PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASINYA

Komputer merupakan alat yang dipakai buat memasak data menurut perintah yg telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan buat menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, menggunakan atau tanpa indera bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan fakta hampir tertentu berhubungan dengan masalah aritmatika, namun komputer terbaru digunakan buat banyak tugas yg nir berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektro yg terdiri berdasarkan beberapa komponen, yg bisa bekerja sama antara komponen satu menggunakan yg lain buat menghasilkan suatu liputan menurut acara serta data yang ada. Adapun komponen komputer adalah mencakup : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse serta Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer personal komputer tetap dapat melakukan tugasnya menjadi pengolah data, tetapi sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai menurut abakus serta seterusnya, sampai seluruh personal komputer elektro yg kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "personal komputer " merupakan "yang memproses kabar" atau "sistem pengolah warta."

Saat ini, komputer telah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya personal komputer nir secanggih, sekecil, serta sepraktis sekarang. Dalam sejarah personal komputer , ada 5 generasi dalam sejarah personal komputer .

Sejarah awal penciptaan personal komputer adalah bermula menggunakan terciptanya indera-alat perniagaan, misalnya Abakus yg sekarang ini dilakukan oleh personal komputer . Pada zaman dahulu pengiraan dilakukan menggunakan menggunakan jari, manik, kayu serta kulit kerang. Dengan terciptanya Abakus 5000 tahun yg lalu telah memudahkan pakar perniagaan dalam proses pengiraan asas campur, tolak dan darab.ia sudah dipakai secara meluas sang pakar perniagaan China, Turki dan Yunani.


Blaise Pascal merupakan seorang pakar saintis dan matematika Perancis yg di lahirkan pada tahun 1623. Pada tahun 1642, dia sudah merekacipta satu mesin pengiraan  mekanikal yang pertama mengikut prinsip persepuluhan.

George Boole merupakan seorang ahli matematik Inggris dalam tahun 1815-1864. Beliau sudah menyebarkan konsep logik algebra True/False. Beliau pula telah memperkenalkan simbol matematik dan asas kepada penggunan dalam mereka merupakan bentuk pandai dalam komputer.

Charles Babbage dilahirkan dalam 1792, adalah seseorang ahli matematik serta peneliti. Beliau mendedikasikan pikirannya “The Difference Engine” yang mengaplikasikan matermatika serta teknologi. Kemudian dia telah merancang sebuah mesin lain yaitu “Analytical Engine” yg dibutuhkan bisa melaksanakan perhitungan dan analisis aneka macam data. Namun mesin tersebut nir bisa diselesaikan sampai akhir hidup Charles Babbage. Tetapi pondasi yang diwariskan Charles Babbage yaitu “Analytical Engine” memiliki karakteristik-karakteristik komputer dan menjadi cikal bakal personal komputer pada masa depan. Dan sekarang yaitu memiliki peranti input, secondary storage, Processor, unit pendukung serta piranti output.


Howard Aiken telah memperkenalkan mesin elektromekanikal yang digelar MARK I. Dengan terhasilnya MARK I maka dimulailah komputer era moden. Mesin ini merupakan buat menuntaskan pengiraan asas dan perkara fungsi-fungsi trigonometri. Ciri-karakteristik MARK I , mempunyai ketinggian 8 kaki serta panjangnya 55 kaki. Ia dibina daripada besi dan kaca, mengeluarkan bunyi yang bertenaga semasa pemprosesan dilalakukan, mengandungi lebih daripada 750000 bahagian yg diikat bersama menggunakan Wayar sepanjang 500 batu. Dengan caara itu pengguna perlu naik ke atas mesin menggunakan tangga untuk memasangkan sebuah komponen. Sementara itu, Dr. John Mauchly serta pelajarnya J. Presper Eckert diminta oleh pegawai tentera Amerika merancang mesin komputer yg ekslarasinya bisa menyamai kecepatan peluru. Mengacu dalam hasil penelitian Dr. John Atanasoff dan pembantunya Clifford Berry. Atanasoff dan Berry berhasil menciptakan komputer digital yang pertama memakai elektro yang pada gelar ABC (Atanasoff-Berry Computer). Ketika Mauchly serta Eckert sudah menggunakan ABC menjadi asas buat membangunkan personal komputer yg lain yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC adalah personal komputer pertama yang dicipta buat tujuan umum lalu ada UNIVAC I yaitu komputer pertama yang diperdagangkan secara komersil.



Berikut ini rincian sejarah dan perkembangan komputer dari generasi pertama hingga generasi terbarunya:    

Komputer Generasi I (1940-1959)

ENIAC

Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama personal komputer digital elektronika yg digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC didesain oada tahun 1942, serta mulai dibuat dalam tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly serta John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.

ENIAC berukuran sangat akbar, buat penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay serta saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 penahan. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebanyak 140 kilowatt menggunakan berat lebih berdasarkan 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2.



