MENGENAL BERBAGAI JENIS KIPAS ANGIN

Terdapat beberapa Jenis Kipas Angin yang sering dipakai pada tempat tinggal , misalnya Kipas Angin Meja (Desk Fan), Kipas Angin Duduk (Floor Fan), Kipas angin Berdiri (Standing Fan), Kipas Angin dinding (Wall Fan), Kipas Angin Langit-langit (Ceiling Fan), Kipas Angin Ventilasi (Exhaust fan), Kipas Angin Mini Portabel, serta berbagai jenis Kipas angin lainnya.
Kipas Angin adalah suatu alat-alat yg bisa menghembuskan angin menggunakan cara perputaran baling-baling yg digerakkan oleh suatu motor penggerak (tenaga listrik).
Secara umum terdapat beberapa fungsi Kipas Angin, diantaranya:
  • Untuk menghembuskan udara (angin) yang lebih dingin
  • Untuk menyegarkan udara
  • Untuk Mengeluarkan atau membuang udara berdasarkan suatu ruangan (Ventilasi)
  • Untuk mengeringkan

Mengingat fungsi berdasarkan Kipas angin yang beraneka ragam, Tak heran kita dapat menjumpai banyak sekali jenis kipas angin yg dijual dipasaran.
Kipas angin juga bisa kita temui di pasaran pada aneka macam jenis, ukuran, contoh serta kapasitas, selain itu Kipas Angin pula mempunyai banyak sekali jenis dipandang dari bentuk dan loka pemasangannya.

Mengenal Beberapa Jenis Kipas Angin


1. Kipas Angin Meja (Desk and table Fan)
Kipas Angin Meja (Desk Fan / Table Fan) merupakan Kipas Angin berukuran kecil yg biasa diletakkan diatas meja, dan bisa dipindah-pindahkan (Portable) sesuai kebutuhan anda.
2. Kipas Angin Duduk (Floor Fan)
Kipas Angin duduk (Floor Fan) adalah Kipas angin yg mempunyai ukuran lebih besar dibanding Kipas angin meja (Desk Fan / Table Fan), dan penggunaannya biasa diletakkan diatas lantai, oleh karena itu kipas angin duduk biasa juga diklaim dengan Floor Fan.
Kipas Angin duduk mempunyai bentuk yang nir terlalu tinggi dan nir dilengkapi penyangga seperti yg biasa terdapat dalam kipas angin berdiri (Standing Fan), dengan bentuk yang praktis serta dapat dipindah-pindah (Portabel) membuahkan kipas angin ini poly digunakan.
3. Kipas Angin berdiri (Standing Fan)
Seperti namanya Kipas Angin ini penggunaannya dipasang berdiri pada atas lantai, Kipas Angin ini dilengkapi menggunakan tiang penyangga buat menopang Kipas Angin tadi.
Kipas Angin jenis ini dapat diatur ketinggiannya sesuai menggunakan kebutuhan, serta kipas angin ini jua bisa dipindah-pindahkan (Portabel).
4. Kipas Angin dinding (Wall Fan)
Kipas Angin dinding (Wall fan) adalah jenis Kipas angin yg memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama dengan kipas duduk, namun kelebihan menurut kipas angin dinding merupakan bisa dipakai menggunakan cara ditempel atau digantung di dinding.
Karena penggunaan kipas angin ini bisa dipasang di dinding, sebagai akibatnya lebih simpel serta nir menyebabkan ruangan menjadi sempit (irit tempat), dan banyak yg lebih menentukan penggunaan kipas angin ini dibanding kipas angin meja atau kipas angin duduk.
Kipas Angin ini masih tergolong Portabel (bisa dipindah-pindah), meski pemasangannya harus tetap terpasang dalam dinding.
5. Kipas Angin Langit-langit (Ceiling Fan)
Kipas angin Langit-langit (Ceiling Fan) merupakan jenis Kipas angin yg memiliki konstruksi yang berbeda dibanding kipas angin lainnya.
Kipas angin ini biasanya mempunyai baling-baling yg lebih akbar serta terbuka (Tanpa epilog), sehingga angin yg didapatkan lebih bertenaga serta menyebar.
Kipas Angin ini terpasang pada satu tempat yaitu pada langit-langit ruangan, dan nir bisa dipindah-pindah (nir portabel), sebagai akibatnya umumnya kipas angin ini terpasang pada langit-langit suatu ruangan yang berukuran cukup luas.
6. Kipas Angin Multi-fungsi
Seperti namanya Kipas angin ini mempunyai banyak sekali fungsi serta cara pemasangan, dapat dipasang di dinding, di letakkan pada lantai menggunakan penyangga atau diletakkan tanpa penyangga atau di dudukkan.
Kipas angin jenis ini adalah penggabungan antara Kipas angin duduk (Floor Fan), Kipas angin berdiri (Standing Fan) dan kipas angin dinding (Wall Fan).
7. Kipas Angin kecil Portable
Seiring menggunakan aneka macam kebutuhan penggunaan kipas angin, belakangan ini mulai poly dijumpai dipasaran jenis kipas angin mini portabel.
Kipas angin jenis ini memakai listrik menurut batere yg bisa di isi ulang (Re-charging), sehingga lebih ekonomis listrik.
Kipas angin jenis ini dipakai buat perorangan, dengan berukuran mini serta dapat dibawa kemana-mana.
8. Exhaust Fan
Exhaust Fan merupakan jenis kipas angin yang terpasang di pada tembok atau dinding, dan memiliki 2 fungsi, buat menghembuskan udara berdasarkan dalam ruangan keluar, atau sebaliknya buat menghembuskan udara luar ke dalam, sehingga kipas angin ini umumnya dilengkapi dengan dua arah putaran.
9. Air Cooler
Air Cooler seringkali diklaim menggunakan istilah AC Portabel, lantaran kipas angin jenis Air cooler ini mempunyai output hembusan angin yg cukup dingin hampir menyerupai AC, serta memiliki kelebihan yakni Kipas angin Air cooler bisa dipindah-pindah (portabel).
Hembusan angin yg dihasilkan Air Cooler lebih sejuk apabila dibandingkan dengan kipas angin lainnya, lantaran Air cooler dilengkapi dengan Tabung yg dapat diisi menggunakan air dingin, serta waktu kipas angin Air cooler dinyalakan akan menghembuskan angin bercampur dengan semburan air dingin dari tabung tadi.
Semoga berguna!
CARA FLEXI

Comments