NURIA GARCIA MASIP KALIGRAFER WANITA DARI SPANYOL


Satu lagi nama master kaligrafi wanita kami tampilkan. Kaligrafer wanita berdasarkan Spanyol, Nuria Garcia Masip.

Nuria Garcia Masip lahir pada Ibiza Spanyol dalam tahun 1978. Ia tumbuh serta di besarkan di Spanyol dan di Amerika Serikat. Tahun 1999 sesudah beliau meraih gelar BA dalam bidang Literatur Prancis Dan Spanyol pada The George Washington University Amerika, dia melakukan bepergian ke Maroko. Disana, beliau mulai menemukan ketertarikan pada kesenian Islam.

Tahun 2000 beliau balik ke Washinton DC, serta mulai mencari pengajar kaligrafi. Ia menemukan seorang guru bernama Muhammad Zakaria (kaligrafer Amerika kelahiran California) dan mulai belajar Raq'ah, Naskhi dan Tsuluts. 

Tahun 2004, Nuria berangkat ke Istanbul buat melanjutkan belajar kaligrafi tsuluts pada kaligrafer kaligrafer besar Turki antara lain Hasan Çelebi, dan Dawud Bektas. 

Nuria Garcia waktu melakukan penampilan duet dengan artis Iran Bahman Panahi
Mengkolaborasikan seni kaligrafi dan seni musik


Pada tahun 2007 dia mendapat ijazah dalam bidang naskhi dan tsuluts yang ditandatangani oleh ketiga orang gurunya tadi diatas. Ia jua mempunyai keahlian dalam mempersiapkan kertas muqaharnya sendiri. Tehnik pembuatan kertas muqahar (kertas ahar) ala Nuria bisa dibaca pada  nuriaart.com.

Nuria sekarang tinggal pada Paris Prancis dimana ia banyak menangani proyek kaligrafi sekaligus sebagai pengajar kaligrafi. Ia pula aktif mengikuti pameran pameran internasional, serta mengorganisir beberapa event misalnya workshop dan konferensi kaligrafi.

Beberapa prestasi yg pernah diraihnya, antara lain pernah menjadi juara 4 kategori Tsuluts pada kompetisi Internasional yang diselenggarakan sang IRCICA di Istambul Turki. Kemudian pada tahun 2013 beliau berhasil sebagai juara 2 pada ajang yg sama.

Berikut ini merupakan karya karyanya :


Karya Tsuluts serta Naskh karya Nuria Garcia. Ini karya yg nir main main. Sangat latif serta sejajar menggunakan karya kaligrafer global (Kalem Guzeli.org). 





Kaligrafi Muhaqqaq karya Nuria. Disini Nuria meniru Kaligrafi Muhaqqaq gaya lama . Yang ditulis adalah adalah Al-Baqarah 164. 



Karya yg diberi judul "burdah" berisi  ayat Al-Qur'an  Surah Al-Fath ayat 27-29 


Surah Maryam. Ditulis dengan sangat indah



Hadis Nabi




Nama nama Nabi Muhammad ditulis menggunakan kaligrafi Tsuluts dengan sangat indah



Berikut ini merupakan video mengenai Nuria Garcia Masip serta karya karyanya yg diberi judul Love And Beauty: 



Terakhir, ini dia adalah goresan pena Basmalah dalam gaya Muhaqqaq oleh Nuria Garcia Masip : 


Basmalah muhaqqaq mempunyai estetika luar biasa, sebagai akibatnya hampir setiap kaligrafer menuliskannya. 

(Lebih lengkap tentang karya karya Bismilah Muhaqqaq

Comments