PARIS SI GEMBALA MUDA MITOLOGI YUNANI

Dalam mitologi Yunani, Paris merupakan seorangpangeran muda tampan yang kawin lari menggunakan wanita tercantik di dunia danmenyebabkan Perang Troya, Putra Raja Priam serta Ratu Hecuba menurut Troy, Parissepertinya ditakdirkan buat mengalami bala sejak lahir. Sesaat sebelum dialahir, ibunya memimpikan bahwa dia melahirkan sebuah obor membara yang akanmenghancurkan Troy. Priam berkonsultasi dengan seseorang pendeta utama, yangmemperingatkan raja bahwa mimpi tersebut menubuatkan bencana bagi kota troy.dia menyarankan agar raja Priam menyuruh bayinya terbunuh.
Ketika Paris lahir, raja Priam memerintahkan pendetautamanya bernama Agelaus buat membawa bayi itu serta meninggalkannya pada GunungIda. Agelaus mengikuti instruksinya, tetapi waktu pulang ke gunung setelahbeberapa hari, beliau mendapati bayi itu masih hidup. Dipindahkan sang rasakasihan, sang rahib membawa pulang bayi itu serta mengangkatnya menjadi anaknyasendiri. Paris tumbuh menjadi pemuda yang sangat tampan, gembala muda.
Suatu waktu, waktu beliau merawat ternaknya diGunung Ida, gembala belia itu jatuh cinta pada nimfa Oenone, putri tuhan sungaiCebren. Gadis ini dikuasai oleh keilahian, serta ada yang berkata bahwaRhealah yang mengajarkan kepadanya seni ramalan, akan tetapi dirinya sendirimengatakan bahwa itu adalah Apollo. Bagaimanapun, waktu rumor tersebut tersebar,dia dapat meramalkan masa depan, dan pula terkenal lantaran menjadi wanitakebijaksanaan dan pengertian. Paris merogoh Oenoneto Mount Ida, loka diatinggal pada rumahnya, serta sangat mencintainya, berjanji kepadanya terus menerus,misalnya yg tak jarang dilakukan oleh kekasih, bahwa dia nir akan pernahmeninggalkannya. Tapi hampir seluruh orang memahami perbuatan Paris sebelum Parissendiri, serta begitu pula Oenone, meski mengakui bahwa saat ini beliau sangatmencintainya, mengungkapkan bahwa suatu hari dia akan jatuh cinta pada wanita Eropa,yang akan beliau bawa Kembali bersamanya, membawa serta semua kengerian perang.dan pada gambaran yg mengecewakan ini, dia menambahkan bahwa dia harusterluka dalam perang itu, dan bahwa nir ada yg mampu menyembuhkan luka itukecuali dirinya sendiri, yang mengenal hutan Frigia serta ramuan penyembuhannya.nimfa ini, yg mencintai Paris saat dia masih seseorang gembala yang malang(lantaran pada waktu itu tidak diketahui bahwa dia adalah seseorang pangeran Troya)tidak pernah menerimanya, meski beliau meramalkannya, bahwa pemuda ini, yg telahberkeliling menulis 'Oenone' Dengan pedangnya di batang pohon, bisa menahannyauntuk meninggalkannya. Cassandra juga menyampaikan bahwa cintanya itu sia-siabelaka.
Suatu hari raja Priam mengirim pelayan kepegunungan buat mengambil seekor banteng menjadi hibah buat sebuah festival.ketika orang-orang memilih banteng favorit Paris, Paris memutuskan untuk pergike Troy, memasuki kontes festival, serta memenangkan hewan itu pulang. Pemudatersebut memenangkan seluruh acara tadi, mengalahkan putra-putra lain raja Priam.agelaus membicarakan bukti diri sejati Paris kepada raja Priam serta melupakannubuatan tersebut, raja Priam menyambut baik Paris dan mengembalikannya ketempat yg seharusnya di rumah kerajaan.
Di Olympus, rumah para dewa, Zeusmerencanakan pesta pernikahan buat nimfa bahari, Thetis, dan kekasihnya, Peleusyang fana. Zeus mengundang semua ilahi serta dewi akan tetapi satu yg nir di undangZeus dia merupakan Dewi Eris (dewi perselisihan). Alasan Zeus lantaran dimanapunsang dewi perselisihan pulang, beliau hanya menimbulkan kekacauan serta kesengsaraan.
Tapi Eris belajar berdasarkan pesta itu, serta diasangat marah. Di tengah kegembiraan pernikahan itu, dia menyerbu masuk ke aulabesar dan melemparkan sebuah apel emas ke kerumunan. Apel itu bertuliskan katakallisti, yg berarti "untuk yg paling anggun."
Tentu, setiap dewi bergegas maju untukmengklaim buahnya. Segera mereka berdebat dan memperebutkan apel itu, namunpada akhir pertempuran kacau ini, hanya 3 dewi yg tersisa: Aphrodite, dewikecantikan; Athena, dewi kebijaksanaan serta perang; dan Hera, istri Zeus, dewiwanita serta nikah. Ketiga dewi berpaling pada Zeus serta menyampaikan, "Andaharus memilih siapa yg menerima apel emas? Manakah menurut kita yang palingcantik?" Zeus mengerti bahwa nir peduli wanita mana yang dipilihnya, dualainnya akan membangun kesedihan yang mengerikan. Maka beliau tetapkan bahwamasalahnya akan diputuskan oleh hakim paling adil pada negeri ini, serta ZeusMemilih Paris. Paris membuat sedikit bunyi tersedak serta hampir mulai menangis.bagaimana beliau, hanya manusia biasa, memutuskan wanita mana yang paling cantikyang pernah beliau lihat paling anggun. Dia tidak sanggup menetapkan.
Zeus menginstruksikan anaknya, Hermes sangutusan, buat memimpin dewi ke Gunung Ida. Saat Hermes menyebutkan tugasnya,Paris nir sanggup menolak. Tidak ada yg menolak perintah dari Zeus. Maka diaberdiri di hadapan dewi, menyelidiki dengan saksama masing-masing, bertanya-tanyabagaimana mungkin dia bisa memutuskannya.
Para dewi-dewi Yunani pun  mulai memperlihatkan suap. "Saya bisamenjadikan Anda raja Eropa dan Asia," istilah Hera. "Pilih saya serta Andaakan termasuk orang paling bertenaga di bumi."
Athena melangkah maju ke depan. "Sayaakan memberi Anda kebijaksanaan, dan saya akan mengakibatkan Anda prajurit terbaikyang pernah hayati."


