MENGENAL ALAT ALAT KALIGRAFI 1 ALAT ALAT POTONG

Melihat karya kaligrafi mengagumkan, terkadang membuat kita bertanya, nulisnya pake alat apa sih...? Belinya dimana..? Waah..itu pasti pulpen spesial ya..?.
Seolah olah alat indera itulah yg paling menentukan terhadap output karya kaligrafi. Padahal ada banyak faktor. Antara lain kemahiran oleh kaligrafer. Tapi bagusnya indera kaligrafi memang sangat membantu. Menulis menggunakan pena jelek dan pena mengagumkan hasilnya akan tidak selaras.
Maka tidak terdapat salahnya jikalau kini kita akan mengintip sedikit, mengenai peralatan kaligrafi yang selama ini digunakan oleh para master. Kita akan mengenal indera indera kaligrafi, yg akan aku bagi bagi dalam beberapa postingan Insya Allah.
Kaligrafi memerlukan beberapa alat bantu. Ada indera indera baku, terdapat pula alat indera yang mencapai taraf advance serta berharga mahal. Yang mana yang telah kamu miliki....? Semua alat ini diciptakan untuk memudahkan seseorang kaligrafer dalam menumpahkan perasaan seninya, serta berkarya. 

Alat indera ini mungkin mampu kamu dapatkan secara perdeo pada alam. Atau engkau dapatkan pada sembarang toko kitab . Tapi banyak jua indera indera khusus yang hanya sanggup kamu beli disupplier supplier spesifik kaligrafi.

Postingan kali ini, akan menyajikan balik artikel menarik menurut calligraphyqalam.com dan beberapa situs lain mengenai beberapa alat kaligrafi yang telah dipakai oleh kaligrafer zaman dahulu serta sekarang. Pada bagian ini kita akan melongok beberapa indera bantu kaligrafi berupa indera pangkas, pisau, tatakan, gunting serta lain lain
Berikut ini indera indera tersebut :



Tatakan buat memotong pena. Disebut maqath atau miqath atau maqtha'. 
Terbuat menurut bahan keras (plastik, kayu, cangkang)
Ditengahnya diberi amplas.




Maqath biasa, tanpa tambahan amplas. Dijual sang supplier As-Shoqr




Gambar maqath kayu serta plastik dan pisau potong spesifik kaligrafi.
Pisau ini mini , tajam dan kuat menggunakan punggung agak tebal.
Cutter yg terdapat sekarang juga cukup baik untuk dipakai.




Memotong pena bambu dengan maqath





Beberapa maqtha' Turki peninggalan masa lalu



Maqtha' / maqath berukir latif peninggalan kuno



maqath peninggalan kuno, sepertinya dibuat dari batu marmer



Pisau spesifik kaligrafi peninggalan kuno




Gunting, digunakan buat memotong mata bambu apabila nir ingin memakai maqath




Cara memotong pena yg benar

Demikianlah sosialisasi kita terhadap beberapa alat-alat pendukung kaligrafi, berupa alat indera potong. Kita lanjutkan dibagian ke 2 menggunakan alat indera tulisnya (pena). Terima kasih, gampang mudahan berguna.




Artikel mengenai Alat Alat Bantu Kaligrafi ini, ditulis balik sang blog CARA FLEXI menggunakan memperhatikan poly asal, antara lain yg disebutkan berikut ini sebagai asal primer : 


Comments