NASIB NELAYAN DAN KESAKTIAN PANCASILA

Nasib Nelayan Dan Kesaktian Pancasila - Setiap lepas 1 Oktober rakyat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila menggunakan diadakannya upacara di banyak sekali instansi pemerintah. 

NASIB NELAYAN DAN KESAKTIAN PANCASILA


Kesaktian Pancasila semestinya nir diartikan menjadi cerita heroik saja, melainkan pandangan serta nilai-nilai yang masih ada pada Pancasila sanggup ditransformasikan sang komponen bangsa pada berkehidupan kebangsaan dan bernegara.

Nelayan adalah salah satu komponen yg poly pada Indonesia. Sedikitnya 56 juta orang terlibat dalam kegiatan perikanan. Aktivitas ini mulai dari penangkapan, pengolahan, hingga pemasaran output tangkapan. 

Dalam sila kelima pancasila berbunyi keadilan social bagi semua warga Indonesia tetapi dalam realitanya keadilan yang dirasakan nelayan belum menyeluruh. Untuk sesama nelayan tingkat pendapatannya pula sangat tidak sama. 

Dari statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan lebih kurang 98,7 % berdasarkan total nelayan Indonesia yang sebanyak dua,7 juta nelayan Indonesia didominasi berukuran di bawah 30 gros ton (GT), yakni 630.000 unit. 

Adapun kapal ikan besar di atas 30 GT hanya 5.329 unit.rata-homogen pendapatan nelayan pada asumsikan Rp 28,08 juta PER tahun atau lebih kecil ketimbang pembudidaya ikan di kisaran Rp 32 juta-Rp 34 juta PER tahun. 

Sistem bagi hasil pendapatan antara pemilik kapal serta nelayan yang menempatkan buruh nelayan pada posisi tawar rendah membuat mereka terjerat rantai utang terhadap tengkulak ataupun pemilik modal.

Indonesia Sebagai negara maritim yg mempunyai yg mempunyai luas perairan mencapai tiga,25 juta kilometer persegi atau 63 persen dari daerah Indonesia, saatnya sektor perikanan menjadi urat nadi kedaulatan pangan.

Kedaulatan pangan yang tak sekadar berporos dalam pemenuhan pangan semesta negeri, namun jua menyejahterakan para pelakunya. Nelayan berhak memperoleh kesejahteraan dan kehidupan layak. 

Nelayan tidak selamanya miskin, namun wajib bisa berkembang tingkat hidupnya serta mempunyai ketrampilan memasak ikan,dan menaikkan nilai tambah dari perikanan tangkap. 


Setiap hari kita bisa melihat bagaimana kementrian kelautan serta perikanan menenggelamkan kapal asing dan melarang kapal asing buat beroperasi. Seharusnya sumber daya ikan kita sanggup meningkat serta kenapa produksi tangkapan kita malah turun

Selain menurut masalah pendapatan nelayan,syarat infratruktur didaerah – wilayah sentra nelayan kondisi pun sangat memperhatikan. Jalan – jalan yang dipakai menjadi akses distribusi ikan masih poly yang rusak bahkan belum beraspal, 


Kurang optimalnya Tempat pelelangan ikan, dan taraf pendidikan yg masih rendah. Belum lagi nelayan nelayan kita pada luar negeri bagaimana nasib serta kesejahteraan mereka pada sana kita juga nir sahih benar mengetahuinya

Saatnya kebijakan pemerintah buat proteksi serta pemberdayaan nelayan diarahkan sepenuhnya untuk menaikkan kesejahteraan pelaku kedaulatan pangan itu. Dan saatnya kesaktian pancasila mulai bisa dirasakan sang para nelayan kita.

Nasib Nelayan Dan Kesaktian Pancasila

Comments