PANDUAN LENGKAP CARA MEMPERBAIKI TV CRT

Cara memperbaiki tv - jenis kerusakan pada televisimacam-macam sebab dan dampak sehingga dalam reparsi televisi wajib mengenalistilah yang dipakai pada komponen serta mengenali tanda-tanda yang muncul akibatkerusakan. Selain itu, merek dan jenis yang tidak selaras akan beda komponen danperbedaan sistem kerja. Sehingga perlu pemahaman teknik elektronik dasarterutama reparasi tv. Jikalaupun tidak kenal sedikitpun mengenai elektronika,lebih baik memperbaiki kerusakan tv secara sederhana saja. Karena hal inisangat berbahaya bagi anda yg belum sama sekali mengenal elektronik.keselamatan anda adalh hal pertama yang wajib diutamakan. Terlebih jika andamasih awam sekali ini bisa mengakibatkan kerusakan tv malah tambah parah. Namunjika anda mau belajar, kerusakan lebih parah tidak perkara, malah menjadipelajaran berharga buat anda di lalu hari. 

cara flexi mempersembahkan isi menurut holistik pada dalamblog ini buat menyebarkan pengalaman. This is;

Cara memperbaiki tv

Anda serta seluruh orang mampu memperbaiki tv bila mau belajardengan kesungguhan. Apapun tekniknya jika menguasai dasarnya pasti dapatberkembang dengan sendirinya. Sulit memang jika kita mengungkapkan ini sulit,namun akan mudah apabila mengatakan gampang. Intinya kesungguhan merupakan yang pertamayang meski dipegang waktu akan memperbaiki televisi. 

Ada dua jenis tv yang berkembang ketika ini yaitu tv CRT danTV LCD/LED. Kali ini kita akan membahas tentang memperbaiki tv CRT. Berikutini aku akan merangkum banyak kerusakan tv dan cara memperbaiki tv dari yangpaling sederhana hingga yg paling rumit pada tv CRT/tabung.

1.Tv terdapat flek pelangi pada layar

Hal ini sering dikaitkan dalam kedekatan tv terhadap magnet.akibatnya fosfor rona dalam televisi tertarik pada satu titik yg berdekatandengan magnet atau juga terdorong sang radiasi magnet. Ini seringkali kali dialamioleh pengguna televisi yang meletekan speaker dekat menggunakan tv crt. Nah, terdapatflek pelangi namun nir ada magnet didekatnya, apa yg mengakibatkan itu bisaterjadi? Ini mungkin lebih menunjuk pada teknik reparasi mesin tv sesungguhnya.karena ini menunjuk pada rangkaian penangkal medan magnet pada tabung crt atausering dianggap dgausing. Apabila rangkaian dgausing ini mengalami kerusakanbiasanya akan mengakibatkan layar terdapat poly sekali flek pelangi meskitidak terdapat magnet speaker didekatnya. Perlu anda ketahui bahwa tabung layar tvcrt bila nir terlindungi oleh rangkaian dggausing akan terkena imbas berdasarkan magnetbumi. Atau magnet liar disekitaran televisi. Fugsi blok dgausing berfungsisebagai penghilang efek magnet, lantaran terdapat beberapa insiden yangmengatakan bahwa waktu dihidupkan terdapat flek pelangi namun sesudah tvdinyalakan beberapa waktu flek tersebut hilang. Ini terjadi apabila rangkaiandgausing normal. Jika terdapat keruskan dalam penangkal ini flek tersebut nir akanhilang selamanya selama rangkaian tersebut tidak diperbaiki.

Untuk memperbaiki kerusakan ini Silahkan baca artikel cara memperbaikitv laya pelangi

2.Cara Memperbaiki tv hanya satu garishorizontal


Gejalanya layar gelaphanya tersisa satu garis panjang pada tengah layar arah horisontal ataumelintang. Pada merek polytron u-slim series seringkali diawali menggunakan gejala protekjika kerusakan misalnya ini terjadi. Pada jenis tv terdapat juga yang secara terperinci-teranganmenunjukan tanda-tanda tanpa standby. Ini sering terjadi pada tv china dansejenisnya. Memperbaiki tv menggunakan gejala misalnya ini mudah saja. Pertamasoldering ulang serta mengganti semua elko dalam blok vertikal ic. Apabila nir membuahkanhasil Silahkan lanjut baca artikel berikut adalah.
Artikel terkait;


3.Memperbaiki tv standby

Diantara kerusakan yang paling rumit merupakan tv mangkat standbytidak sanggup start. Hal ini disebabkan lantaran sistim standby dalam masing-masing merektv tidak sama. Sehingga kita meski menyelidiki sistem protek yg digunakan dalam merektertentu menggunakan cara Mengamati sekema rangkai dalam blok standby atau mencari referensiseperti ini dia.

Artikel terkait;


4.Memperbaiki tv meninggal total

Tv tewas total nir terdapat reakasi apapun ketika tv dihidupkan.pertama cek kabel pada perangkat tv apakah masih indah atau putus. Jika tvdinyalakan mcb tempat tinggal langsung anjlok ini telah menjurus ke bagian power suplayatau sanggup jadi daya listrik dirumah anda mengalami kekurangan buat menyalakanperangkat tv crt. Untuk belajar lebih lanjut tentang cara memperbaiki tv matitotal Silahkan baca artikel berikut ini;


5.Caramemperbaiki tv hidup sebentar beberapa dtk eksklusif standby

Kerusakan ini juga dianggap menggunakan kerusakan protek.kerusakan tv dengan tanda-tanda protek terjadi dalam beberpa merek tv keluarananyar.memperbaiki tv menggunakan kerusakanprotek sebenarnya mudah apabila anda memiliki pengetahuan mengenai komponenelektronik. Jika terjadi pada tv polytron anda tinggal membarui elco 1 uf 50vpada blok ic vertikal tv. Tetapi apabila tv protek terjadi pada tv sharp memang agaksedikit rumit. Sehingga anda wajib searching memeriksa secara spesifik.

