PANDUAN LENGKAP MENGATASI MASALAH TABUNG CRT REDUP

CARA FLEXI - Cara mengatasi layar CRT redup dalam TV berwarna.
Dalam banyak sekali macam kerusakan TV, pertarungan tampilan selalu menjadi bahan yg menarik buat eksperimen. Tampilan layar TV redup sangat tak jarang terjadi dalam TV yang memang sudah berumur. Tak sporadis pula perkara ini menyerang dalam TV CRT keluaran baru. Jika telah begitu maka kerusakan nir sanggup ditebak secara niscaya. Apakah TV baru ataupun Lama semua pulang dalam kualitas produk tersebut. Itulah mengapa pada sebuah kerusakan nir sanggup diprediksi oleh waktu. 

Kembali ke topik yang kita bahas CRT redup. Gejalanya layar redup meski screen pada flyback pada adjustmen tambah, gambar malah blanking.

Kemungkinan Penyebabnya adalah: 
1).B+ 115 Volt drop.
2). Tegangan katoda naik. Dikarenakan gangguan pada pengut gambar R.G.B.
3). Tegangan grid dua terlalu rendah lantaran adanya gangguan dalam rangkaian tegangan Tinggi.

#Langkah Pengecekan 

1). B+ 115 Volt
Langkah pertama yg kita tempuh adalah mengukur tegangan B+115 Volt DC. Apakah tegangan B+ dalam ragulator normal?, bila nir normal atau drop  periksa rangkaian ragulator/PSU.

2). Tegangan Katoda
Coba periksa tegangan CRT terutama tegangan heater normal atau tidak jika menemukan kejanggalan periksa Resistor 1 Ohm yg menjadi penahan pembatas dalam tegangan heater. 

3). Tegangan Grid 2
Cek pula tegangan Grid dua yaitu tegangan normal kurang lebih kurang lebih 300 volt. Periksa tegangan tinggi pada anoda CRT. Terahir periksa CRT secara pasif untuk mengukur resistensi heater.

#Metode Memeriksa Tegangan Pada Elektroda C.R.T

Pengecekan tegangan-tegangan g1-g2 filamen atau heater dan katoda tabung dapat di lakukan pribadi  dalam FCB yg menempel dalam soket CRT. Hubungkan probe negatif Voltmeter DC ke dawai pengikat tabung dan ukurlah masing-masing kaki elektroda pada soket tabung apakah masing masing teganganya normal? Jika nir, lanjutkan pengukuran dalam bagian horizontal output serta sekitarnya. Sesuaikan teganganya dengan refrensi tegangan dalam sekema servis.

#Metode Memeriksa Tegangan Tinggi

Untuk mengukur tegangan tinggi C.R.T yaitu tegangan Anoda serta tegangan penekanan tidak bisa menggunakan voltmeter biasa ,namun harus menggunakan voltmeter khusus buat tegangan tinggi yaitu diklaim HVM (High Voltage Meter). Memang kesulitan jika nir memiliki HVM, tetapi buat mengetahui terdapat tidaknya tegangan tinggi pada anoda pakai obeng buat mengecek. Kemudian dekatkan ujung obeng dalam terminal Anoda cop CRT kira kira 0,5 -1cm (obeng tidak boleh pada pegang ),kemudian hidupkan pesawat TV dan perhatikan apakah terdapat bunga barah yang menyambar ujung obeng tersebut ?,bila terdapat itu tandanya tegangan tinggi dalam Anoda mengagumkan. Namun kita tidak tau persis berapa besar tegangan, apakah sinkron atau nir (normalnya tegangan anoda adalah 25KV) kemungkinan lain berdasarkan kondisi gelap tabung adalah emisi tabung yang sudah lemah. Biasanya jika tabung yg sudah lemah masih terlihat raster hanya terlihat nir fokus serta warnanya lemah.

Kesimpulan;

Beberapa persyaratan yang harus di penuhi agar tabung gambar menyala bersinar yg umumnya disebut "raster" yaitu;
A. Tegangan filament sekitar 6,3 volt
B. Tegangan grid 1 minimal kurang lebih 150 volt DC .
C. Tegangan grid 2 lebih kurang 300-800 volt ac
D. Tegangan grid 3 sebagai penekanan sekitar 16%-20 % menurut tegangan anoda tabung gambar. Anoda tabung gambar dapat diukur dengan HVM (high voltage meter)
E. Tegangan anoda (flyback) sekitar 20-30kilo volt 
(1Kilo volt= 1000 volt )
F. Tegangan katoda harus lebih negative dari tegangan grid 1 serta bisa pada atur melalui tingkat kecerahan (brighness).
G. Dari poin 1-6 belumlah cukup buat tabung gambar membuat sinar/raster, oleh karenanya harus pada dukung oleh komponen pendukung tabung yang dianggap penyimpangan yoke yang mendapat umpan gigi gergaji berdasarkan bagian vertikal dan horizontal.

Dan sekali lagi saya ingatkan Teliti adalah poin utama demi menghindari kerusakan yg lebih parah.
Mungkin masih poly lagi mengenai cara servis TV nampak di layar redup. Semoga memberikan sedikit refrensi menangani masalah ini pada rekan yang sedang kebingungan. Apabila terdapat kasus menangani permasalahan ini sanggup di postkan pada komentar. Terimakasih!

Comments