PANDUAN LENGKAP MEMPERBAIKI TV MATI STANDBY BESERTA PENYEBABNYA

Gejala TV meninggal lampu indikator masih menyala. Ketika dinylakan menggunakan remot tv nir sanggup start. Ketika dinyalakan hanya lampunya saja yang hayati. Berbeda dengan standby protek, lantaran yang namanya protek umumnya masih mampu start meski hanya sesaat.
Standby juga ditandai dengan tidak bekerjanya flyback. Tidak ada bunyi berdasarkan flyback bekerja. Apabila flyback masih bekerja itu berarti mengindikasikan tv nir standby namun masih hayati meski tidak menampilkan gambar. Penangananya pun berbeda. Untuk itu perlu dipahami menganai gejalanya dulu sebelum melangkah ke reparasi.

Penyebab tv standby
Jika kita mengetahui  penyebab kerusakan terlebih dahulu ini akan memudahkan pada perbaikan. Tv dalam kerusakan standby pertama penyebabnya adalah tegangan. Tegangan terdapat yang drop serta pula ada yang normal tetapi flyback tidak bekerja.

#TV standby namun tegangan hasil Regulator normal flyback nir bekerja
Ini disebabkan sang transistor horizontal tidak bekerja. Kemungkinan transistor horizontal tewas, atau tidak menerima sinyal menurut osilator dari ic prosesor,sehingga flyback nir bekerja.

#TV standby tegangan drop
Sebelum memastikan bahwa tv mati standby bila keadaan tegangan drop sanggup jadi remot rusak serta jua tombol swit pada tv tewas. Oleh karena itu cek dulu menggunakan tombol remot dan jua swit pada panel tv buat memastikan bahwa tv sahih-sahih rusak. Dengan catatan drop hanya 30% menurut tegangan asli.

"Yang dimaksud swiitch, buat  menyalakan tv dalam keadaan standby merupakan tombol ch+ serta ch- yg bisa buat menjalakan TV standby jika nir ada remot..

Selain itu umumnya terjadi salah satu komponen yg short sebagai akibatnya menyebabakan tegangan drop. 
Bisa pula terjadi kerusaka pada blog power supply.
LANGKAH  perbaiki tv mati standby

Pertama langkah yang wajib dilakukan adalah coba menyalakan tv dengan remot dan menggunakan tombol ch jika nir ada remot.

Jika nir ada reaksi atau terdapat reaksi berupa lampu indikator malah berkedip, maka segera matikan tv .karena sangat berbahaya buat dilanjutkan.

Buka casing dengan hati-hati dan nir terhubung denga jala-jala listrik saat membuka casing.

Ukur tegangan pertama merupakan baguan b+115  pada flyback kemudian baru yg lainya.

Ternyata b+ drop, copot transistor horisontal. Kemudian ukur lagi teganganya. Jika b+normal ketika telah dicopot transistornya maka, periksa tr horisontal. Biasanya short. Maka perseteruan ketemu.

Namun bila b+ masih drop meski sudah dicopot berarti masalahnya pada power suplay. Tetapi sebelum itu , b+ perlu dicek menggunakan keadaan nir terdapat beban atau mecopot solder pada kaki b+ flyback. Apabila b+ normal berarti flyback short.

Pada beberapa tv , mempunyai sistem kerja standby yg hampir sama yaitu diprogram dari ic utama bila menggunakan ic tunggal. Untuk itu waktu dalam blog b+ normal atau drop ic tunggal jua bisa sebagai penyebabnya. Cari data site letak titik standby power. Jika dalam kaki nir terdapat tegangan berarti ic mati atau tidak bekerja. Namun periksa suplay ic primer terlebih dahulu sebelum memfonis ic utama . Karena seperti yg kita tahu bahwa ic ini sangat mahal.

Kesulitan dalam memperbaiki tv meninggal standby mungkin akan terasa waktu ic utama memakai ic tempel misalnya contohnya dalam pooytron slim. Dan itupun jika kita Mampu mencari gantinya. Maka pikir 2 kali saat menemui kerusakan dalam ic ini.

 Ini adalah pengalaman eksklusif yang aku lakukan waktu melakukan servis TV standby. Untuk itu perlu dikoreksi apabila pengalaman aku salah . Terimakasih!

Comments