PANDUAN CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF

Panduan Cara Memperbaiki Speaker Aktif - Dilihat menurut fungsinya speaker aktive dewasa ini digunakan menjadi media hiburan contohnya, buat karaoke, memutar mp3, untuk acara persentasi, dll. Permasalahan seringkali ada pada speaker aktive pada saat akan digunakan contohnya speaker aktive mati total, mendengung, bunyi pecah, terdapat suara desis (nois), bunyi timbul gangguan lainya. 

Apabila kerusakan terjadi dalam saat pada pakai maka tidak mungkin eksklusif membawa ke bengkel. Misalnya pada saat pada pakai buat acara tertentu datang-tiba speaker aktif mati total. Pertama, ketika menemukan kerusakan misalnya matot, periksa dulu apakah terminal jala-jala PLN dalam keadaan menyadala, dengan cara menyolokan perangkat elektro lain. Itu kadang bila menghadapi kerusakan mangkat sanggup menciptakan ketenangan dalam penanganan.

Jika perseteruan speaker mati tidak teratasi maka harus membawa ke tukang servis speaker aktif. Atau bisa memperbaiki sendiri menggunakan syarat anda memiliki multi tester.
1.cara memperbaiki Speaker aktif mati total

Stelah anda melakukan saran langkah pertama tadi pada atas, sekarang kita melangkah ke bagian pada box speaker aktif. Arahkan multi tester anda ke fungsi pengukuran arus AC. Pastikan perangkat dalam keadaan saklar on, hubungkan striker ke terminal AC. Ukur dalam bagian input, tepatnya di ujung kabel yang terhubung ke power suplay. Jika jarum Volt meter AC bergerak ke nomor 220 v maka berarti kabel serta saklar normal. Jika yg terjadi kebalikannya ada dua kemungkinan yaitu saklarnya yang tewas atau kabelnya yang putus.

Melangkah ke bagian output power suplay. Ukurlah tegangan DC dalam out power suplay. Apabila terdapat tegangan namun hanya sedikit coba tanggal beban power suplay. Jika sesudah dicopot ternyata normal berarti terjadi short circuit bagian power ampli maupun blog tone control. Apabila yang terjadi sebaliknya maka bisa jadi power suplay yg bermasalah. 

#Power suplai bermasalah

Jika menggunakan trafo coba cek tanpa beban dioada, yaitu posisi AC. Tegangan hasil trafo AC misalnya 25 VAC keluar,berarti trafo normal. Kemungkinan dioda, coba cek dioda umumnya konflik power suplay nir keluar tegangan sanggup jadi adalah dioda bocor atau short.

#Setelah beban power suplay dicopot kok keluar tegangan normal. Yang pertama diperiksa merupakan transistor final. Kebanyakan kasus short circuit dalam speaker aktif yg mengakibatkan hilangnya tegangan disebabkan oleh transistor final yang short ,kadang hingga terbakar. Transistor final umumnya terletak melekat pada pendingin alumunium. Menurut seri yang digunakan tergantung jenis amplifier. Kebanyakan speaker aktif rumahan menggunakan transistor final yaitu tip 41c, 42c. Bahkan speaker aktif sekelas polytron menggunkan jenis tr tip41,42. Jika niscaya translator final short ,jangan lewatkan transistor driver c945,a733  umumnya ikut short pula. Dioda bias 4148 jangan dilewatkan inspeksi kadang penyebab short transistor final pada sebabkan dioda bias terjadi short sebagai akibatnya terjadi over load pada transistor bufer/driver sehingga mebakar transistor final.

2. Lampu menyala namun nir terdapat suara berdasarkan speaker

Jika menemui kerusakan lampu menyala namun speaker tidak suara,  pertama langkah servis yang wajib di tempuh merupakan mengecek impedansi speaker, pastikan speaker dalam keadaan menyambung waktu pada ukur menggunakan OHM meter. Baru kemudian mengusut koneksi kabel yg menghubungkan antara speaker dan blok power amplifier.jika keduanya pada pastikan baik maka, cek tegangan power suplay. Kadang terdapat speaker aktif yg apabila tegangan ngedrop langsung protek seperti speaker polytron, sharp, dan jenis speaker aktif yg Power supply memakai SPMS/AC METIC.

3. Speaker terdapat suara tetapi nir sanggup merespon input

Dengan istilah lain bahwa, bila speaker aktif di berikan input berdasarkan dvd tidak bunyi meski potensio telah maksimum. Jenis kerusakan macam ini terdapat dua masalah yaitu;

