PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN

PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN - Pada termin pressing terjadi pemindahan sebagian minyak dan air. Ikan berada dalam tabung yg berlubang, hal tadi dilakukan buat menaikkan tekanan menggunakan bantuan sekrup. 

Selama proses pressing, kadar air menurun dari 70% menjadi 50% serta minyak menurun kurang lebih 4 %. 


Setelah dilakukan penyaringan untuk memisahkan material kasar dan material yg padat, kemudian material yang padat serta keras ini dilakukan pressing semetode terus-menerus serta disentrifugasi untuk memindahkan minyak. 


PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN


Minyak yg disuling adalah minyak yang bisa dimanfaatkan dan dipakai dalam industri pembuatan minyak goreng serta mentega.


PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN - Bagian cair berdasarkan proses pressing liquor dikenal menggunakan nama stickwater yang berisi material yg telah dihancurkan yg beratnya lebih kurang 9% menurut total padatan. 


Material terbentuk kembali dampak penguapan stickwater hingga berbentuk sirup yang terdiri dari 30 hingga 50 % padatan dan kadang-kadang dijual menjadi ikan padat yg dilarutkan. Pada umumnya produk output pressing liquor jika dipress kembali dan dikeringkan maka akan berbentuk tepung.

Sumber : Modul Pembuatan Tepung Ikan dan Pemanfaatannya, BPPP Tegal.

Semoga Bermanfaat...

Comments