PENANGKAPAN IKAN DENGAN MELUKAI IKAN

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan - Jangkauan serta kapasitas insan buat meraih ikan yang hidup, baik yg sudah dilumpuhkan atau dengan alternatif menurut kejauhan, dibatasi sang panjang lengannya. 

Implementasi paling sederhana mencapai jangkauan yg lebih jauh dengan maksud memungut atau mengumpulkan hasil tangkapannya merupakan menggunakan memakai tongkat (lance atau spear) menggunakan tujuan agar ikan atau fauna akuatik yg terletak jauh berdasarkan tangannya bisa dijangkau atau dikait.

PENANGKAPAN IKAN DENGAN MELUKAI IKAN

Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan  sudah dikenal sejak jaman pra sejarah, namun metoda ini masih tetap digunakan pada perikanan konvensional (penangkapan ubur-ubur menggunakan memakai trisula) serta perikanan komersil terbaru sekarang (penangkapan ikan paus menggunakan memakai harpoon) (Brand, 1984).

1. JENIS SPEAR DAN LANCE

Alat penangkap ikan dengan bentuk yang sangat sederhana serta primitif ini telah dikenal sejak 10.000 tahun yg kemudian. Alat ini lebih berkembang dalam sport fishing, tetapi di beberapa Negara indera ini sudah nir boleh dipergunakan.  

Pada alat tangkap Long line menggunakan indera ini hanya sebagai perlengkapan bantu, yaitu digunakan buat menangkap ikan yg agar nir terlepas berdasarkan pancingnya. 


Alat Bantu Penangkapan Spear serta Lance

Alat tangkap Spears serta Lance tidak memiliki alat bantu khusus.

Daerah Operasi Spears serta Lance

Daerah operasi spear serta lance yakni pada perairan yang sangat dangkal misalnya pelataran atoll



Cara Pengoperasian Spears serta Lance


Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan menggunakan alat ini tidaklah mudah, karena adanya refraksi cahaya dari 2 media yg berbeda, selain membutuhkan teknik jua pengalaman. Cara pengoperasian alat ini yaitu menggunakan cara dihujam eksklusif ke tubuh ikan.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan




















2. JENIS FISH PLUMMETS

Di atas telah dijelaskan bahwa tombak hanya  mampu dipakai dalam perairan yang sangat dangkal, maka buat menangkap ikan di perairan yg lebih dalam lagi menggunakan fish plummet.
Alat Bantu Penangkapan Fish Plummets
Alat bantu yang digunakan adalah seutas tali.



Daerah Operasi Fish Plummets

Daerah pengoperasian biasa di daerah yang lebih dalam menurut pelataran atoll.



Cara Pengoperasian Fish Plummets

Metoda yg digunakan sama dengan metoda menombak bedanya tangkai tombak diganti dengan seutas tali dengan panjang disesuaikan dengan kedalaman perairan.

3. JENIS FISH COMB


Alat ini dipercaya termasuk bentuk menurut jenis penggaruk (rake), berbentuk datar, bercabang sejajar seperti menggunakan sisir rambut.
Alat Bantu Penangkapan Fish Comb
Alat ini tidak memiliki indera bantu



Daerah Operasi Fish Comb

Alat ini sering digunakan oleh nelayan di wilayah perairan payau. Sangat efektif buat menangkap belut



Cara Pengoperasian Fish Comb

Jaman dahulu sebelum alat tidak boleh digunakan, alat ini dijatuhkan ke dasar laut dari perahu layar lalu ditarik sepanjang dasar perairan menggunakan memakai energi layar.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan












4. JENIS PANAH DAN SEJENISNYA

Tombak dalam bentuknya yang kecil disebut panah yang dapat ditembakkan melalui sebuah busur panah. Busur serta tali busur berfungsi sebagai alat pemindah serta melipatgandakan tenaga tangan serta bahu manusia. 

Dengan menggunakan Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan penggunaan busur panah dapat melesat jauh menggunakan kecepatan yg sangat tinggi dibandingkan jika panah dilemparkan langsung dengan tangan. Panah buat menangkap ikan digunakan hampir pada semua global termasuk Indonesia.

