PENGERTIAN DAN ISTILAH PING DALAM KOMPUTER

Warga belajar sekalian-- Dalam ilmu pengetahuan personal komputer kita mengenal kata Ping, dan kita seringkali mendengar serta menggunakannya, tapi tahukah kamu apa yg dimaksud menggunakan Ping tadi.
Ping (acapkali dianggap menjadi singkatan menurut Packet Internet Gopher) adalah sebuah acara utilitas yg dapat dipakai buat menilik Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung menggunakan personal komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yg hendak diujicoba konektivitasnya serta menunggu respon darinya.

Sejarah


Mike Muuss menulis program ini pada bulan Desember 1983, sebagai wahana buat mencari sumber masalah pada jaringan. Asal muasal digunakan kata Ping ini Menurutnya, nama "ping" asal berdasarkan suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang bilamana sang operator mengirimkan pulsa-pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul serta diterima pulang waktu sudah mengenai sasaran pada jangka ketika tertentu.

Deskripsi mengenai Ping

Ping adalah software yang berjalan di atas protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) buat mencek interaksi antara dua personal komputer pada internet. Ping bisa juga berarti program dasar yg mengijinkan satu pengguna untuk mem-pembuktian bahwa alamat protokol internet eksklusif terdapat serta dapat mendapat permintaan-permintaan. Ping digunakan buat memastikan bahwa satu personal komputer yang sedang dituju sedang aktif serta memberikan respon kembali. Misalnya, jika kita ingin mengirimkan suatu file ke suatu alamat host, maka untuk melihat berapa lama saat operasi yang diharapkan, kita memakai ping. (Nama “ping” datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yg seringkali mengeluarkan suara ping waktu menemukan sebuah objek).dalam pengertian lain, ping berupaya buat “menerima perhatian” atau “mengecek terdapat atau tidaknya suatu host”. Ping beroperasi menggunakan mengirimkan sebuah paket kepada suatu alamat yang dituju serta menunggu respon kembali dari host yang dituju tersebut.

PING adalah keliru satu acara yang digunakan buat mengecek komunikasi antar personal komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. PING akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages dalam ip address komputer yg dituju dan meminta respons dari personal komputer tadi.

Jika personal komputer target menaruh respond maka personal komputer tersebut memberikan berita misalnya contoh PING report yang anda berikan yaitu:   bytes=32 time=30ms TTL=123
Bytes menerangkan besar request packet yg dikirimkan.time menampakan nilai “round trip delay” (dianggap pula sebagai delay atau latency) yg memberitahuakn waktu yg dibutuhkan packet yang anda kirimkan buat mencapai komputer yang dituju. Nilai ini dihitung dengan membagi 2 selisih ketika PING packet mulai dikirimkan dengan ketika response menurut PING packet diterima.
Sedangkan TTL adalah nilai “Time-To-Live” yang dipakai buat mencegah adanya circular routing dalam suatu jaringan. Dengan mengurangi nilai TTL awal yaitu 128 menggunakan nilai TTL akhir maka sanggup dihitung banyaknya hop yg dilewati berdasarkan komputer asal ke personal komputer tujuan. Setiap kali packet PING melalui sebuah ip address maka nilai TTL nya akan dikurangi satu. Sehingga apabila TTL mencapai nilai nol, PING packet akan di-discard / di-drop dan hasil PING menunjukkan : “TTL expired in transit”.
Apabila utilitas ping menunjukkan hasil yang positif maka kedua komputer tadi saling terhubung pada pada sebuah jaringan. Hasil statistik keadaan koneksi ditampilkan dibagian akhir. Kualitas koneksi bisa ditinjau berdasarkan besarnya ketika bolak-balik (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yg hilang (packet loss). Semakin kecil kedua nomor tersebut, semakin indah kualitas koneksinya.
Fungsi serta Kegunaan Ping antara lain adalah sbb:
  1. Mengetahui status up/down personal komputer dalam jaringan.
  2. Kita bisa mengecek apakah sebuah personal komputer up/down memakai perintah PING, jika komputer tadi menaruh response terhadap perintah PING yg kita berikan maka dikatakan bahwa personal komputer tadi up atau hidup.
  3. Memonitor availability status komputer dalam jaringan.
  4. PING dapat dipakai menjadi tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang adalah keliru satu indikator kualitas jaringan yaitu menggunakan melakukan PING secara periodik dalam personal komputer yg dituju. Semakin mini downtime, semakin rupawan kualitas jaringan tadi.
  5. Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.
  6. Besarnya nilai delay atau latency yg dilaporkan sang PING sebagai tanda seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini jua bisa digunakan menjadi indikator kualitas jaringan.
Banyak aplikasi hanya sanggup dijalankan dengan aporisma delay eksklusif, sebagai akibatnya sangat krusial buat mengukur delay dalam jaringan buat memastikan aplikasi tersebut dapat dijalankan. Aplikasi yg memerlukan delay kecil dikatakan menjadi delay-sensitive application dan memerlukan agunan agar maksimal delay selalu terjaga dalam komunikasi data yg dilakukan, contohnya adalah network game, voice dan video conference application.

Comments