PENGERTIAN DNS SERVER DAN FUNGSINYA LENGKAP

Pengertian DNS server serta fungsinya - Dalam perkembangan global teknologi jaringan atau internet sekarang ini terdapat yg namanya Domain Name System disingkat DNS. DNS ini secara nir langsung telah membantu banyak orang waktu mereka berselancar di internet baik itu buat browsing, kirim email, web server, dsb yg menterjemahkan domain ke dalam IP address. Ibaratnya sebuah kitab pedoman telepon ketika kita mencari nama orang buat menghubunginya, kemudian menemukan nomor telepon dan menekan nomornya baru tersambung ke orangnya. Jadi orang lebih mengenal nama yg akan dihubungi, baru telpon menterjemahkan angka tadi menuju ke orang yang dihubungi.
DNS server ini berhubungan dengan alamat IP address yang pastinya jua herbi DHCP server yang membantu membuat alamat IP secara otomatis (baca: pengertian dhcp dan fungsinya). Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu DNS server? Apa kegunaan serta fungsi menurut DNS? Yuk kita kupas dibawah ini.

Pengertian DNS Server (Domain Name System)

Apa itu DNS (Domain Name System)?

Menurut beberapa sumber yang kami rangkai adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan wikipedia indonesia DNS merupakan :
Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) pada pada jaringan personal komputer , misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP buat setiap nama host serta mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang mendapat surel (email) buat setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS merupakan layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web sebagai alamat internet.
2. DNS adalah pendistribusian sistem database yg digunakan buat mencari "nama" komputer dalam jaringan internet yg menggunakan TCP/IP (penamaan personal komputer ).
3. DNS adalah sebuah sistem jaringan yg digunakan buat mengarahkan nama domain pada alamat IP address. Berlaku kebalikannya jua berdasarkan alamat IP address ke domain.

Apa itu DNS Server?

DNS Server adalah sebuah sistem server yg menerima permintaan menurut client untuk "mengetahui" alamat IP address yang digunakan oleh sebuah domain. Sebagai contohnya merupakan domain google.com, dengan menggunakan tool online ipadress.com berhasil menemukan serta mengetahui IP address google yakni 172.217.21.206. Coba lihat gambar dibawah ini :

Kegunaan dan Fungsi DNS

Secara umum kegunaan dan fungsi DNS maupun DNS server ini sangat diharapkan dalam sebuah jaringan internet. Untuk detail coba lihat penjelasan dibawah ini:

Fungsi DNS Domain Name System


  1. DNS berfungsi buat menerjemahkan hostname sebagai alamat IP address atau menerjemahkan alamat IP address menjadi hostname. Sebagai misalnya tersebut hostname google.com menggunakan alamat ip address 172.217.21.206. Orang lebih suka mengetik google.com daripada ip addressnya pada bar search baik itu di mozila maupun chrome. Hal ini karena nama google.com lebih mudah diingat daripada angka ip address.
  2. DNS dipakai buat mengetahui fakta secara lengkap mengenai sebuah hostname yang ada di internet baik itu alamat IP address, alamat lokasi server atau hostname, serta saat yang digunakan.

Fungsi DNS Server

DNS Server berfungsi menjadi sebuah database server yang menyimpan alamat ip address yg dipakai buat penamaan sebuah hostname. Jadi saat kita mengetik google.com maka DNS server akan menerjemahkan ke alamat ip address dan menghubungkan ke google.com akhirnya tampil google.com pada layar pencarian.

Apakah Kta Bisa Membuat DNS Server?

Bisa. Jika anda memakai router atau modem buat akses ke jaringan internet, maka anda bisa menciptakan DNS server sendiri. Setting pengaturan DNS server ini sanggup anda lakukan dalam internet protocol version 4 (TCP/IPv4) properties. Biasanya sebelum melakukan pengaturan anda perlu menemukan IP address menurut LAN yang anda pakai serta subnet mask.
Kita coba gunakan IP address 192.168.20.1 dan subnet mask 255.255.255.0
Lalu klik advance -  pilih DNS - Klik Add - Ketikkan 192.168.20.1 - tampilan dibawah ini :
Setelah selesai klik OK.
Jika seluruh sudah dilakukan kita bisa melakukan testing dalam laptop lainnya. Untuk melakukan testing kita pula harus setting laptop sama seperti langkah-langkah diatas yakni memakai IP address 192.168.20.1 subnet mask 255.255.255.0 gateway 192.168.20.1 DNS 192.168.20.1.
Setelah semuanya di setting, coba lakukan browsing di internet dengan mengetikkan google.com dsb. Jika muncul tampilan google.com dan yang lainnya, maka DNS bekerja dengan baik.
Nah, mungkin dirasa relatif buat penerangan mengenai pengertian DNS serta fungsinya lengkap dan beberapa panduan jaringan cara menciptakan DNS server sendiri. Semoga fakta ini berguna untuk menambah wawasan anda tentang jaringan personal komputer . Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

Comments