PENGERTIAN DHCP DAN FUNGSINYA LENGKAP

Pengertian DHCP serta Fungsinya Lengkap - Kepanjangan DHCP merupakan Dynamic Host Configuration Protocol, pada global pendidikan materi DHCP ini umumnya diajarkan dalam anak Sekolah Menengah Kejuruan khususnya jurusan teknik komputer jaringan serta multimedia. Singkatan DHCP ini sudah familiar didengar oleh para siswa atau orang yg menggeluti pada bidang personal komputer jaringan. Namun, bagi para pelajar atau orang awam yg sedang menggeluti dunia jaringan personal komputer , Apa itu DHCP? Apa kegunaan/fungsi DHCP? Dan poly lagi lainnya yg nantinya akan kita ulas disini.
Kegunaan DHCP ini sangat membantu mempermudah pembuatan alamat IP personal komputer client baik satu unit ataupun pada jumlah poly unit secara otomatis. Coba bayangkan bila men-setting alamat IP komputer client satu per satu, niscaya anda akan kewalahan. DHCP ini terdapat 2 macam yg saling terkait, yakni DHCP server dan DHCP client. Nah buat selengkapnya tentang pengertian DHCP serta fungsinya lengkap silahkan belajar dibawah ini.

Pengertian DHCP Server serta DHCP Client

DHCP adalah suatu protokol bisa client atau server yg berfungsi buat pembuatan alamat IP address secara otomatis kepada komputer client atau host client baik itu secara massal atau per unit komputer client. Selain pembuatan alamat IP addres, DHCP ini juga mampu menaruh default gateway, DNS, hostname, serta domain name secara otomatis. Ada dua arsitektur pada menjalankan cara kerja DHCP ini, yakni DHCP server dan DHCP client. Apa itu DHCP server dan Apa itu DHCP client? Baca dibawah ini.
DHCP server adalah suatu perangkat engine yang menyediakan "penyewaan" alamat IP address, DNS, default gateway dan aneka macam liputan TCP/IP untuk komputer client yg memintanya. Sistem operasi komputer yang menyediakan layanan DHCP server ini seperti Windows NT server, windows 2000 server, windows 2003 server, GNU atau linux.
DHCP client merupakan suatu perangkat client yg mengoperasikan software (perangkat lunak) client DHCP yg tersinkronisasi menggunakan DHCP server buat menerima alamat IP address, dll secara otomatis. Macam macam windows komputer client yg umumnya terhubung menggunakan DHCP server yakni windows NT workstation, windows 2000 professional, windows XP, windows vista, windows 7, windows 8, windows 10 serta linux.

Fungsi DHCP Lengkap

Ada beberapa jenis DHCP yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri misalnya DHCP scope, DHCP lease, dan DHCP option. Untuk detail dibawah ini :

DHCP Scope

DHCP scope berfungsi menjadi perpaduan alamat IP address yg bisa diberikan (disewakan) kepada DHCP client. Biasanya pada mensetting DHCP server, hal yang paling tak jarang terjadi kesalahan masih ada dalam cara mengkonfigurasu DHCP scope.

DHCP Lease

DHCP lease berfungsi menjadi periode waktu "penyewaan" alamat IP address oleh DHCP client pada DHCP server. Biasanya konfigurasi DHCP lease memakai DHCP manager atau microsoft management console.

DHCP Options

DHCP options berfungsi menjadi menu tambahan buat DHCP client dari DHCP server yang berisikan alamat IP address serta subnet jaringan. Biasanya tambahan yg dimaksud ini seperti router, DNS server, DNS domain name, TCP/IP name server, TCP/IP node type serta TCP/IP scope.

Fungsi DHCP secara Umum

  • DHCP dipakai buat memberikan penyawaan IP address secara otomatis kepada personal komputer client yang tersambung jaringannya menggunakan server
  • DHCP digunakan oleh network administrator dalam mengelola jaringan komputer dan pengalamatan IP address secara otomatis dalam sekali kerja. Biasanya memakai DHCP manager.
  • DHCP server memiliki keuntungan bisa menaruh layanan sewa ip address bergerak maju maupun statis. Tergantung permintaan client serta DHCP ini bisa melayani penyewaan network dalam jumlah massal
  • DHCP mempercepat kinerja personal komputer client pada proses pengiriman atau pengolahan data.

Cara Kerja DHCP Server serta Client

Sistem kerja DHCP server dalam menyewakan alamat IP address kepada DHCP client ini mempunyai beberapa termin. Berikut ulasan cara kerja DHCP yang ada dalam biasanya :
  1. IP Least Request : Komputer/perangkat client menyewa alamat IP address ke DHCP server
  2. IP least Offer : DHCP server menawarkan alamat IP address pada personal komputer client.
  3. IP lease Selection : Komputer client mendapat alamat IP address yang ditawarkan DHCP server serta melakukan penyewaan kepada DHCP server selama batas waktu tertentu.
  4. IP Lease Acknoledge : DHCP server mendapat penyewaan DHCP client serta memberikan alamat IP address serta menaruh subnet jaringan lainnya menjadi fasilitas tambahan. Kemudian DHCP client melakukan aktifasi/inisialisasi menggunakan mengikat alamat IP, selanjutnya komputer client sanggup digunakan untuk bekerja dalam jaringan DHCP server yg sudah dikonfigurasi.
Demikian ulasan panduan belajar tentang pengertian DHCP serta manfaatnya lengkap dengan cara kerja DHCP server dan client. DHCP ini umumnya dikelola sang network administrator buat mengatus sistem penyewaan serta batas ketika peminjaman alamat IP address. Selama peminjaman sang client, apabila batas saat telah habis, client sanggup melakukan perpanjangan atau menyewa alamat ip yang baru lagi. Jadi sistem jaringan ini fleksibel serta gampang dipakai karena terdapat pedoman serta dilengkapi sistem yang otomatis. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat buat anda. Terima kasih

Comments