6.Cara memperbaiki tv hanya satu garisvertikal

Layar gelap hanya tersisa garis terang berada ditengah layardari atas ke bawah. Perlu diketahui bahwa kerusakan seperti ini biasanyadisebabkan sang blok bagian horizontal tv. Jadi jangan terbalik ketikamemperbaiki tv menggunakan gejala seperti ini. Jika garis vertikal berarti yangbermasalah bagian horizontal tetapi ketika terjadi satu garis horisontal pada layarberarti ini terjadi kerusakan pada blok vertikal.ini krusial buat diketahui supaya tidak salahdalam tahu sebuah kerusakan televisi.
Bergaris vertikal pada bagia laya langkah menanganinya sbb;

Pertama cek defleksi yoke menggunakan ohm meter dalamkeadaan netral tidak terhubung sang tegangan serta jua terhubung dengan boardutama tv. Untuk itu sebelum mengecek dalam bagian penyimpangan yoke lepas dulu kabeldari moboard.

Tanda bahwa penyimpangan yoke ini normal merupakan bila diukurmenggunakan ohm meter 1x maka jarum akan berkiprah penuh serta tersisa 1-3 ohmhambatan.
Jika telah menginjak ke blok horizontal Silahkan lanjut bacake artikel ini dia;
Cara Servis tv satu garis vertikal


7.Cara memperbaiki tv layar gelap/redup
Gejalanya layar gelap meski kecerahan sudah diatur maksimal .sebagian orang menduga bahwa ini kerusakan terjadi pada crt/tabung gambar.namun apabila belum mengecek secara niscaya ini tidaklah dibenarkan oleh teori.teori serta pengalaman Berbicara bahwa layar redup pada tv crt sanggup sajadisebabkan antra lain; flyback rusak, tegangan b+115volt drop, teganganvideo180v drop, terjadi kemoloran pada penahan pembatas heater, abl tidak adategangan. Lanjut baca cara mengatasi tv layar bunyi normal /

8.Cara memperbaiki tv terdapat garis padabagian atas layar
Terdapat garis dalam 1/4 layar bagian atas inimenandakan bahwa terdapat kerusakan dalam blok vertikal terutama pada komponen elkoyang berfungsi sebagai pump up. Apabila anda beruntung, akan terlihat bagian blokvertikal terdapat elko yg mengembung atau dalam bagian kaki elko terdapatjamur. Secara pasti buat mengeceknya menggunakan tester elko atau ohm meterjuga bisa. Mengecek menggunakan multi tester dalam ohm meter hanya menunjukanbahwa elko nir kemarau buat nilai yang lebih akurat pakai esr meter digitalatau menggunakan uf meter.

9.Cara memperbaiki tv lg
Ada banyak kerusakan pada tv lg antara lain;


10.Cara memperbaiki tv polytron gelap hanyalayar pelangi

Kerusakan dalam tv polytron yg satu ini seringkali terjadi padajenis polytron menggunakan tipe u-slim series. Kerusakan ini tak jarang diawalidengan tanda-tanda protek dan teradang tidak. Apabila protek eksklusif menuju padabagian vertikal, ukur tegangang penyuplay ic vertikal +-12 volt dari outputflyback menuju ic vertikal. Di jalur tersebut terdapat sebuah resitor pembatasberukuran 100 ohm, dioda penyearah dan elko ukuran100 uf 35 volt. Komponen tersebutsering menyebabkan tv layar gelap hanya Nampak pelangi. Hal ini ditimbulkan olehtegangan ic vertikal drop/daya kurang stand, sehingga ic vertikal nir bekerjadengan baik. Untuk itu pengecekan pada jalur hasil flyback -12 serta +12voltharus diperiksa dicek secara lebih jeli. Jika tegangan nir muncul dalam kakiflybac tetapi flybac sudah bekerja berarti terjadi kerusakan pada flyback.


11.Cara memeperbaiki tv transistor horizontaljebol terus

Ada satu kejadian saat mengubah transistor horizontal padatv crt langsung jebol seketika tv dinyalakan. Bahkan sampai mengganti sampaibeberapa kali menggunakan yg baru permanen saja masih masih ada kerusakan yang sama.ternyata yang keliru bukan transistor horizontalnya tetapi komponen yangberkaitan di sekitarnya. Berikut artikel yg membahas mengai hal ini. 



12.Cara memperbaiki tv gambar blur

Gejala; gambar blur dalam saat pertama kali tv dihidupkan.
Penanganan ganti soket crt serta cek kabel focus dari flyback.baca lanjut.....

Kesimpulan;

Dalam memperbaiki tv kerusakan yg sama belum tentupenanganan yg sama, lantaran kerusakan yg terdapat pada perangkat tv tidakpasti. Sehingga aku mengharapkan supaya ini hanya menjadi refrensi buat caramemperbaiki tv. Apa yang saya sampaikan dalam artikel ini merupakan pengalamanpribadi niscaya terdapat perbedaan pada menyikapi suatu kerusakan pada perbaikan tv.untuk menerima artikel mengenai cara memperbaiki tv lebih lanjut silahkanjelajah pada cara flexi, lantaran aku disini menuliskan berbagai keruskan tvbeserta cara penangnan. Semoga anda mendapat apa yg anda cari. Terimakasihsudah berkunjug pada blog ini.

Comments