NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN

Selama ini nelayan kita untuk menentukan daerah penangkapan ikan masih memakai cara cara traditional. Mereka hanya mengandalkan naluri serta navigasi alam yang dari dalam posisi bintang dan lamanya jeda tempuh. 

Padahal pada era teknologi Semarang , nelayan sanggup terbantukan menggunakan memakai GPS ( Global Position System ). GPS termasuk pula pada Alat Bantu Penangkapan Ikan.

GPS ini bisa membantu menentukan posisi lintang dan bujur diatas permukaan bumi secara sempurna.  Dalam perikanan tangkap dapat dipakai buat mencari posisi pemasangan indera tangkap, menandai posisi dasar perairan yang Mengganggu alat penangkap ikan eksklusif, memonitor konvoi alat penangkap ikan yang dihanyutkan, menandai wilayah penangkapan ikan yg berpotensi buat penangkapan hari berikutnya. 

GPS adalah salah satu indera navigasi yang menggunakan system gambaran satelit. GPS dapat menaruh ketepatan waktu serta loka secara lebih jelasnya serta terang.



Dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dimanfaatkan untuk supervisi kapal ikan, migrasi ikan, pemetaan potensi SDI, dll-nya. Tetapi dalam pelayaran fungsi berdasarkan GPS pada biasanya memiliki Fungsi sebagai Berikut :

Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan

1. Posisi koordinat kapal.


Kapal perikanan walaupun homogen homogen masih kecil tetapi pemanfaatan GPS ada yang sebagian telah menggunakannya. Dan penggunaannya kadang pada gunakan dalam memilih posisi lintang serta bujur suatu kapal.


2. Haluan Kapal.


Haluan kapal sangat absolut buat pada lakukan oleh kapal perikanan. Lantaran sifat menurut kapal perikanan yang mencari wilayah penangkapan ikan atau fishing ground maka haluan bisa di pakai untuk menghemat ketika serta bahan bakar kapal perikanan.


3. Kecepatan ( Speed ).


Selain Haluan, penggunaan GPS jua buat mengetahui kecepatan kapal. Kapal perikanan yang senantiasa mengejar gerombolan ikan dan fishing ground maka kecepatan menjadi hal Yang perlu supaya buruan atau tangkapan ikan tidak bubar atau melarikan diri sebelum akan pada tangkap.

4. Waktu ( time )


Waktu jua sangat penting mengingat penggunaan bahan bakar harus selalu di kontrol serta di catat agar kejadian kehabisan bahan bakar pada tengah bahari tidaklah terjadi.

Begitu pentingnya GPS maka perlu di adakan sosialisasi dan sosialisasi penggunaan GPS lebih mendalam supaya nelayan Indonesia sanggup lebih sedikit maju.


Comments