MENGATASI TV CACAT VERTICAL

Sebenarnya bagaimana cara mengatasi kerusakan TV dalam bagian vertikal telah aku jelaskan pada tutorial sebelumnya. Namun kali ini saya akan mejelaskan lebih rinci mengenai kerusakan ini. Apa sih fungsi rangkaian vertikal TV..., rangkaian bagian vertical dalam TV Tabung/CRT berfungsi buat mendrive defleksi/yoke bagian vertical didalam membengkokkan/menarik gambar TV ke atas serta ke bawah. Tidak bekerja atau kurang paripurna nya rangkaian bagian vertikal mengakibatkan kurang paripurna atau cacatnya tampilan pada layar televisi. Kerusakan-kerusakan bagian ini sangat majemuk, beberapa kerusakan misalnya ini yang seing saya temui adalah:
Gambar hanya ada satu garis horizontal saja

Gambar di layar TV hanya terlihat Segaris mendatar/ horisontal biasa disebabkan karena nir bekerjanya rangkaian bagian vertical sebagai akibatnya defleksi bagian vertikal nir bisa membengkokkan/menarik gambar ke atas serta ke bawah. Hal ini yang mengakibatkan tampilan hanya segaris horizontal seperti ini:


Tidak bekerjanya rangkaian dalam bagian vertical di sebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Rusaknya IC vertical
Rusaknya Ic Vertical selain mengakibatkan tampilan segaris horizontal kadang pula tampilan pada layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil pada layar bahkan dalam beberapa masalah Rusaknya Ic Vertical mengakibatkan mati total/protek.

Retaknya patrian timah pada kaki-kaki IC vertical
Hal ini disebabkan Ic Vertical menghasilkan panas yang tidak mengecewakan sangat panas sekali, sebagai akibatnya menyebabkan longgar/retaknya timah solderan. Solusinya Solder ulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yg rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yang menghasilkan panas yang berlebih.

Jalurnya terdapat yg putus
Mungkin karena retak atau lantaran korosi yang mengikis jalur jalur pada pcb. Perhatikan alur alur yang menghubungkan jika terjadi hal demikian jumper sebagai akibatnya jalur tersambung lagi.

Tidak adanya catu daya/suply ke ic vertical
Mungkin lantaran dioda rusak lantaran bocor juga putus, mungkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti jika tegangan catu daya Ic Vertical belum terdapat karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.

Tidak masuknya tegangan osilator vertical
Hal ini mungkin ditimbulkan karena hambatan nilainya berubah/melar menurut Ic crhoma ke ic vertical. Coba cek dan ganti bila komponen tadi rusak.
Rusaknya condensator ceramic mini mungkin putus atau bocor.

Rusaknya ic crhoma
Kemungkinan lainnya lagi yang mengakibatkan layar tv hanya segaris horizontal merupakan rusaknya Ic Crhoma yg menjadi osilator veical.

Selain kerusakan cacat vertical yang mengakibatkan gambar hanya segaris horizontal biasanya akan muncul lagi gejala lain seperti:

Munculnya garis-garis putih di bagian atas layar

Di bagian atas layar ada garis-garis putih semacam ini ditimbulkan kurang sempurnanya kinerja rangkaian bagian Vertical yg mengakibatkan kurang sempurnanya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:

Rusaknya elcho. Hal ini terjadi lantaran Ic Vertical sangat panas sebagai akibatnya elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical sebagai kering cairan elektrolit-nya. Ganti elco-elco pada dekat Ic/pendingin Ic Vertical menggunakan yg baru.

Putus/melarnya penahan. Rusaknya hambatan yang herbi bagian Vertical. Ganti jika memang ada hambatan yg putus maupun melar.

Kerusakan lain yg umumnya muncul karena TV cacat vertical merupakan:

Gambar melipat bagian atas dan bawah
Kerusakan ini acapkali terjadi karena tidak sempurnanya tegangan pada bagian Vertical. Coba ganti elco-elco bagian vertical dan cek pelawan barangkali melar sebagai lebih akbar kendala menurut yg semestinya, meski hal ini sporadis sekali terjadi.

Gambar kurang penuh atas serta bawah
Hal ini mampu pada sebabkan karena:
  • Rusaknya elco-elconya. Ganti menggunakan Elco baru
  • Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti menggunakan resistor yg sinkron sehingga lebarnya pas nir terlalu sempit maupun terlalu lebar.
  • Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.
Sekian penerangan saya mengenai bagaimana cara Mengatasi TV Cacat Vertical. Semoga tutorial tadi bermanfaat buat anda.

Terima kasih.

Comments