MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA

MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA - Jika diperhatikan, sebenarnya terdapat banyak jenis budidaya yang memiliki nilai irit. Salah satu jenis budidaya yg memiliki nilai irit yang tinggi adalah budidaya cacing sutra. Tampaknya jenis budidaya ini memang aneh. 

Bahkan banyak yg menduga bahwa cacing yg satu ini tidak terlalu menguntungkan. 


Namun sebenarnya cacing ini sangat berguna terutama menjadi pakan beberapa jenis  larva ikan. Karena itulah nir mengherankan jika terdapat poly orang yg mencari-cari cacing sutra.
Untuk membudidayakan cacing sutra, tentunya calon pembudidaya pula wajib mengetahui cara ternak cacing sutra menggunakan sahih. 

Sebenarnya cara memelihara cacing sutra tidaklah sulit. Yang diharapkan hanya tempat yg relatif buat menempatkan cacing sutra serta bahan organik yang biasa dipakai sang cacing sutra. 


MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA

Bahan organik yg biasa dipakai buat membudidayakan cacing rambut merupakan adonan antara kotoran ayam, dedak dan lumpur. Menemukan bahan-bahan organik tersebut jua sangat mudah.

Mengenal Cacing Sutera


Cacing sutra (Tubifex sp), menurut Gusrina (2008) memiliki klasifikasi sebagai berikut :
  • Filum: Annelida
  • Kelas: Oligochaeta
  • Ordo: Haplotaxida
  • Family: Tubifisidae
  • Genus: Tubifex
  • Spesies        : Tubifex sp.

Cacing sutra  meruipakan organisme air tawar yg  memiliki bentuk serta ukuran yang kecil serta ramping dengan panjangnya 1,5-2,lima cm, sepintas tampak misalnya koloni merah yg melambai-lambai lantaran rona tubuhnya kemerah-merahan, sehingga sering juga dianggap menggunakan si Rambut Emas Merah. 

Cacing ini adalah galat satu jenis benthos yg hayati di dasar perairan tawar daerah tropis dan subtropis, tubuhnya beruas-ruas dan mempunyai saluran pencernaan, termasuk grup Nematoda. 

Cacing sutera hidup diperairan tawar yg jernih dan sedikit mengalir. Dasar perairan yang disukai merupakan berlumpur dan mengandung bahan organik. Makanan utamanya adalah bagian-bagian organik yang telah terurai dan mengendap pada dasar perairan tadi.


Sifat Cacing Sutera
  • Menyukai kegelapan serta sensitif terhadap sinar
  • Mempunyai 2 kelamin, tetapi nir mampu membuahi diri sendiri
  • Kanibal 
  • Apabila stress atau tidak nyaman, cacing sutra akan menggerombol
Mengapa Cacing Sutera Perlu Dibudidayakan?

- Cacing sutra adalah suatu kebutuhan pokok bagi larva ikan, semua pemijah ikan dalam umumnya telah tahu kalau pakan alami larva ikan merupakan cacing sutra, sangat mengagumkan buat pengembangan larva ikan, sehingga ikan sehat dan aman, karena jika kebanyakan memasukkan cacing sutra kedalam kolah, airnya tidak terkontaminasi.

- Harga mahal serta barangnya kadang langka, Pada ketika tertentu terutama musim hujan, cacing sutra di alam langka dikarenakan terhanyut sang banjir, ad interim indukan lele trend bertelur, 

sehingga terjadi kekurangan pakan alami, hal tadi penyebab mahalnya harga cacing sutra. Dengan adanya budidaya cacing sutra ini mengurangi kelangkaan pakan alami .

- Mencegah virus atau bakteri pantogen masuk kekolam pembenihan, 

Dengan adanya budidaya, virus patogen berdasarkan alam nir akan masuk kedalam kolam, lantaran cacing budidaya lebih steril daripada cacing sutra menurut alam

Pakan budidaya cacing sutra murah, Pakan cacing sangat gampang dihasilkan serta murah harganya. Hampir seluruh bahan yang makanan yg mampu dimakan oleh insan apabila busuk bisa dijadikan kuliner cacing susah, 

misalnya nasi basi, sayur-sayuran busuk, ampas tahu, ampas ketela pohon, roti kadaluarsa, susu kadaluarsa, dll . Atau sanggup mengumpulkan sisa kuliner dari warung makan disekitar anda.
Modal mini output lumayan, Untuk pembuatan wahana serta prasrana budidaya cacing sutra, sangat gampang serta murah, sedangkan tempat yang dibutuhkan buat budidaya nir memerlukan loka yang luas, bahkan loka yang sempit sekalipun .

Dengan keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa kapital pakan yang diperlukan budidaya cacing sutra sangat murah dan gampang didapat . Sehingga biaya produksi lebih lecil, maka laba lebih akbar .

Semoga Bermanfaat...

Comments