PENGALAMAN MENANGANI KERUSAKAN TV POLYTRON USLIM SERIES

PengalamanMenanganikerusakantvpolytronu-slimseries - Dari berbagai penglaman servis, aku paling jangan lupa merupakan kerusakan yang terjadi pada polytron u slim. Karena banyak sekali keluhan berdasarkan user tv uslim ini. Tetapi yg paling acapkali dikeluhkan oleh user diawali dengan tv mengalami protek.

Ternyata kerusakan tidak sampai disitu saja ,namun ada juga setelah protek tertangani tidak ada keluhan lagi.

Berikut ini saya ingin membuatkan pengaalaman aneka macam kerusakan polytron u-slim serta cara mengatasinya;

1. TV protek
Letak protek pada tv polytron crt kebanyakan diletekan pada ic vertikal,terutama tv u-slim series. Apabila kita telah mengetahui letak titik proteknya, maka waktu menemui kerusakan berupa tv protek, pertama yg dituju ic vertikal. Langsung menuju elco 1 uf50 v. Apabila tv hayati normal kemungkinan tv hanya bermasalah pada elco tersebut. 

2. Tv polytron uslim satu garis vertikal
Pertama gejala layar gelap tetapi setelah screen dinaikan ternyata satu garis arah horisontal ditengah. Dengan begitu tv bermasalah dalam blog vertikal. Dengan mengganti elco 100 uf 50 v elco /pump up ternyata sudah teratasi.

3. Polytron u slim vertikal jebol terus
Gejala sama pertama protek tetapi sesudah protek pada lumpuhkan ternyata terdapat suara tetapi tidak terdapat gambar. Penggantian ic vertikal nir berakibat output. Ternyata tegangan berdasarkan flyback +12 naik mencapai 25v. Dan begitu sebaliknya bagian -12 sebagai - 16 . Hal ini disebabkan oleh kenaikan dalam bagian b+ 115v penyuplai flyback atau kadang jika b+ normal disebabkan sang kerusakan flyback itu sendiri lantaran naiknya teg 12 v.

4. Polytron u slim B+ over
B+ over dialami sang polytron masih berkaitan menggunakan vertikal jebol terus ,tetapi jika b+ over terlalu tinggi umumnya disertai transistor horizontal jebol. Sehingga TV mengalami standby bahkan sampai mati total. Hal yg pernah aku almi yaitu. B+ over. Disebabkan oleh vr adjuster B+115v bila over mencapai 150 v serta bila b+sampai 200v lebih umumnya optokopler mangkat .

5. Polytron Mode av nir muncul
Gejalanya av nir timbul dalam ketika ditekan tombol av pada remot dan tombol av panel switch pada tv. Namun mode vcr muncul. Ini ditimbulkan oleh ic memori error. Menggunakan ic bekas tv polytron eksklusif cling.

6. Polytron meninggal total ditandai dengan elco 400v masih menyimpan tegangan
Hal ini disebabkan sang galat satu komponen putus atau fet nir bekerja. Saya temukan kerusakan pada jalur + elco 400v dalam penahan ukuran 220k mangkat atau putus. Pantas saja elco masih menyiman tegangan. Penggantian r 220k tersebut tv pribadi normal.

7. Lampu indikator berkedip-kedip
Saat menemui kerusakan misalnya ini hendaknya tidak menyalakan tv pada wakt yang lama .pribadi ke horizontal. Karena apabila pada teruskan maka tv kemungkinan akan meninggal total lantaran fet dalam regulator nir bisa menunda arus pendek terjadi pada transistor horizontal. Dan apabila terjadi kerusakan pada transistor horizontal jangan terus menggantinya karena ada kemungkinan lainya. Misalnya capasitor resonant terjadi short. Untuk itu erlu dicek dulu. Barus sehabis itu sanggup melakukan penggantian tr horizontal c6090 bisa dilakukan.

8. Layar dalam tv menampilkan rona bercampur
Menjadikan gambar nir kentara seperti hologram. Ini ditimbulkan oleh tegangan 180v video terjadi drop. Ini ditimbulkan oleh elco berukuran 47uf250 v kering. Namun terkadang hal ini ditimbulkan sang kerusakan flyback juga sanggup, jika masih terjadi kerusakan .atau penahan pembatas yg molor dan jua dioda yang short pada jalur tegangan 180 v video. 

10. Timbul bercak rona dalam layar
Hal ini ditimbulkan oleh gagalnya kerja dgausing sehingga tidak dapat menetralkan impak magnet terhadap fosfor. Hal ini umumnya terjadi kerusakan pada posistor dgausing serta juga ntc. 

11. Tv gelap hanya terlihat pelangi
Kerusakan ini kaitanya menggunakan vertikal nir bekerja. Hal ini tak jarang saya temui ditimbulkan sang resistor 1 ohm molor sebagai akibatnya tegangan 12 v drop yang menuju ic vertikal. Atau bisa pula elco filter 470 uf dan pula dioda dalam penyearah flybac out +- 12 v.


12. Polytron Layar hanya membuka bagian bawah
Diawali protak, setelah dilumpuhkan proteknya ternyata layar hanya terlihat  separuh bagian bawah. Hal ini ditimbulkan oleh elco berukuran 100 uf 50 v kemarau pada blog vertikal menjadi elco pum up.

Itulah beberapa pengalaman menangani beberapa kerusakan pada tv polyton u slim . Sebenarnya masih poly lagi tetapi telah lupa. Untuk kerusakan yang lainya telah saya ulas dibeberapa artikel lainya. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi rekan semuanya. Trimakasih atas kunjungan pada boig ini.

Comments