MENGENAL HARI NELAYAN INDONESIA DAN SEJARAHNYA


MENGENAL HARI NELAYAN INDONESIA - profesi nelayan.sebagai Negara kepulauan sudah seharusnya sektor kelautan serta perikanan menjadi penyangga utama kehidupan pada indonesia. Negara sekaya serta seluas laut Indonesia maka nelayan merupakan salah satu mata pencaharian yg mempunyai kontribusi besar , 


Baca Juga ; Kemiskinan Penyakit Kronis  Nelayan


Baik secara kuantitas jumlah mauapun secara pendapatan. Yang menjadi persoalaan merupakan dimana nasib nelayan yang saat ini kurang di minati sang generasi muda karena kesejahteraan dan kurang menjanjikannya

MENGENAL HARI NELAYAN INDONESIA

Negara seharusnya lebih hadir kepada nelayan karena kontribusi mata rantai ekonomi yg begitu besar terjadi di sektor nelayan dan perikana. Terkait dalam mata rantai rangkaian ekonomi menggunakan melibatkan rakyat poly. 

maka negara menaruh suatu peringatan hari nelayan Sebagai penghargaan atas jasa jasa para nelayan. 

Negara pada hal ini Pemerintah tetapkan lepas 6 April menjadi Hari Nelayan Nasional. Namun, peringatan Hari Nelayan sporadis dirayakan secara masif layaknya hari akbar nasional lainnya semisal Hari Buruh. 

Hari nelayan tidak sekedar hanya bentuk eksistensi tanpa ada rasa mempunyai baik itu berdasarkan nelayan sendiri. Kebanyakan nelayan pula tidak menyadari bahwa pada lepas 1 april adalah hari yg perlu untuk pada peringati. 

Pamor hari nelayan masih kalah dengan peringatan sedekah bahari atau peringatan peringatan di wilayah lokal nelayan sendiri.

Kurang meriahnya peringatan hari nelayan yg kalah menggunakan hari buruh atau yg lainnya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tadi antara lain :

- Minimnya pengetahuan rakyat akan adanya Hari Nelayan Nasional 

Kurangnya pengenalan dan rasa memiliki disinyalir sebagai galat satu sebab mengapa hal itu bisa terjadi. Bahkan para nelayan sendiri sebagian besar masih umum dengan Hari Nelayan Nasional. 

Peringatan Hari Nelayan sekarang lebih dimaknai dalam aspek historisnya, ketimbang keberlanjutan eksistensinya sebagai pemasok protein atau output laut dan asal tumbuh-kembangnya pengetahuan kebaharian. 


Sebenarnya dalam era pemerintahan kini dimana tekad buat menjadikan negara indonesia menjadi negara maritim maka pondasi yang pas buat mewujudkan nya melalui peringatan hari nelayan nasional.

Menilik data aktual menurut Kementeriaan Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan bahwa sudah terjadi pertumbuhan negatif jumlah nelayan tangkap dalam periode 2004-2008, sebagai akibatnya kini hanya menyisakan kurang berdasarkan dua,8 juta saja. 

Baca Juga ; Kesaktian Pancasila Dan Kesahteraan Nelayan


Bila Dihitung serta dikalkulasi jumlah nelayan berkurang lebih jauh  output tadi berdasarkan data dalam rentang ketika tersebut maka akan didapat hasil statistik bahwa homogen-rata setiap tahun Indonesia kehilangan 31.000 nelayan atau homogen-rata 116 nelayan setiap hari. 


Bahkan pada data terakhir lebih memperihatinkan karena banyaknya dampak pada larangnya beberapa indera tangkap. 


Sedangkan indera tangkap tadi inilah yg berakibat nelayan dalam ketika ini masih eksis. 


seperti hanya indera tangkap cantrang dan arad yang pada akhir akhir mulai akan pada larang bukan tidak mungkin jumlah nelayan akan berkurang drastis. 


Seperti hanya pada jawa tengah yangh memiliki lebih kurang lebih kurang 5000 nelayan arad, pada Banten kurang lebih ada 800 nelayan arad, di jawa barat ada kurang lebih 2000 nelayan arad lantas adakah jaminan bahwa kesemuanya akan terus melaut.
Miris serta Sungguh ironis membaca data yg dirilis sang KKP tersebut. Melihat kehidupan sosial menurut nelayan yang masih terjerat sang tengkulak pun semakin banyak. 

Nelayan yg bertaruh nyawa sedangkan para tengkulak setiap harinya harus memeras keringat serta usaha para nelayan. 


Nelayan dipaksa buat terus menjual hasil tangkapannya kepada si tengkulak. Padahal dengan potensi sumber daya ikan yang melimpah dan negara Indonesia pula adalah negara maritim yang mana 2 per 3 berdasarkan seluruh wilayahnya dipenuhi hamparan bahari yang begitu luas. 


Baca Juga ; Nelayan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN


Lantas semboyan poros maritim serta negara maritim hanya menjadi seremonial belaka atau hanya sebagai suatu kebanggaan yang tanpa ada rasa memiliki. 

Semoga ke depan Harapannya Pemerintah lebih memperhatikan nasib nelayan buat bisa terus bersaing dan membuahkan nelayan menjadi profesi yg menjanjikan. Jangan sampai bangsa Indonesia yang lautnya kaya namun nelayannya dari negara luar. 

Jangan sampai Indonesia yg asal daya CARA FLEXInya besar suatu saat nanti mengimpor ikan berdasarkan negara lain hanya lantaran telah nir terdapat lagi warga negaranya yg berminat menjadi nelayan. 



Selamat Hari Nelayan Nasional!

Comments