OPTIMASI MENU NAVIGASI WEBSITE

Optimasi pilihan menu navigasi website - Kali ini aku akan membagiakan tutorial cara mengoptimalkan menu navigasi situs web menggunakan menginstal markup "Microdata Schema.org" dalam menu navigasi situs web khusunya blogger. Tujuan penerapan microdata schema.org pada menu navigasi adalah buat memberikan bukti diri yang jelas dalam element menu navigasi serta menaikkan pembacaan perayap google terhadap situs. Akhir-akhir ini aku melihat poly sekali situs blogger bahkan desainer template blogger sekalipun ada yang nir peduli dengan structured data situs blog mereka padahal mesin penelusur terbesar di dunia "google" justru menyarankan serta memanfaatkan microdata dalam sistem penelusuran-nya.
Sedikit aku informasikan "Schema.org" merupakan seperangkat skema extensible yang di kembangkan atas kolaborasi Google, Microsoft, Yahoo serta Yandex buat memungkinkan webmaster menanamkan data terstruktur dalam laman web (webpage). Kemudian dari pemanfaatan microdata schema.org tadi penelusur atau robot crawl akan mengenali setiap bagian situs web misalnya (pilihan menu navigasi, header, sidebar, body, footer hingga content situs seprti blogposting)
Untuk mempersingkat saat aku akan pribadi mengajak anda ke cara memasang atau menerapkan microdata schema.org ke html "menu navigasi" situs web blogger lantaran aku fikir kamu bisa menyelidiki lebih pada tentang schema.org di situs resminya atau dengan browsing di google.

Cara Menerapkan Microdata Schema.org Pada Menu Navigasi

Penerapannya sangat mudah, kita hanya perlu menambahkan properti SiteNavigationElement pada tag pembuka pilihan menu navigasi "ul", perhatikan html dasar menu navigasi berikut adalah;


 Menu 1
  Menu 2
  Menu 3
Perhatikan tag "ul" yg pada beri tanda merah, lalu ganti baris tag ul tadi dengan kode berikut ini;
Sehingga bila dipandang secara utuh kode html menu navigasi akan menjadi seperti dibawah ini;


  Menu 1
  Menu 2
  Menu 2
Kode html yang pada beri property SiteNavigationElement secara otomatis akan memberitahukan kepada robot crawl "penelusur" bahwa element tadi adalah navigasi primer menurut sebuah situs web. Untuk mengetahui apakah property SiteNavigationElement benar-benar bekerja engkau bisa menguji situs menggunakan indera pengujian google structured data testing tool [Uji sekarang]
Jika kamu pernah mencoba bergabung dengan google adsense serta mengalami penolakan yang menyatakan situs anda tidak memiliki navigasi, kamu dapat mencoba menerapkan microdata schema.org khusus nya pada html menu navigasi situs untuk mengatasi-nya, serta cobalah mendaftar kembali setelah satu bulan menerapkan microdata schema.org SiteNavigationElement.
Penerapan property SiteNavigationElement seperti di atas sebenarnya belum final, masih ada beberapa hal yang menurut saya sangat penting untuk diterapkan agar situs serta menu navigasi lebih seo friendly serta memiliki identitas yang lebih spesifik. Untuk mendukung property SiteNavigationElement kita perlu menambahkan property url buat ditandai menjadi item menurut menu navigasi. Berikut contoh selengkap-nya meningkatkan secara optimal menu navigasi website;


Menerapkan microdata schema.org seperti diatas tidak hanya sebagai optimasi menu navigasi, apabila diterapkan dengan sahih maka properti url (itemprop='url') dalam site navigasi element akan mempunyai potensi yg sangat besar buat ada di laman hasil pencarian (serp) menjadi sitelink situs. Tidak sedikit ahli SEO di indonesia yg memanfaatkan microdata schema.org "SiteNavigationElement" buat membuat sitelinks situs mereka secara manual.
Demikian penjelasan tentang cara optimasi menu navigasi website serta cara menerapkan microdata schema.org pada menu navigasi situs web. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman blogger dalam mengoptimalkan (optimasi seo) situs teman-teman semua, follow by e-mail subscribe situs cara flexi untuk mendapat lebih banyak informasi menarik mengenai blogger.

Comments