MUSHAF TERBESAR DI DUNIA

Mushaf Al Qur'an terbesar ternyata ada di Afghanistan. Penulisnya, Muhammad Shobir al Khudory Al Khattat dengan dibantu sang 9 orang muridnya, telah menghabiskan saat 5 tahun buat menuliskannya. Beliau ingin pertanda, bahwa kekayaan budaya Afghanistan belum habis walaupun didera peperangan yg berkepanjangan.

Julukan Mushaf terbesar ini dianggap sang Kementrian Urusan Agama dan Haji Afghanistan, mengingat mushaf ini adalah satu satunya yg berbobot 500 Kg. 
Sebagaimana yang dilaporkan Reuters, mushaf ini terdiri atas 218 kertas ukuran  panjang 2,28 meter dan lebar 1.55 meter. Kain epilog adalah kulit kambing yang dihias menggunakan relief . Biaya pembuatannya mencapai 500.000 USD.   Tulisan yang digunakan adalah tulisan naskhi diramu dengan jenis jenis kaligrafi yang lain.
Baca jua : Sejarah serta tokoh kaligrafi naskhi

Pembuatannya mushaf ini terselesaikan dalam tahun 2009. Namun baru dipublikasikan pada tahun 2012, sehabis rampung pembuatan sampul serta ruangan penyimpanannya. Kini mushaf tersebut berada pada Pusat Kebudayaan Afghanistan.




Sumber : //www.darmm.com/
//ara.reuters.com/article/entertainmentNews/
//www.draw-art.com

Comments