MENGENAL LISTRIK STATIS DAN PENGERTIAN LISTRIK STATIS

Listrik statis pada bahasa indonesia, Di jelaskan pada wikipedia bahwa Pengertian Listrik statis merupakan ketidak seimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik.
Sebuah muatan listrik statis dibuat setiap kali 2 bagian atas terhubung dan terpisah, serta setidaknya keliru satu permukaan mempunyai resistensi yg tinggi terhadap arus listrik (serta karena itu merupakan isolator listrik). Efek listrik statis yg akrab bagi kebanyakan orang karena orang bisa mencicipi, mendengar, serta bahkan melihat percikan menjadi kelebihan muatan dinetralkan ketika dibawa dekat menggunakan konduktor listrik yang akbar (contohnya, dialirkan ke tanah (ground).
Pengertian Listrik Statis Lainnya di sebutkan Listrik statis merupakan suatu kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis), tapi jika terjadi pengosongan muatan akan memakan waktu yang cukup singkat. Definisi listrik statis yg lainnya yaitu suatu fenomena kelistrikan yg dimana muatan listriknya tidak bergerak dan umumnya masih ada pada benda yang bermuatan listrik.
Dapat dikatakan pula listrik statis ada karena adanya fenomena fisika dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis dapat ditimbulkan oleh dua benda yang memiliki muatan listrik berbeda.
Kedua Pengertian Listrik statis di atas merupakan sama hanya teoi listrik statis nya sedikit berbeda satu sama lain. Namun keduanya sudah menjadi gambaran listrik statis yang tepat dan lengkap. sebelum melanjutkan Pengertian Listrik Statis dan Contoh Listrik Statis, sedikit aku jelaskan mengenai proton dan elektron.
Apakah proton serta elektron itu? Proton merupakan muatan listik positif sedangkan elektron merupakan muatan listrik negatif. Sedangkan benda yang memiliki muatan positif serta negatifnya sama disebut dengan benda netral. Dalam ilmu listrik terdapat beberapa benda yg mempunyai muatan positif serta muatan negatif. Benda disebut bermuatan positif bila benda tadi mempunyai jumlah proton lebih poly daripada jumlah elektorn, serta benda diklaim bermuatan negatif jika benda tadi memiliki jumlah elektorn lebih banyak daripada jumlah proton.
Contoh peristiwa timbulnya listrik statis dapat dilihat dari penggaris plastik yg digosok-gosokanan pada rambut kering, kemudian di dekatkan dalam kertas yang telah dirobek mini -mini maka kertas tadi akan tertarik oleh penggaris jadi seolah-olah penggaris seperti magnet yg dapat menarik benda, padahal itu adalah teori praktikum terciptanya listrik statis. Serpihan kertas yang asalnya bermuatan netral akan terinduksi dampak tertarik muatan negatif yg terdapat pada penggaris.
Contoh Lain peristiwa listrik statis

Adapun beberapa contoh lain dari listrik tidak aktif yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari merupakan:
  1. Yang pertama, ketika kita menyisir rambut maka tanpa kita sadari terkadang rambut kita akan terbawa berdiri sendiri siring menggunakan gerakan sisir. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya interaksi muatan antara sisir dengan rambut kita.
  2. Yang ketiga, kain sutra yang digoso-gosok pada btg kaca. Pada insiden ini benda tersebut akan bereaksi saling tarik-menarik. Kenapa mampu seperti itu? Sehabis keduanya saling digosok-gosokan akan terjadi loncatan elektron dari batang kaca ke kain sutera sebagai akibatnya menyebabkan batang kaca bermuatan positif sedangkan kain sutera bermuatan negatif, hal ini hampir sama misalnya pada penggaris yg digosok-gosokan dalam rambut.
  3. Yang keempat, penggaris plastik yg digosok-gosokan pada kain woll. Kedua benda tadi umumnya mempunyai muatan netral, akan tetapi waktu keduanya digosok-gosokan akan terjadi loncatan elektron yg dari menurut kain woll ke penggaris plastik dan penggaris plastik menjadi bermuatan negatif sedangkan kain woll menjadi bermuatan positif.
  4. Yang kelima, Ketika mendekatkan tangan ke layar TV yg baru dimatikan. Pada peristiwa ini bila pada perhatikan bulu-bulu atau rambut yang terdapat pada tangan akan berdiri, hal seperti itu diakibatkan lantaran adanya listrik tidak aktif.
Demikian Pengertian Listrik Statis dan Contoh Listrik Statis, mungkin kita telah sering mendengar istilah listrik statis baik disekolah juga dilingkungan sekitar, mungkin jua hanya sebagian orang yg memahami apa itu yg dimaksud menggunakan listrik statis. Tujuan artikel ini ditulis hanya untuk pembelajaran semata sekaligus menaruh sedikit pemahaman atau penjelasan yg belum mengetahui mengenai listrik tidak aktif

Comments