PEMBUATAN PUPUK BERBAHAN RUMPUT LAUT

Pembuatan Pupuk Rumput Laut - Rumput bahari yang sebagai komoditas perikanan serta memiliki manfaat yang sangat poly. Produk produk olahan rumput bahari pun telah berkembang dan poly. 

Untuk saat ini ada galat satu produk yang sudah mendapat minat yang poly khusunya petani. Lantaran produk olahan rumput bahari ini berupa pupuk organik.


Penggunaan akan pupuk organik ketika ini menjadi meningkat seiring dengan kesadaraan masayrakat akan bahaya yabg di timbulkan oleh pupuk kimia. 

Dengan adanya syarat seperti itu maka timbul pemikiran dari para peneliti KKP untuk menciptakan sebuah pupuk menurut bahan rumput laut.

Untuk pembuatan pupuk laut tergolong mudah serta murah seperti hanya dengan merendam rumput bahari menggunakan berat 1 kilo pada rendam dalam air tawar seberat 10 liter tunggu saja selama satu hari maka output air rendam sudah menjadi pupuk. Tetapi pupuk jenis ini mampu pada gunakan maksimal sampai 3 hari,

Berbeda dengan pupuk rumput bahari yg pada buat para peneliti KKP ini. Rumput bahari yang di jadikan bahan dasar pembuatan melalui beberapa proses supaya pupuk yang akan pada gunakan sanggup bertahan lama dan mempunyai hasil aporisma.

Ada dua jenis Pupuk yg pada hasilkan antara lain :

- Pupuk Cair
- Pupuk Padat

Pembuatan Pupuk Cair Dari Rumput Laut

Cara pembuatannya 

-  terlebih dahulu rumput laut pada ekstrak. Ada 2 cara pengestrakannya antara lain :
  1. Pupuk cair rumput laut dihasilkan menggunakan cara mengekstrak cairan yg terkandung dalam rumput bahari (SAP) menggunakan cara pengepresan, 
  2. - pengekstrakan dengan cara mengompos rumput bahari dalam tanki 

- menambahkan bakteri fermentasi serta media pertumbuhan, 
seperti molase (tetes tebu). 

- Cairan yang dihasilkan kemudian dipisahkan menggunakan indera pengepres atau filter press, 

- kemudian pupuk cair diujikan ke tanaman .

Pembuatan Pupuk Padat Dari Rumput Laut

Untuk Pembuatan pupuk padat rumput laut pada bentuk granul. 
Bahan yg dipakai berasal berdasarkan rumput bahari cokelat Sargassum sp., dan juga memanfaatkan limbah industri pengolahan agar (Gracilaria sp). Dimanan bahan bahan ini pada manfaatkan menggunakan di campur menjadi satu.

Setelah Bahan rumput laut tersebut dicampur dengan bahan pengisi lainnya yg berfungsi buat meningkatkan unsur hara kemudian diolah menjadi bentuk granul.

Semoga Bermanfaat

Comments