PENDINGINAN IKAN DENGAN UDARA DINGIN

Pendinginan Ikan Dengan Udara Dingin Sudah Banyak pada pakai dalam kapal Perikanan. Dan kebanyakan Para nelayan menyebutnyua menggunakan istilah pendingan Freezer. Dan Kebanyak dalam perjalanan nya penggunakan Pendinginan Ikan menggunakan Udara Dingin pada mulai menurut indera tangkap Trawl Udang.


Dalam perkembangannya penggunaan pendinginan okan menggunakan udara dingin mulai berkembang di wilayah pantai utara jawa dimana perkembangan nya terjadi pada kapal menggunakan indera tangkap Purse seine, Cantrang serta Pancing Cumi. Pola yang pada sebelumnya Menggunakan Pendinginan Ikan dengan es sedikit demi sedikit sudah banyak di tinggalkan.


Prinsip yg dianut sama misalnya pada pendingin dengan memakai es. Udara dingin dibentuk dengan mesin pendingin serta disemprotkan ke dalam ruangan dimana ikan disimpan.
Udara dingin tidak cepat mendinginkan ikan bahkan cenderung Mengganggu ikan yakni ikan mengalami kekeringan (kehilangan cairan tubuh) yang mengakibatkan ikan menjadi kemarau / berkerut, warnanya kusam dan terjadi penyusutan berat. Untuk itu pendinginan menggunakan udara dingin ini diharapkan es buat mendinginkan ikan dengan cara dicampur atau bagian atas ikan ditutup menggunakan es.

Sumber : Modul Teknologi Hasil Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Comments