PENGERTIAN DAN FUNGSI 7 OSI LAYER SERTA PENJELASANNYA

Pengertian dan Fungsi 7 OSI Layer - Komunikasi antar personal komputer melalui jaringan telah menjadi kebutuhan utama pada pekerjaan terutama di bidang personal komputer server serta lainnya. Banyaknya produsen personal komputer yang menghasilkan personal komputer sesuai inovasi mereka membuat disparitas pada hal protocol dan format data. Akibatnya berbagai perkara komunikasi muncul jika personal komputer yg dipakai itu tidak sinkron vendor atau pembuatann ya. Misal pada 1 perusahaan 1 ruangan menggunakan aneka macam merk personal komputer yang berbeda-beda, hal ini akan menghambat proses komunikasi antar komputer. Melihat akan adanya kesalahan misalnya itu, ISO atau yg dikenal dengan International Organization for Standardization membuat suatu formula khusus yang dikenal menggunakan OSI (Open System Interconnection) suatu contoh standart yg dipakai buat menghubungkan personal komputer menurut banyak sekali vendor yang tidak selaras.
OSI (Open System Interconnection) yg dimuntahkan sang ISO dibagi menjadi 7 layer. 7 Layer OSI ini harus digunakan sang vendor-vendor dalam menghasilkan perangkat personal komputer , laptop dsb. Untuk detail apa saja 7 OSI layer yg dimuntahkan ISO, ini dia daftarnya :
  • 7th - Layer : Aplication Service
  • 6th - Layer : Presentative Service
  • 5th - Layer : Session Communications
  • 4th - Layer : Transport Communications
  • 3th - Layer : Network Communications
  • 2nd - Layer : Data-Link Physical connections
  • 1st - Layer : Physical connections

Pengertian Model OSI Layer

Untuk detail tentang ketujuh lapis OSI ini, maka pahami dulu apa contoh OSI itu? Model OSI layer merupakan suatu contoh desain jaringan yg dibuat sang ISO (internasional organization for standardization) yang berlokasi pada eropa tahun 1977. OSI (open system interconnection) diklaim sebagai contoh "Tujuh lapis OSI" yg digunakan menjadi dasar dalam membuat protocol jaringan yang tidak selaras supaya sanggup berkomunikasi.

Fungsi OSI Layer dalam Jaringan Komputer

Fungsi OSI layer adalah mengupayakan membuat sistem jaringan personal komputer yang menunjang interoperatibilitas antar pemasok yg tidak sinkron sebagai akibatnya memudahkan perangkat dari vendor yg berbeda sanggup berkomunikasi.

Fungsi 7 OSI Layer

Lapisan ke-7 Application Layer

Application layer memiliki fungsi menjadi antarmuka pelaksanaan dengan fungsionalitas jaringan, jadi fungsinya lebih pada mengatur bagaimana aplikasi bisa mengakses jaringan dan menciptakan message problemnya. Protokol yg berada pada lapisan ini yakni HTTP, FTP, SMTP dan NFS.

Lapisan ke-6 Presentation Layer

Presentation layer bermanfaat buat mentranslasi data yang akan ditransmisikan aplikasi ke pada format yg sinkron menggunakan transmisi data jaringan. Protokol yg terdapat dalam lapisan ini yakni software redirektor, workstation, network shell, dan remote desktop protocol.

Lapisan ke-5 Session Layer

Session Layer memiliki fungsi mendefinisikan sebuah koneksi terbuat, dijaga atau dihapuskan. Pada layer ini terjadi resolusi nama.

Lapisan ke-4 Transport Layer

Transport layer mempunyai fungsi memecah data sebagai sebuah paket data serta memberikan penomoran secara urut sebagai akibatnya bisa menggunakan gampang tersusun di tempat tujuan pada waktu diterima. Pada lapisan layer ini terjadi notifikasi bahwa paket telah sukses diterima, serta bila terdapat paket data yang hilang ditengah jalan, maka secara otomatis akan ditransmisikan ulang.

Lapisan ke-3 Network Layer

Network layer mempunyai fungsi buat mendefinisikan alamat IP, kemudian membuat header tiap paket data, serta melakukan routing menggunakan internetworking menggunakan router serta switch layer 3.

Lapisan ke-dua Data-link Layer

Data-link layer memiliki fungsi mengelompokkan bit-bit data sebagai sebuat frame. Di dalam lapisan ini juga terjadi aktifitas mengkoreksi kesalahan, flow control, pengalamatan hardware, serta menentukan jalannya perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer dua berjalan. 

Lapisan ke-1 Physical Layer

Physical layer ini mempunyai fungsi buat mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan. Hal lain yang terjadi pada layer 1 yakni mendefinisikan network interface card (NIC) supaya mampu berinteraksi menggunakan media kabel atau radio.
Dari ulasan berita mengenai pengertian OSI layer serta fungsi OSI layer pada atas, anda sanggup menambah wawasan tentang seberapa pentingnya pengidentifikasian antar vendor yang tidak sinkron agar mampu terkoneksi antar vendor satu dengan yang lainnya.
Demikian artikel tentang informasi pengertian serta fungsi 7 layer OSI pada jaringan personal komputer . Semoga mampu bermanfaat buat anda, poly istilah yg mungkin belum anda pahami. Tapi jangan risi, anda mampu membaca aneka macam pengertian serta fungsi-fungsi tentang komputer serta laptop di blog sederhana ini. Terima kasih

Comments