PEMBUATAN COOL BOX IKAN

Pembuatan Cool Box Ikan Dengan Bahan FiberGlass - Untuk Menjaga Kualitas Ikan supaya tetap segar maka proses pendinginan sangat pada perlukan. 

Salah satu menjaga mutu ikan merupakan dengan menggunakan media Cool Box buat menyimpan serta mempertahankan suhu Ikan. 


Cool box yg selama ini banyak beredar pada pasaran adalah cool box berbahan steroform. Dan Cool box jenis sangat mudah buat rusak.


Untuk membentuk kualitas cool box yg tahan lama serta murah maka di buatkan cool box berbahan menurut FiberGlass.

ada beberapa Bentuk Ukuran berdasarkan volume cool box, antara lain ; Cool box ukuran 35, 50, 100,150 serta 200 Liter. 

Dan buat Harga masing masing ukuran cool box sangat bervariasi. Sebenarnya buat membuat cool box tidaklah sulit lantaran ketika ini pembuatan coolbox relatif berbahan baku fiberglass.

Pembuatan Cool Box Ikan 

Dalam Proses Pembuatan Cool box langkah langkah nya merupakan sebagai berikut ;'

- Siapkan Cetakan 

Pembuatan cetakan buat cool box di tentukan dengan besaran volume yang kita inginkan serta  umumnya memakai triplek  ukuran 9 mm serta rangka kaso misalnya kita menciptakan kotak kayu biasa, itu yg pada maksud dgn cetakan.


Langkah pada pencampuran fiberglas sanggup kita lakuakan menggunakan mempersiapkan Resin sejumlah 1,5 — 2 liter.

Resin tersebut  dicampur dengan talk/ Powder dan diaduk rata. Aduk dengan memakai kayu atau skrap supaya campuran tercampur.

Apabila campuran anatara talk serta resin yg terjadi terlalu kental maka perlu dibubuhi katalis. Penggunaan katalis harus sesuai menggunakan perbandingan 1 : 1/40. 

Oleh karenanya apabila resinnya 2 liter, maka katalisnya 50 cc. Serta penggunaan katalis supaya berhati hati lantaran katalis apabila terkena kulit akan iritasi dan panas.

Resin sejumlah 1,lima — 2 liter dicampur dengan talk dan diaduk rata. Jika adonan yang terjadi terlalu kental maka perlu dibubuhi katalis. 

Penggunaan katalis harus sinkron dengan perbandingan 1 : 1/40. 


Oleh karenanya bila resinnya 2 liter, maka katalisnya 50 cc.


Selanjutnya dibubuhi erosil antara 400 — 500 gram dalam campuran tersebut serta dibubuhi juga pigmen atau zat pewarna.

Apabila seluruh adonan tersebut diaduk masih terlalu kental, maka perlu ditambahkan katalis dan bila campurannya terialu encer dapat dibubuhi aseton. 

Pemberian poly sedikitnya katalis akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pengeringan. 


Pada cuaca yang dingin akan diharapkan katalis yang lebih poly. Kualitas Cool Box sangat tergantung pada halus serta kasarnya pekerjaan.

Setelah adonan bahan dasar dibentuk, langkah berikutnya adalah memoles permukaan cetakan menggunakan mirror (sebagai pelicin dan pengkilap) dan dilakukan memutar sampai lapisannya sahih-benar merata.

Agar didapatkan hasil yang lebih baik, perlu ditunggu beberapa mnt sampai pelicin tersebut menjadi kemarau.untuk mempercepat proses pengeringan, bisa dijemur di terik matahari. Cool box setela di rasa kemarau baru di angkat buat finishing.

Apabila mirror sudah terserap, permukaan cetakan dapat dilap menggunakan memakai kain higienis sampai mengkilap.

Selanjutnya bagian atas cetakan dioleskan PVA buat menjaga agar permukaan cetakan tidak lengket dengan Fiberglass output.

Langkah berikutnya merupakan mengoleskan bagian atas cetakan menggunakan adonan/adonan dasar hingga merata, dan dinantikan hingga 1/2 kering.

Selanjutnya di atas adonan yang telah dioleskan dapat diberi selembar mat sesuai menggunakan kebutuhan, serta dilapisi lagi menggunakan campuran dasar. 

Untuk menghindari adanya gelembung udara, pengolesan campuran dasar dilakukan sembari ditekan, sebab gelembung akan mengakibatkan Fiberglass gampang keropos. 

Jumlah pelapisan campuran dasar disesuaikan menggunakan keperluan, makin tebal lapisan maka akan makin bertenaga daya tahannya. 

Selain itu sebagai penguat bisa ditambahkan tulangan besi atau tripleks, terutama buat bagian yg lebar. Tujuannya adalah supaya hasilnya tidak mengalami kebengkokan.

Apabila dibutuhkan, dilakukan pengerolan menyesuaikan alur-alur atau lekukan-lekukan yg terdapat pada cetakan. 

Pembuatan cool Box Ikan tidak hanya memperhatikan kekuatan bahan selain itu kerapihan output pekerjaan pun akan membuahkan harga yg tinggi buat cool box.

Untuk meningkatkan kecepatan proses pengeringan, bisa dijemur di terik surya.

Pelepasan Fiberglass output dilakukan apabila lapisan adonan tersebut telah kemarau dan mengeras, karena apabila dilepas sebelum kemarau dapat terjadi penyusutan.


Pada langkah finishing, dilakukan pengamplasan bagian atas Fiberglass, pendempulan, serta pengecatan sinkron menggunakan rona yg diinginkan.

Demikian adalah Cara pembuatan Cool Box Berbahan Fiber semoga sanggup memberi manfaat


Pembuatan Cool Box Ikan 

Comments