MENGENAL INPUT DAN OUTPUT UNIT MCB

MCB (Miniature Circuit Breaker) - Assalamualikum para tekhnisi listrik beberapa waktu lalu ada yg menanyakan "kenapa jumper (incoming) mcb dari bawah kenapa nir dari atas?" sang karena itu aku akan menjelaskan mengenai input (incoming) mcb serta output (outgoing) mcb. Mungkin terdapat para instalatir listrik yang bingung mana input serta yang mana output mcb yang benar.
Pada setiap unit mcb umum nya sudah pada beri petunjuk berupa simbol mcb & toggle switch dengan tanda angka 1 menjadi incoming serta angka dua menjadi outgoing, namun hanya sedikit elektrikal yg membaca symbol mcb tadi. Padahal symbol pada mcb tersebut adalah petunjuk cara penggunaan/ pemasangan mcb tadi. Mungkin anda sudah sering melihat rangkaian mcb pada box/ panel listrik serta beberapa rangkaian menggunakan alat jumper mcb (Busbar) di bagian atas mcm serta beberapa rangkaian lain menjumper mcb dari posisi bawah. Sekarang mari kita kenali Input serta Output unit MCB yang sebenarnya.
Seperti yang saya jelaskan tadi setiap pabrikan memberi buku petunjuk penggunaan alat yang di produksi nya begitu juga dengan mcb namun petunjuk penggunaan mcb hanya berupa simbol saja, maka jika anda ingin tau mana yang benar input serta output mcb atas atau bawah ikuti saja simbol mcb tersebut sebab ia adalah produksi pabrikan ikuti lah petunjuk pabrikan karena mereka yang memproduksi mcb serta tentu itu benar.
Namun bukan berarti mereka yang menjumper mcb dari bawah itu salah, karena mereka adalah elektrikal yang memiliki ilmu listrik serta pengalaman. Meski mcb di jumper dari bawah hingga symbol angka 2 pada mcb menjadi input serta angka 1 menjadi output itu sama sekali tidak mempengaruhi kinerja maupun fungsi mcb tersebut. ia akan tetap berfungsi sesuai pada kaedah nya.
Baca Juga:
Cara Memasang ELCB (Earth Leakaque Circuit Breaker)
Cara Merakit MCB Pada Box/ Panel
Sebagai perbandingan coba perhatikan pemasangan mcb pada kwh meter 1 pasa, umumnya akan terbalik dari simbol mcb/ petunjuk pabrikan mcb tersebut. jika kamu pernah mengerjakan tugas PLN maka kamu tidak akan pusing lagi Mengenal Input serta Output Unit MCB.

Petunjuk Cara Memasang MCB
  1. Lihat diagram gambar pemasangan mcb di bawah ini menjadi panduan instalasi mcb (miniature circuit breaker).
  2. Catatan: Artikel ini hanya untuk menentukan input (incoming) serta output (outgoing) mcb single pole saja, jika anda sedang memasang ELCB, RCCB serta MCCB sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan ELCB, RCCB serta MCCB tersebut. Lihat simbol atau buku petunjuk yang ada untuk menghindari kesalahan pemasangan.

Comments