Mesin Von Neumann

Mesin ini dikembangkan oleh seorang pakar matamatika yaitu John Von Neumann yang pula adalah kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang menaruh gagasan sebagai stored-acara concept, yaitu sebuah konsep buat mempermudah proses acara agar bisa direpresentasikan pada bentuk yg cocok buat penyimpanan dalam memori buat seluruh data. Gagasan ini pula dibuat hampir pada ketika yang bersamaan menggunakan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya menggunakan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).

Semua input serta hasil dilakukan melalui sebuah piranti yg diklaim kartu plong. Diklaim waktu itu, Dalam waktu satu dtk, ENIAC sanggup melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit nomor yg bila dilakukan secara manual oleh insan akan memakan waktu 300 hari, serta ini merupakan operasi tercepat waktu itu dibanding semua personal komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yg digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai sang Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.

Selanjutnya mesin ini dikembangkan balik menggunakan perbaikan-pemugaran dalam tahun 1947, yang dianggap sebagai generasi pertama komputer elektronika terprogram terkini yg disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), serta UNIVAC1 dan dua (Universal Automatic Computer) yg dikembangkan sang Eckert serta Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tadi menggunakan Random Access Memory (RAM) buat menyimpan bagian-bagian menurut data yg dibutuhkan secara cepat.

Dengan konsep tadi John Von Neumann dijuluki sebagai bapak personal komputer terbaru pertama di dunia, yang konsepnya masih digunakan sampai kini . John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903 dan mati dalam lepas 8 Februari 1957 pada Washington DC, Amerika Serikat. Von Neumann sangat cerdas pada matematika dan nomor -angka. Pada usia enam tahun dia telah bisa menghitung pembagian angka menggunakan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau indera bantu lainnya. Pendidikannya dimulai pada University of Budapest pada tahun 1921 pada jurusan kimia. Tapi lalu beliau balik pada kesukaannya, matematika, serta menuntaskan doktoralnya pada bidang matematika pada tahun 1928. Pada tahun 1930 beliau mendapatakan kesempatan pulang ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan beliau menjadi keliru satu menurut enam professor matematika pada sana. Von Neumann kemudian menjadi masyarakat negara Amerika.von Neumann juga adalah orang pertama yg mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory berguna buat menstimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Program ini dikembangkan lebih luas dan berguna buat mensimulasikan desain perang.



Komputer Komersial Pertama

Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan pada beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang dibuat buat menggunakan angka dan huruf dan memakai pita magnetik menjadi media input serta output-nya. Inilah yang dikatakan menjadi kelahiran industri komputer yang didominasi sang perusahaan IBM serta Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali dipakai buat keperluan kalkulasi sensus di Alaihi Salam dalam tahun 1951, dan dioperasikan hingga tahun 1963.

Komputer-Komputer IBM

IBM menghasilkan IBM 605 serta IBM 701 dalam tahun 1953 yang berorientasi dalam aplikasi usaha serta merupakan personal komputer paling populer hingga tahun 1959. IBM 705 dimuntahkan buat menggantikan IBM 701 yg kemudian memantapkan IBM pada industri pengolahan data.

Komputer Generasi II (1959-1964)

Komputer generasi ke 2 ditandai menggunakan karakteristik-karakteristik sebagai berikut:

* Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor serta diode untuk menggantikan tabung vakum.
* Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman taraf tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori primer dikembangkan berdasarkan Magnetic Core Storage.
* Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape serta Magnetic Disk.
* Kemampuan melakukan proses real time serta real-sharing.
* Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding personal komputer generasi pertama.
* Proses operasi telah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
* Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
* Orientasi program tidah hanya tertuju dalam pelaksanaan usaha, tetapi juga pelaksanaan teknik.

UNIVAC III

Dibanding denga tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch serta dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat pada global, menggunakan berukuran 20 nanometer ata sebanding menggunakan sepermiliar meter, yang akan dipakai dalam prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini pula menandakan permulaan keluarnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua pada famili komputer. Harganya lebih murah dibanding menggunakan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 merupakan minikomputer pertama yg dibentuk tahun 1964 buat pengolahan data komersial.jenis-jenis personal komputer lain yang timbul dalam generasi ini diantaranta UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, serta 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.



Komputer Generasi III (1964-1970)

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri primer lantaran mulai digunakan pada sebuah perangkat personal komputer sampai generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT merupakan transistor dan diode diletakkan terpisah pada satu tempat sedangkan MST merupakan elemen transistor, diode, dan penahan diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi memiliki kemmapuan lebih akbar dibanding SLT.ic dibentuk pertama kali oleh Texas Istruments serta Fairchild Semiconductor dalam tahun 1959 yg hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yg kita pakai telah mempunyai jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan sudah dibuat prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yg luar biasa pada masa kurang berdasarkan setengah abad.

Ciri-karakteristik personal komputer generasi ketiga adalah:

  • Karena memakai IC maka kinerja personal komputer sebagai lebih cepat serta sempurna. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari personal komputer generasi pertama.
  • Peningkatan menurut sisi perangkat lunak.
  • Kapasitas memori lebih besar , dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara rambang(random access) menggunakan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Penggunaan listrik lebih ekonomis.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing serta multitasking.
  • Telah memakai terminal visual display serta dapat mengeluarkan bunyi.
  • Harganya semakin murah.
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain. 



IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya merupakan Digital Equipment Corporation) adalah contoh-model personal komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi IV (1970-1980-an)

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC dalam generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 terdapat 2 perkembangan yg dianggap menjadi komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yg disebut juga menggunakan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI adalah pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yg disebut chip. Istilah chip digunakan buat memberitahuakn suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI lalu dikembangkan sebagai Very Large Scale Integration (VLSI) yg dapat menampung puluhan ribu sampai ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya personal komputer mikro yg menggunakan mikroprosesor serta semikonduktor yg berbentuk chip buat memori personal komputer internal ad interim generasi sebelumnya memakai magnetic core storage.

Komputer Generasi IV: Apple II

Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang memakai chip prosesor menggunakan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan dalam 108 KHz (Kilo-Hertz) serta bisa mengeksekusi 60.000 operasi per dtk. Dilanjutkan dalam tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yg memproses 8 bit kabar dalam satu saat. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibentuk dalam tahun 1974, dan adalah prosesor buat tujuan generik pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 didesain buat kebutuhan aplikasi eksklusif, serta prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yg lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yg lebih besar . Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu rona (green color).

Komputer Generasi IV: PDP 11

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I serta Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yg memakai prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa dalam personal komputer -komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga dalam generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).

Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)

Akhir tahun 1980, IBM menetapkan buat membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yg pada lepas 12 Agustus 1981 sebagai sebuah baku personal komputer PC, dan dalam akhirnya sampai ketika ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yg digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi baku komputer waktu ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan saat. Dengan lahirnya personal komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama menggunakan Microsoft buat mengembangkan software pada dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan perangkat lunak pada dunia PC.pada perkembangan selanjutnya perubahan akbar terjadi bahwa semenjak IBM-PC diperkenalkan serta bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka baku baru pada dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain misalnya Intel dan Microsoft yg dipelopori sang W. Bill Gates yang sebagai pionir standar hardware serta software dunia.

Pada generasi kelima ini, sudah dilakukan pengembangan dengan apa yg dinamakan Josephson Junction, teknologi yg akan menggantikan chip yg memiliki kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik ad interim teknologi chip hanya sanggup memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan bisa menerjemahkan bahasa insan, manusia dapat pribadi bercakap-cakap dengan personal komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini dianggap menjadi “Artificial Intelligence”, selain itu jua berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, serta multikomunikasi. Contoh-model personal komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yg diperkenalkan dalam tahun 1982 menggunakan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 menggunakan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya dalam tahun 1993 Intel memperkenalkan famili prosesor 586 yang disebut Pentium 1 menggunakan jumlah transistor 3,1 juta buat melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang adalah prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yg adalah prosesor menggunakan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium adalah prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit serta akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan pelaksanaan, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan aplikasi 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, personal komputer beroperasi pada 32 bit per satuan saat dalam mengeksekusi informasi sampai Pentium 4. Hingga sekarang komputer yg digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. Pada generasi pentium, selain karakteristik khas dalam peningkatan kecepatan akses datanya jua tampilan gambar telah beresolusi (kualitas gambar) rupawan serta berwarna serta multimedia, serta yang lebih penting merupakan fungsi personal komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun personal komputer dalam generasi ini ukuran fisiknya sebagai lebih mini serta sederhana namun mempunyai kemampuan yang semakin canggih.

Komputer Generasi VI: Masa Depan

Dengan teknologi komputer yg terdapat saat ini, agak sulit buat dapat membayangkan bagaimana personal komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada ketika ini saja kita seakan sudah dapat menguasai global. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yg diklaim menggunakan biochip yang dibentuk dari bahan protein sitetis. Robot yg dibuat menggunakan bahan ini kelak akan sebagai manusia tiruan. Sedangkan teknologi yg sedang pada termin penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik dan input-hasil audio yg mungkin dipakai oleh komputer yg akan tiba. Komputer jua dirancang menggunakan kemampuan tampilan digital virtual yg tampak nyata. Ahli-ahli sains komputer kini pula sedang mencoba merancang personal komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa acara (programless computer) ini mungkin membangun karakteristik utama generasi personal komputer yg akan datang.



Prediksi Teknologi Komputer Masa Depan

Diprediksi dalam perkembangan terknologi masa depan akan membawa perubahan yang sangat pesat terhadap generasi komputer selanjutnya. Secara prinsip karakteristik-karakteristik personal komputer masa mendatang akan lebih sophisticated serta lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, serta berpikir serta mampu menciptakan kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer mempunyai kecerdasan buatan yang sangat mendekati kemampuan serta prilaku insan.

Kelebihan lainnya, personal komputer akan memiliki kecerdasan untuk menganalisis dan memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi pribadi dengan manusia, dan bentuknya semakin mini .yang kentara personal komputer masa depan akan terlihat lebih ajaib serta luar biasa menakjubkannya.

Sumber: berdasarkan aneka macam sumber!!

Comments