MODIFIKASI DRIVER POWER AMPLIFIER 150 WATT BIAR LEBIH MANTAP


Pertama kali aku mengenal global elektronik khususnya mengenaik power amplifier, driver power 150 watt jadi kebanggan aku ketika itu. Komponen dalam power tadi tidak serumit driver power di atas 150 watt. Hingga sekarang ini masih poly yg memakainya, baik buat power pada ruangan maupun buat sound system luar ruangan.

Agar suaranya lebih mantab driver ini wajib pada modifikasi dahulu, apabila belum pada lakukan modifikasi tentunya bunyi tidak akan memuaskan, tapi itu tergantung kemantaban kita sih, tapi caranya modif tidak sembarang modif lho ya, terdapat target yang wajib di modifikasi, mulai dari input sampai output. Jadi simak dulu cara upgrade nya.

Memodifikasi bagian input driver power

Langkah modifikasi pada bagian input ini tujuannya supaya frekuwensi audio yg masuk los, dantidak kasar, biasanya bagian inilah yang mengakibatkan input nir aporisma, buat modifnya hanya membutuhkan elko dua.dua mikro farad, bagaimana cara modifnya? Simak penerangan aku :-copot kapasitor 104 bagian input dan gantilah dengan elko 2.dua mikro, jika kapasitor tadi sudah di ganti maka suaranya nir akan bengep alias suaranya masukan dari input akan los,

Memodifikasi  bagian tengah driver power

Modif bagian tengah inilah yang relatif yang harus banyak pada rubah, pemodifan ini wajib sangat jeli karena setiap merk driver sanggup saja penempatan atau letak komponennya berbeda-beda. Caranya seperti ini:

1. Copot bagian pelawan 33k (bukan menurut speaker) ganti menggunakan penahan 5k6, hal ini akan berpengaruh terhadap sinyal yg masuk serta bunyi akan lebih mantab apabila resistor ini di ganti.
2. Ganti semua dioda zener menggunakan dioda 1 ampere, hal ini akan berpengaruh terhadap bias basis TIP,
3. Lepas seluruh transistor yang ukuran a733, ganti dengan transistor BD140, Ini pula berpengaruh terhadap frekuwensi input sebagai lebih akbar.
4. Selnjutnya lepas transistor D400 ganti menggunakan transistor BD139,Semua transistor sudah pada rubah.
5.tahap terakhir di bagian hambatan speaker, resistor 330 ohm pada ganti dengan pelawan 100 ohm 2watt, dan hambatan kapur 0.lima pada ganti 0.22.
6. Ganti transistor finalnya dengan yg asli, lantaran transistor yang asli punya daya watt, tegangan serta keluaran yang telah niscaya.


Bila langkah diatas sudah selesai, selanjutnya tinggal mencobanya dengan trafo 10A. Lihat sendiri hasilnya niscaya mantap...

selamat bereksperimen ya...

Comments