatu rancangan sistem.
Flowchart memiliki simbol - simbol yang mempunyai arti sendiri - sendiri dalam proses membangun sistem. Sebagai analis sistem, flowchart ini dijadikan menjadi dasar buat mengajukan sebuah acara kepada programmer atau developer. Berdasarkan flowchart tersebut, programmer mampu membaca dan membuat program sinkron menggunakan permintaan analis sistem.

Fungsi Flowchart

Fungsi flowchart adalah dipakai buat menganalisa, mendesain, mendokumentasikan serta memanajemen sebuah proses atau program pada banyak sekali bidang. Secara khusus, flowchart berfungsi buat membantu mendeskripsikan situasi apa yg sedang terjadi dan yang akan terjadi dari sebuah simbol serta pertanda penghubungnya. Selain itu, flowchart ini sanggup memperjelas sebuah alur dari suatu sistem baik itu kekurangan atau kelebihan berdasarkan berbagai proses di pada tahapan suatu sistem.

Simbol - Simbol Flowchart

Berikut ini adalah simbol - simbol grafis standart yg tak jarang dipakai pada menyusun sebuah flowchart.

1. Simbol Arus (Flow Direction Symbol)

Flow direction symbol digunakan sebagai penghubung antar simbol dalam sebuah flowchart. Dalam kategori ini terdapat 4 simbol yang perlu dipahami, yakni simbol flow, simbol communication link, simbol connector, simbol offline connector.

2. Simbol Proses (Processing Symbol)

Processing Symbol digunakan menjadi simbol yg menyatakan serangkaian proses di pada sebuah flowchart. Dalam kategori ini terdapat 7 nama symbol yakni, processing, manual operation, decision, predefined process, terminal, keying operation, offline storage, manual input.

3. Simbol I/O (Input-Output)

Input/Output symbol digunakan buat memberitahuakn operasi pengolahan pada suatu proses Input/Output pada flowchart. Kategori ini terdiri berdasarkan 6 simbol yakni, input/output, punched card, disk storage, magnetic tape, document, display.

Jenis - Jenis Flowchart

Flowchart atau bagan alir atau diagram alir terdiri berdasarkan 5 jenis yg masing - masing jenis mempunyai ciri pada setiap penggunaannya buat menciptakan sistem. Untuk lebih jelasnya silahkan baca uraian pada bawah ini.

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart sistem adalah bagan yang menampilkan tahapan kerja atau proses yang sedang berlangsung pada pada sistem secara menyeluruh serta menguraikan urutan berdasarkan setiap mekanisme yg berada di dalam system. Oleh karenanya, flowchart ini dianggap menjadi citra grafik urutan prosedur yang berkombinasi dalam membentuk suatu sistem. 

2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Flowchart dokumen merupakan bagan yg menampilkan arus dari laporan dan formulir berikut tembusan - tembusannya dengan menggunakan simbol - simbol seperti pada flowchart sistem.

3. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

Flowchart skematic adalah bagan yang menampilkan alur prosedur suatu sistem sama menggunakan flowchart sistem. Tetapi, terdapat perbedaan pada penggunaan simbol - simbol dalam mendeskripsikan alur. Selain memakai simbol - simbol yang ada dalam flowchart sistem, flowchart skematik jua memakai gambar - gambar komputer berserta alat-alat lainnya guna mempermudah pada pembacaan flowchart kepada orang yg kurang paham.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)

Flowchart acara atau diagram alir program adalah bagan yg terbuat dari derivikasi flowchart system yang isinya menjelaskan secara rinci tahapan dan langkah - langkah menurut sebuah proses acara.
Diagram alir ini terdiri dari dua macam yakni diagram alir logika program serta diagram alir program komputer terinci.

5. Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart Proses merupakan cara penggambaran rekayasa industrial menggunakan merinci dan menganalisis tahapan langkah - langkah selanjutnya pada suatu prosedur atau sistem. Penggunaan flowchart ini lebih efektif dipakai buat menelusuri alur suatu laporan atau form secara prosedural.

Contoh Flowchart

Berikut ini ada contoh flowchart proses yg herbi kerusakan lampu.
Demikian artikel mengenai pengertian flowchart, simbol, fungsi dan jenisnya lengkap berserta gambarnya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang sebuah perancangan sistem yg baik dan sahih. Silahkan like, share serta komentar apabila tulisan ini bermanfaat buat anda. Terima kasih

Comments