Terakhir buat maju merupakan Aphrodite. Diatelah menaikkan daya tariknya menggunakan bunga-bunga berserakan pada rambutnya.dia menatap pemuda tampan itu. "Paris," ucapnya, "Saya menawariAnda hibah yang paling menarik berdasarkan semuanya Saya menawari Anda cinta Helendari Sparta, wanita fana terindah pada dunia, akan jatuh cinta pada Anda Sayaakan memastikan beliau nir bisa menolak daya tarikmu. "
Helen terkenal menggunakan kecantikannya yang luarbiasa, serta selama bertahun-tahun beliau mempunyai pelamar kemampuan luar biasa -pria menggunakan kekuatan serta kebijaksanaan dan kekuatan. Itu adalah ayahnya,Tyndareus, yg akhirnya menentukan suaminya: King Menelaus berdasarkan Sparta.
Ketika Helen serta Menelaus menikah, Tyndareusmengeluarkan sebuah janji berdasarkan semua mantan pelamar tadi, menuntut agarmereka melindungi dan mempertahankan pernikahan putrinya dengan Raja Menelausselamanya. Masing-masing pelamar bersumpah mereka akan selalu membelapernikahan ini.
Tapi di Gunung Ida, Paris tidak sanggup menolaktawaran Aphrodite. Dia menyerahkan apel emas Eris padanya. Dan ketika diamenggerebek rumah Raja Menelaus dan mencuri Helen ke Troy, dia menerima hadiahkasih sayang milik Aphrodite. Pada ketika Raja Menelaus menemukan ratunya telahpergi, beliau memanggil semua mantan pelamarnya. Setiap orang melangkah maju danbersumpah buat mengembalikan Helen ke Sparta, tidak peduli apa yg terjadi.tanah Troy akan hancur!

Dan begitulah karena Eris dan apel emas itubahwa Perang Troya yg panjang dan mengerikan dimulai.

Comments