Alat Bantu Penangkapan Panah serta Sejenisnya

Pada bentuknya yang terkini panah diberi tali, sebagai akibatnya entah tentang atau tidak target panah masih bisa ditarik balik .



Daerah Operasi Panah serta Sejenisnya


Umumnya ikan yang tertangkap adalah ikan-ikan yang berenang lambat di permukaan. Karena itu daerah penangkapan ikan dengan memanfaatkan panah biasanya dilakukan di daerah yang tenang serta jernih.



Cara Pengoperasian Panah serta Sejenisnya

Memanah ikan dari jarak jauh sangatlah sulit, sering banyak melesetnya. Hal ini disebabkan adanya penetrasi cahaya, refraksi, pengaruh angin, serta gerakan itu sendiri, sehingga memanah memerlukan keterampilan khusus serta pengalaman. Untuk mengatasi hal ini banyak dibuat panah dengan mata jamak (2-3 mata).



Jenis Ikan Hasil Tangkapan



















5. HARPOON

Harpoon telah lama menggantikan tombak serta panah, tidak saja pada perikanan skala kecil tapi yang berskala besarpun banyak yang menggunakan harpoon, terutama pada sport fishing serta penangkapan ikan paus. 

Mata harpoon umumnya bisa dipisahkan dari tangkainya dengan jumlah mata 1 – tiga butir, akan tetapi tetap dihubungkan menggunakan tali. Setelah harpoon tentang sasaran mata harpoon tertinggal dalam tubuh target sedangkan tangkainya akan terlepas. 


pada pengembangan selanjutnya harpoon dihubungkan dengan tali ke pelemparnya atau ke kapal. Harpoon modern yang ditembakkan dengan menggunakan senapan atau meriam, mata serta tangkainya menyatu (tidak dipisah) (Brand, 1984).

Dalam perikanan komersil sudah tidak digunakan lagi (kelestarian, terutama ikan paus) kecuali untuk penangkapan ikan - ikan tertentu yang memiliki nilai individual yang tinggi seperti ikan paus serta ikan layaran. 

Penangkapan ikan paus secara internasional telah tidak boleh menggunakan alasan buat menghindari kepunahan, kecuali Negara Jepang dengan berbagai alasan hingga sekarang masih melakukan penangkapan ikan paus. 


Hanya penangkapan ikan layaran serta hiu masih banyak dilakukan hampir di seluruh dunia dimulai dari Mediterranean, seluruh pantai Atlantic, sepanjang pantai California, Peru, Chili, Jepang, Taiwan, China, India hingga Afrika.


Alat Bantu Penangkapan Harpoon
Harpoon biasa menggunakan tali yg dikaitkan dalam mata harpoon agar target dapat menggunakan mudah ditarik ke atas kapal.



Daerah Operasi Harpoon

Harpoon bisa dipakai di perairan dangkal maupun perairan pada.



Cara Pengoperasian Harpoon

Harpoon tidak sinkron menggunakan tombak entah dilengkapi dengan tali atau tidak, namun keduanya bisa dilemparkan menggunakan tangan atau memakai busur.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan













6. JENIS SUMPIT DAN BLOW GUN


Umumnya sumpit digunakan untuk berburu burung di hutan belantara. Hanya Thailand, India Selatan serta Filipina yang sering menggunakan alat ini untuk menangkap ikan. Sumpit terbuat dari batang bamboo atau pipa besi. Panjang sumpit sekitar 1,8 meter.

Alat Bantu Penangkapan
Pada jaman dahulu buat berburu fauna besar mata sumpit diberi racun.



Daerah Operasi

Alat tangkap ini biasa dipakai sang nelayan pada pesisir dekat hilir sungai.



Cara Pengoperasian

Mata sumpit dipasang di ujung pipa. Mata sumpit ditembakkan dengan satu hembusan kuat.



Jenis Ikan Hasil Tangkapan


























Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan

Comments