MENGATUR DAN MENGGUNAKAN TOUCH ID PEMINDAI SIDIK JARI IPHONE

Selama bertahun-tahun, keamanan iPhone menetapkan passcode dasar serta menggunakan Find my iPhone untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri. Dengan diperkenalkannya iOS 7 serta iPhone 5S, Apple mengambil keamanan ke tingkat yang baru, berkat penambahan sensor pemindai identitas sidik jari Touch ID.
Touch ID dibangun ke tombol Home serta memungkinkan kamu untuk membuka kunci perangkat iOS kamu hanya dengan menekan jari kamu ke tombol. Lebih hebatnya lagi, jika kamu telah menyiapkan Touch ID, kamu tidak perlu lagi mengetik ulang kata sandi kamu untuk setiap pembelian pada iTunes Store atau App Store; yang kamu butuhkan hanya tinggal scan sidik jari kamu. Baca terus untuk mengetahui cara mengatur serta menggunakan Touch ID.

Intro Mengatur Touch ID

Untuk memulai, engkau perlu memastikan perangkat kamu mempunyai fitur Touch ID. Sampai akhir 2017, fitur ini tersedia bila engkau menjalankan iOS 7 atau lebih tinggi pada:
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 6S
  • iPhone SE
  • iPhone 6 Plus
  • iphone 6
  • iPhone 5S
  • iPad Pro (baik 12,9 "dan 9,7")
  • iPad Air 2
  • iPad mini 4
  • iPad Mini 3

Ko nir terdapat iPhone X? Nah, pada model ini Tidak terdapat Touch ID. Lantaran telah digantikan dengan fitur pemindai wajah buat memastikan engkau pemiliknya... Engkau pasti menebaknya: Face ID.
Dengan asumsi perangkat engkau ada pada list diatas, silahkan ikuti langkah berikut:
  1. Ketuk aplikasi Settings pada home screen kamu
  2. Tekan General
  3. Tekan Touch ID & Passcode. Jika engkau sudah mengatur passcode, masukkan kini . Jika tidak, kamu akan melanjutkan ke layar berikutnya
  4. Tekan Fingerprints (langkah ini akan dilewatkan pada iOS 7.1 ke atas)
  5. Pada bagian Fingerprints lebih kurang 1/2 layar, ketuk Add a fingerprint.

Pindai Sidik Jari Kamu dengan Touch ID

Pada bagian ini, perangkat engkau akan meminta kamu buat memindai sidik jari kamu. Untuk mendapatkan scan yg baik dari sidik jari engkau , lakukan hal berikut:
  • Pilih jari engkau yg ingin dipindai. Hal ini tergantung pada kebiasaan engkau ketika memegang perangkat engkau , mungkin wajar buat memakai mak jari atau telunjuk telebih dahulu (kemudian engkau bisa menambahkan jari lainnya)
  • Letakkan jari engkau secara perlahan ke tombol Home, jangan sampai kamu menekan tombol lantaran hal itu akan membatalkan pemindaian kamu
  • Bila perangkat bergetar, angkat jari kamu dari scanner Touch ID serta tekan ke bawah lagi secara perlahan
  • Ulangi proses ini, setiap kali menempatkan jari kamu ke pemindai dengan cara yang sedikit berbeda atau dari sudut yang sedikit berbeda. Semakin menyelesaikan scan sidik jari kamu, kamu akan semakin fleksibilitasi saat kamu memegang jari kamu ketika menggunakan Touch ID nanti. Garis merah pada sidik jari pada layar mewakili kemajuan kamu
  • Ketika scan utama selesai, kamu akan diminta untuk memindai tepi jari kamu. Ulangi proses yang sama seperti sebelumnya, menggunakan sisi, atas, serta sisi lain dari jari kamu untuk mendapatkan scan terbaik.

Ketika pemindaian terselesaikan, kamu akan secara otomatis pindah ke langkah berikutnya.

Konfigurasi Touch ID untuk Digunakan

Setelah selesai memindai sidik jari kamu, engkau akan dibawa ke layar pengaturan Touch ID. Di sana, engkau bisa melakukan hal-hal berikut:
iPhone Unlock - Pindahkan slider ini (akan memiliki judul yang berbeda dalam setiap versi berdasarkan iOS) buat On/hijau buat mengaktifkan membuka kunci iPhone engkau dengan Touch ID
Apple Pay - Pindahkan slider ini ke on/hijau supaya menggunakan sidik jari buat mengotorisasi pembelian Apel Pay (hanya hadir pada perangkat yg mendukung Apel Pay)
iTunes & App Store - Ketika slider ini  on/hijau, kamu dapat menggunakan sidik jari untuk memasukkan password kamu saat membeli dari iTunes Store serta aplikasi App Store pada perangkat kamu. Kamu tidak perlu lagi untuk mengetik password!
Change fingerprint name - Secara default, sidik jari engkau akan diberi nama jari 1, jari dua, dll kamu dapat membarui nama-nama ini jika engkau menginginkannya. Untuk melakukan itu, tekan sidik jari yg namanya ingin kamu ubah, tekan X untuk menghapus nama saat ini serta ketik nama baru. Setelah selesai, ketuk Done.
Delete a Fingerprint - Ada dua cara untuk menghapus sidik jari. kamu dapat menggesek dari kanan ke kiri pada sidik jari serta tekan tombol Delete atau tekan sidik jari serta kemudian tekan Delete Fingerprint.
Add a Fingerprint - Ketuk Add a Fingerprint dan ikuti proses yg sama yang dipakai dalam Langkah 2. Kamu dapat memiliki sampai 5 jari yg dipindai.
Cara Menggunakan Touch ID
Setelah kamu menyiapkan Touch ID, buat menggunakannya sangatlah gampang.
Membuka kunci iPhone
Untuk membuka kunci (unlocking) iPhone engkau memakai sidik jari, tekan tombol Home dengan salah satu jari kamu yang sudah dipindai. Tinggalkan jari kamu pada tombol tanpa menekan lagi serta kamu akan langsung berada pada home screen dalam waktu singkat.
Membuat Pembelian
Menggunakan sidik jari menjadi password untuk melakukan pembelian, menggunakan iTunes Store atau App Store sama seperti pada aplikasi biasa. Ketika kamu mengetuk tombol Pembelian, Download, atau Install, sebuah jendela baru akan muncul menanyakan apakah kamu ingin memasukkan password kamu atau menggunakan Touch ID. letakan salah satu jari kamu yang sudah dipindai secara perlahan pada tombol Home (jangan pada klik!) maka password kamu akan masuk serta download akan terus berlanjut.

Comments