MINYAK KELAPA LEBIH SEHAT UNTUK MENGGORENG JANGAN LANGSUNG PERCAYA INI PENJELASANNYA

Jika ada yang mengatakan bahwa minyak kelapa lebih sehat bila digunakan untuk menggoreng, ssbaiknya Anda jangan pribadi percaya. Kenapa?

Pasalnya dibanding lard dan mentega kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa jauh lebih tinggi, yakni mencapai 86 %. Sedangkan kandungan lemak pada lard merupakan 39 persen serta mentega merupakan 51 persen.
Spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya dr Diana F Suganda MKes SpGK mengungkapkan minyak kelapa bukan cara lain minyak yang lebih sehat lantaran mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi. Apabila dipanaskan (buat memasak), maka kandungan lemaknya jadi lebih jenuh lagi.
Lantas, apa ruginya mengonsumsi mengandung lemak jenuh tinggi?
Efeknya tentu saja menciptakan kadar LDL pada darah jadi lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan gangguan kesehatan yg sangat serius, misalnya penyakit jantung serta penymbatan darah pada otak atau stroke.
Lalu, apa saja tanda-tanda LDL tinggi?
Gejalanya bisa bermacam-macam, mulai berdasarkan perubahan fisik hingga rasa sakit yang sangat. Antara lain, perubahan pada kuku, perubahan pada kulit kaki serta nyeri pada kaki, diare, mangkat rasa sampai lesu serta sakit kepala sebelah.

Lantas apa yg harus dilakukan agar beragam kuliner gorengan yang kita bundar jadi lebih sehat dikonsumsi?
Ternyata Diana menyarankan agar waktu menggoreng kita harus sahih-benar membatasi jumlah minyak yang digunakan. Pasalnya proses menggoreng menggunakan menggunakan banyak minyak akan menambah kandungan kalori pada makanan jadi jauh lebih tinggi.

"Misal, paha ayam mentah 100 gr utuh itu 100-150 kalori, bila direbus kalorinya sama, begitu digoreng, tambah 150 kalori per satu gorengan," terang Diana.
Alternatif lain!
Alternatif lain buat menyiasati supaya makanan gorengan jauh lebih sehat buat dikonsumsi merupakan dengan menggunakan alat air fryer saat menggoreng. Tetapi apabila ingin terhindar gari risiko minyak kelapa, hal yang wajib Anda lakukan adalah sama sekali nir menggunakannya. Caranya adalah menggunakan menggunakan teflon (wajan anti-lengket) buat menggoreng.
"Tanpa minyak lebih mengagumkan," tandas Diana.
Proses Perjalanan Lemak ( Kolesterol ) Didalam Tubuh Kita.

Sumber: BBC, Halosehat, Youtube

Comments