PENANGKAPAN IKAN DI KALIMANTAN UTARA


Penangkapan Ikan Di Kaltara  - Kepala DinasKelautan serta Perikanan (DKP) Kaltara Amir Bakrie mengaku tempat perairan diatas 4 mil memiliki pontesi perikanan yang relatif poly. Namun sayang,pemanfaatan masih belum merata di semua perairan. 


Beliau provinsi kalimantan utara ( KALTARA ) Mengatakan bila provinsi Kaltaraberbeda menggunakan perairan lain di Indonesia seperti Pulau Jawa yang telah masukdalam kategori over fishing. 


Di daerah Jawa, ekosistem kelautannya terusditangkap sang nelayan serta pola penangkapanya bukannya menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan namun menggunakan arad serta dogol dan cantrang yang sanggup menghambat daerah asal sumber daya ikan. 


Namun, apabila dibandingkan dengan potensi Kaltara sangatlah jauh. Pada provinsi kaltara ikan sangat melimpah serta poly, akan tetapi nir berimbang menggunakan armada tangkap.

Bahkan dari beliau,garis pantai Kaltara tiga.515 km menyimpan berbagai potensi kelautan. Denganbegitu, dirinya  melihat aktivitas tangkap nelayan masih terkonsentrasi dizona 4 mil. Padahal, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah melarang adanyakegiatan tangkap pada zona 4 mil menurut pantai.amir berkata,prototipe nelayan Kaltara menyesuaikan menggunakan armada tangkap yang dimiliki.

Penangkapan Ikan Di Kaltara 

Sebagian besar armada hanya mampu beroperasi pada bawah 4 mil. “4 mil ke atashanya sedikit saja nelayan yg mampu. Karena armada penangkapan nelayan masihsedikit,” ujarnya.armada nelayanKaltara sekitar berdasarkan 90 % memakai kapal 5 GT. Sedangkan kapaldengan kapasitas 10-35 GT masih dapat dihitung jari. “Kalau armada kita kanrata-homogen mini seluruh. Di atas 90 persen adalah di bawah 5 GT. Yang masih pakaidong feng, ketinting. Kalau kapal tangkap di Kaltara pada atas 10 GT-35 GT hanyabelasan saja, nir sampai 20 unit,” sebutnya.



Comments