PENGERTIAN DAN FUNGSI SOUND CARD BESERTA JENISNYA LENGKAP

Pengertian dan Fungsi Sound Card Lengkap Beserta Jenisnya - Komputer dalam umumnya sanggup dipakai buat memutar musik dan perekaman suara. Kegiatan memutar serta merekam suara disini biasanya memakai aplikasi media player atau menggunakan donasi headset buat mendengarkannya atau merekamnya. Hardware yang terbenam di dalam motherboard yg membantu aplikasi sanggup berjalan yakni sound card.
Sound card secara bahasa berasal berdasarkan bahasa inggris "sound" berarti suara, serta "card" berarti kartu, bila diartikan seluruhnya soundcard adalah kartu bunyi. Dalam bahasa sehari-hari mungkin ini tidak akan berarti apa-apa, tetapi pada bidang komputer, terutama kasus komponen serta hardware, fungsi sound card ini sangat penting. Berikut ini penjelasan pengertian, fungsi dan jenis sound card berdasarkan banyak sekali asal referensi baik online juga offline.

Pengertian Sound Card serta Penjelasannya

Pengertian Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yg fungsi utamanya sebagai pengolah data buat audio serta bunyi. Audio atau suara yg timbul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop adalah output olahan data soundcard. Apabila anda mengaktifkan pelaksanaan multimedia pada personal komputer , namun tidak keluar bunyi atau audionya maka sanggup dibilang terdapat masalah pada soundcardnya. Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman serta kebutuhan teknologi, soundcard memiliki slot USB atau ditancapkan pada socket umumnya dianggap sound card eksternal.

Jenis Sound Card serta Penjelasannya

Sound card mempunyai beberapa jenis menurut cara pemasangannya baik di komputer atau laptop. Ada tiga jenis soundcard, yakni sound card onboard, sound card offboard, dan sound card eksternal. Berikut ini penerangan 3 jenis sound card berdasarkan cara memasangnya :

1. Sound Card Onboard

Soundcard oundboard ini pada umumnya dianggap menjadi sound card yang terpasang eksklusif (menempel) dalam motherboard komputer. Sound card onboard ini berbentuk chipset yang terpasang langsung dengan motherboard yang kinerjanya membutuhkan tenaga procesor. Jenis soundcard seperti ini cocok apabila anda hanya memakai pelaksanaan multimedia untuk mendengarkan musik/lagu dan suara berdasarkan film selera anda.

2. Sound Card Offboard


Soundcard offboard ini dalam umumnya dianggap sebagai sound card yang dipasang ke slot ISA atau PCI dalam motherboard komputer. Seiring perkembangan zaman, sekarang ini kebanyakan dipasang dalam slot PCI, maka dari itu diklaim menjadi soundcard PCI. Sound card jenis ini mempunyai kualitas pengolah suara lebih mengagumkan daripada soundcard onboard, sehingga suara atau audio input (rekaman) atau hasil hasilnya sangat bagus.

3. Sound Card External

Soundcard external ini dalam umumnya dianggap menjadi sound card yg dipasangan/disambungkan ke personal komputer hanya melalui port USB. Sound card misalnya ini adalah model terbaru yg sekarang ini banyak dibutuhkan, selain output suaranya berkualitas, pemasangannya pula tinggal plug and play. Soundcard eksternal ini cocok digunakan buat melakukan perekaman suara.
Beberapa pembuat sound card yg meraih kesuksesan di Indonesia antara lain sound blaster dan creative labs.

Fungsi Sound Card Lengkap

Fungsi sound card yg paling utama yakni menjadi pengolah data audio atau suara pada personal komputer . Secara generik fungsi sound card sebagai berikut :
  1. Sound Card berfungsi buat mengkoversi sinyal digital serta analog ke bentuk gelombang sonic
  2. Sound Card berfungsi sebagai alat yang membantu memproses audio/bunyi komputer
  3. Sound Card berfungsi buat menaikkan kualitas input serta output suara/audio misalnya kualitas audio surround HD, home theater, serta bioskop.
  4. Sound Card berfungsi buat membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan bunyi seperti bass booster, 3D sound, theater sound, live sound serta aneka macam fitur lengkap lainnya.
  5. Sound Card berfungsi buat membantu mengatur besarnya volume serta equalizer bunyi yang keluar atau masuk (rekaman).
  6. Sound Card berfungsi buat mengkonversi audio berdasarkan piringan hitam/kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  7. Sound Card berfungsi buat memasak data bunyi rekaman (suara input) baik secara langsung bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga misalnya amplier/microphone.
  8.  Sound Card berfungsi buat membantu editing dan memasak bunyi atau audio musik
Dengan banyak sekali kelebihan fungsi dan keuntungannya yg sangat bermanfaat buat kenyamanan anda waktu bekerja di depan personal komputer . Sound card ini merupakan hal yg harus ada pada sebuah perangkat personal komputer , jika tidak terdapat sound card bayangkan saja, anda tidak mampu mendengarkan lagu selera anda (baca: mengatasi komputer tidak ada suara), tidak mampu mendengarkan bunyi film kesukaan anda. Terlebih bagi anda yang senang merekam, suara anda hanya akan sia-sia karena komputer anda tidak mampu dipakai untuk merekam.
Jadi, berbagai jenis pilihan sound card ini sanggup anda pilih sesuai kebutuhan anda. Saya sendiri hanya memakai sound card onboard bawaan dari motherboard, lantaran kebutuhan aku mungkin hanya buat mendengarkan musik saja. Namun, bagi anda yang pecinta game atau ingin audia atau suaranya misalnya home theater anda bisa memakai sound card eksternal atau sound card PCI. Karena output kualitas suara dan audionya telah pasti sangat indah.
Demikianlah ulasan artikel tentang pengertian serta fungsi sound card bersama jenisnya lengkap. Mungkin terdapat penjelasan berdasarkan beberapa ulasan artikel yg kurang mendukung bisa anda masukkan melalui kolom komentar supaya aku mampu menambahkan dengan lengkap. Semoga info ini mampu menambah keilmuan anda mengenai perangkat keras komputer, terutama perkara sound card. Terima kasih

Comments