#kesalahan Mencolokkan jack input ke soket rca
Jika anda memiliki spiker aktif menggunakan gejala terdapat bunyi tetapi tidak merespon input, periksa jack RCA  apakah sudah sahih sinkron fungsinya. Biasanya terletak pada belakang body speaker aktif. Input, hasil speaker, output audio. Kesalahan menghubungkan jack ke soket akan menjadikan fatal. Yaitu kerusakan akan terjadi dalam Sumber input misalnya dvd. Teknik yg digunakan dalam menangani hal ini, jangan hubungkan dulu jak yang menancap pada Sumber input, lalu hubungkan jak ke soket input speaker aktif. Nyalakan spiker aktif bersamaan dengan itu sentuh ujung jak rca.  apabila ada respon berarti speaker aktif normal. Namun apabila tidak merespon sama sekali berarti ada kasus lain. Terkadang soket rca berkarat menyebabkan antara soket serta jak nir tersambung. Bisa juga input nir merespon ditimbulkan oleh selector. Karena kini ada fitur mp3 sebagai akibatnya ada mode aux belum dipogram. Kalau contoh jaman dulu sebelum menggunakan perangkat mp3, menggunakan selector sistim tombol. Model memakai sistim 2 in yaitu input dvd serta mp3 tertulis di masing-masing soket. Jadi pastikan saklar slector sudah sinkron dengan soket yang dipakai.
Jika penanganan nir bisa teratasi menggunakan cara sederhana pada atas maka masuk ke pada bagian dalam mesin.
➡. Cek soket input apakah terdapat yg berkarat.
➡. Cek kabel input. Sentuh soket input yg terhubung dengan blog tone control. Jika merespon berarti soket bermasalah.
➡. Sentuh dalam bagian tone control. Respon ketika di sentuh dalam bagian tone kontrol akan menunjukan permasalahan. Jika tidak merespon maka copot pelawan hasil yg menuju blog amplifier. Sentuh input pada bagian input amplifier. Apabila ada respon berarti tone control tewas.

✔Tone control mangkat total disebabkan oleh :
Tegangan yang menuju tone control
Cek tegangan penyuplay tegangan tone control. Biasanya buat jenis speaker aktif kelas menengah kebawah penyuplai tone kontol jadi satu menggunakan penyuplay amplifier. Namun buat menyuplaya tone control dibatasi hambatan 10-100 ohm.

✔Transistor C945 tewas
Kerusakan transistor pada bagian tone kontrol ditandai ketika pada sentuh dalam bagian blog tone control suar yg dihasilkan cenderung pelan. Dan responya pun ketika disentuh dalam bagian tertentu.

✔Variable resistor input meninggal/volume

Potensio meter rusak di tandai apabila disentuh pada bagian input tidak merespon. Tetapi bila selesainya melewati potensio volume di sentuh terdapat respon. Untuk memastikan kerusakan potensio meter supaya lebih niscaya, gunakan ohm meter.

3. Memperbaiki Speaker aktif Suara hanya dengung saja

Dengan kata lain, speaker aktif tidak merespon diberi input tetapi hanya bunyi dengung yg sangat keras sebagai akibatnya daun speaker menjorok ke depan.
Jika tanda-tanda yang ditandai seperti itu kemungkinan merupakan rusaknya transistor final, sehingga arus DC bocor ke speaker. Oleh karenanya apabila anda menemukan tanda-tanda speaker aktif suara hanya dengung keras maka segera metikan perangkat. Apabila pada teruskan pada keadaan perangkat menyala maka kemungkinan spoel speaker aakan terbakar oleh arus DC. Perlu anda ketahui bahwa saat amplifier bekerja nofmal maka arus yang keluar menuju speaker merupakan arus  AC.

Langkah pertama yang di tempuh merupakan mencopot kabel speaker kemudian pada tes menggunakan volt meter DC. Jika jarum tester berkiprah berarti mengindikasikan bahwa terdapat arus DC bocor ke output ampli.
Yang paling seringkali terjadi kerusakan yg ditimbulkan oleh arus dc bocor ke hasil ampli merupakan transistor final. Jika parah banget ditandai oleh terbakarnya komponen pada blog amplifier.
Untuk mengatasi hal ini ganti semua transistor di blog amplifier. Sperti; TIP41,42C, Bd139,140.,dioda bias, tr A733,C945,,perlu dicek satu persatu supaya anda tahu dimana kerusakanya. Nanti akan bermanfaat pada waktu menemui kerusakan yang serupa.
baca juga:memperbaiki speaker aktif GMC bunyi hanya berdengung

4. Speaker aktif stigma treble

Cacat trible ditandai menggunakan, suara pecah, serak, suara grek pada twitter. Penyebabnya terdapat 3 macam yaitu

✔Pertama kerusakan terjadi pada twiter
Untuk memahami kerusakan pada twitter perlu pecobaan dengan cara mencoba twitter ke amplfier lain.

✔Kedua terjdi distorsi audio
Hal ini ditimbulkan oleh tone control kadang rusak. Atau bisa jua disebabkan oleh capasitor pemfilter tribel biasanya menempel djadi satu pada twitter. Capasitor pemfilter nada rendah ini nir dapat menyaring nada mid dan low yg masuk ke sp twitter. Sehingga terjadi nada low serta mid masik ke twitter. Kemungkinan capasitor kemarau sehingga mengakibatkan short.

✔Ketiga adalah arus dc bocor
Arus dc nocor kadang jua mengakibatkan bunyi yang dihasilkan serak bila arus yang bocor sedikit.
Pada intinya adalah memperbaiki speaker aktif yg paling sering terjadi kerusakan merupakan rusaknya transistor final janis TIP41c, TIP42c dan transistor bagian driver . Namun tanda-tanda yg disebabkan kadang berbeda-beda.

Silahkan lanjutkan ke; cara servis speakar aktif serak

Itulah beberapa refrensi cara memperbaiki speaker aktif. Semoga berhasil!!!

Comments