MOTIVASIMOTIVASI BELANJA KONSUMEN
Motivasi Belanja Konsumen
Motivasi dapat digambarkan sebagai tenaga pendorong dalam diri individuyang memaksa mereka buat bertindak (Schiffman serta Kanuk, 2008:72). Tenagapendorong tadi dihasilkan sang keadaan tertekan, yang muncul sebagai akibatkebutuhan yang nir terpenuhi. Individu secara sadar maupun tidak sadarberjuang buat mengurangi ketegangan tadi melalui perilaku yg merekaharapkan akan memenuhi kebutuhan mereka dan dengan demikian akanmembebaskan mereka berdasarkan tekanan yg mereka rasakan.
Tujuan eksklusif yangmereka pilih dan pola tindakan yg mereka lakukan untuk mencapai tujuantersebut merupakan output pemikiran dan proses belanjar inidividu (Schiffman danKanuk, 2008:72). Gambar di bawah ini menyajikan contoh proses motivasikonsumen khususnya dalam berbelanja:
Sumber: Schiffman serta Kanuk (2008)
Gambar Model Proses Motivasi
Gambar pada atas menggambarkan bahwa motivasi menjadi keadaantertekan karena dorongan kebutuhan yg “membuat” individu melakukanperilaku yang menurut anggapannya akan memuaskan kebutuhan serta dengandemikian akan mengurangi ketegangan. Tujuan spesifik yang ingin dicapaikonsumen dan rangkaian tindakan yang mereka ambil buat pencapaian suatu tujuan, dipilih atas dasar proses berpikir (kesadaran) dan proses belajarsebelumnya.banyak faktor yang memotivasi konsumen buat pulang berbelanja.
Motivasi konsumen pada berbelanja memberikan donasi positif terhadapkonsumen buat melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Berikut inidipaparkan motivasi belanja konsumen berdasarkan beberapa ahli:
1. Motivasi Belanja Menurut Jin serta Kim (2003)
Jin serta Kim pada penelitiannya yang dilakukan terhadap konsumenpembeli toko diskon pada Korea menemukan tiga motif belanja konsumen.
Ke tigamotif belanja tersebut adalah Jin serta Kim (2003:406):
a. Diversion/Pengalihan. Manusia mempunyai kegiatan yang bersifat rutindimana aktivitas atau kegiatan tadi dilakukan secara berkelanjutandengan metode yang sama setiap hari. Perilaku yg terus-menerus tersebutmenyebabkan orang merasa jenuh dan menginginkan sebuah perubahandalam kegiatan kesehariannya. Hal ini yang menyebabkan orang inginkeluar berdasarkan rutinitas sehari-hari menggunakan suatu hal yg tidak selaras sepertipergi berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan (mall).
b. Socialization/Sosialisasi. Social shopping yaitu suatu bentuk kegiatanbelanja buat mencari kesenangan yg dilakukan beserta menggunakan temanatau famili menggunakan tujuan buat berinterkasi dengan orang lain. Sebagaimakhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia mebutuhkaninteraksi dengan orang lain termasuk pada aktivitas berbelanja mereka.tujuan dari bersosialisasi diantaranya merupakan: konsumen bisa mengetahuiinformasi yg herbi aktivitas belanja mereka.
c. Utilitarian/Manfaat. Dalam aktivitas belanja, konsumen memiliki suatumotivasi yg hampir sama antar satu konsumen menggunakan konsumen yanglainnya. Motivasi tersebut merupakan buat mendapatkan manfaat berdasarkan kegiatan belanja tersebut. Manfaat dari kegiatan belanja tersebut antaralain merupakan memperoleh barang yg diperlukan, memperoleh harga yangmurah, memperoleh barang yg baik, memperoleh kenaikan pangkat penjualan danlain sebagainya.
2. Motivasi Belanja Hedonis Menurut Arnold serta Reynolds (2003)
Salah satu faktor motivasi konsumen pada berbelanja berdasarkan Arnolddan Reynolds (2003) merupakan motivasi hedonis. Motivasi hedonis berdasarkan Arnolddan Reynolds (2003:77) mencerminkan instrumen yang menyajikan secaralangsung manfaat menurut suatu pengalaman dalam melakukan pembelanjaan, misalnya:kesenangan, hal-hal baru.
Faktor atau elemen pada motivasi hedonis menurutArnold dan Reynolds (2003:80) terdiri berdasarkan:
a. Adventure shopping. Adventure shopping yaitu suatu bentuk eksperimendalam konteks petualangan belanja sebagai bentuk pengeksperianseseorang dalam berbelanja.B. Social shopping. Social shopping yaitu suatu bentuk aktivitas belanjauntuk mencari kesenangan yg dilakukan bersama dengan sahabat ataukeluarga dengan tujuan buat berinterkasi menggunakan orang lain.
c. Gratification shopping. Gratification shopping merupakan suatu bentukkegiatan belanja di mana keterlibatan seorang pada berbelanjadilakukan menggunakan tujuan buat menghilangkan stres sebagai alternatifuntukmenghilangkan mood negatif dan kegiatan berbelanja digunakanuntuk memperbaiki mental.
d. Idea shopping. Idea shopping merupakan suatu bentuk aktivitas belanjayang digunakan buat mengetahui tred modern sebagai contooh padaproduk-produk fashion dan buat mengetahui produk baru dan inovasisuatu produk.
e. Role shopping. Role shopping adalah suatu bentuk kegiatan belanjauntuk mmeperoleh produk yang terbaik bagi diri sendiri juga bagiorang lain.
f. Value shopping. Value shopping, adalah suatu kegiatan berbelanjayang disebabkan buat memperoleh nilai (value) seperti yg diakibatkankarena adanya discount, kenaikan pangkat penjualan dan lain sebagainya.
Comments
Post a Comment