MENGENAL IKAN HIAS ARWANA BANJAR RED

Pada tulisan kali ini berkaitan menggunakan Ikan Hias Jenis Arwana Banjar Red, bukan karena penulis  pula berasal dari Banjar Kalimantan selatan, tetapi memang lantaran penulis sangat menyukai jenis ikan ini. Para Hobbis mengenal beberapa jenis Arwana yang dipercaya memiliki nilai estetika dan nilai jual yang tinggi. Salah satu jenis arwana ini merupakan Arwana Banjar Red/ Red Banjar. Ikan Arwana jenis ini termasuk ke pada arwana yg mempunyai jenis rona merah yg kelas dua (pada bawah super Red). Namun walaupun demikian bagi para hobbis, arwana ini jenis ini permanen mempunyai daya tarik, pesona serta karakteristik khasnya sendiri yg selalu menciptakan jatuh hati para hobbis. Sehingga para hobis masih permanen memburu arwana jenis ini buat menambah koleksinya. Warna merah dalam arwana Red Banjar ini memang nir mencolok namun sedikit mempunyai dasar kehijauan dan kekuning-kuningan menggunakan sisik yg berbentuk tapal kuda menggunakan dominasi rona merah belia pada sisik sekujur tubuhnya.

Jenis arwana banjar red termasuk arwana yg mempunyai penampilan sangat baik serta menarik. Memiliki sirip yg berkilau kuning relatif kehijauan pula warna merah kekuningan dalam siripnya menjadikan ikan jenis ini poly diburu para hobiis. Ikan ini bernama siluk sirip merah di wilayah asalnya yaitu Kalimantan Barat tepatnya pada sungai Kapuas Hulu, Pontianak. Ikan ini diklaim oleh naga sirip merah jika memiliki sisik yang tersusun rapi pada bagian punggungnya serta ukurannya sama besar .


Banjar red yang masih berusia muda, dengan ukuran 10 - 15 centimeter terlihat sangat seperti menggunakan dengan arwana super red belia. Warna sirip, dayung jua badannya hampir sama menggunakan arwana super red. Tetapi sesudah Arwana mencapai ukuran 15-20 cm dalam biasanya sudah terjadi mutasi serta perubahan warnanya, untuk super red rona merah semkin mencolok, sedang Banjar red warna merah semakin kalam menggunakan ekor yang terlihat berwana orange. Pada bagian tubuh red banjar tidak memiliki ring seperti ikan arwana super red umumnya. 

Demikian mengenai arwana Banjar Red, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Comments