MENGATASI KERUSAKAN KIPAS ANGIN


Bagi kalian yang masih umum atau pemula menggunakan dunia elektronika apalagi telah menyangkut urusan listrik, kalian sudah tepat sudah mengunjungi blog serta artikel saya, karena disini saya akan manjabarkan tentang kelistrikan. Listrik ada 2 bagian yaitu tegangan  AC serta Dc, Tegangan AC adalah arus bolak balik menurut sumber arus listrik PLN yg memiliki tegangan 110 v hingga dengan 220 v yg pada gunakan di rumahan, di indonesia homogen rata telah menggunakan 220 v. Sedangkan tegangan DC atau arus searah, yang mana umumnya terdapat pada rangkaian elektronika yg terdapat dirumah semisal, Tv, Kipas angin, radio, stereo set, dvd player serta sebagainya.tegangan dalam arus DC menurut yang paling rendah 1,5v, 3v, 6v, 9v, 13v, 13,8v, 19v,24v, 35v  dan seterusnya  tergantung dari rangkaian.

Tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana caranya memperbaiki kerusakan kipas angin.
Pada kipas angin salah satu komponen yang paling penting merupakan Dinamo kipas. Dinamo sendiri berfungsi sebagai pengubah atau mengatur arus bolak balik menurut kumparan menjadi arus searah. Menggunakan istilah lain Dinamo mengganti tenaga listrik menjadi tenaga putar. 

Setelah kalian paham tidak perlu bingung serta pusing apabila disuruh memperbaiki peralatan elektronika yang rusak milik sendiri. Pada dasarnya hampir semua peralatan listrik bisa pada perbaiki sendiri asalkan kalian punya keahlian khusus buat bongkar pasang alat-alat tadi. Yang penting sabar serta sedikit hati-hati. Kali ini aku akan coba bahas trik ringan yg sering terjadi yaitu kipas angin matot akan tetapi masi berdengung. Cara memperbaiki kipas angin yg mangkat atau tidak mau berputar / matot alias mangkat total. Mati total disini adalah memang nir terdapat respon sama sekali waktu kipas angin tadi dihidupkan, atau acapkali sekali terjadi waktu kipas angin dihidupkan ternyata terdapat respon akan tetapi cuma berdengung.

Berikut cara memperbaiki kipas angin matot serta cara perbaikannya :
1. Pertama lepas kabel stop kontak supaya kita lebih leluasa buat proses pemugaran dan tentunya kita tidak perlu was-was akan tegangan tinggi.
2. Cek kabel panel / stop hubungan kipas angin.
Kabel panel merupakan penghubung utama antara alat-alat listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yg paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel atau terputusnya kabel pada bagian eksklusif yg nir mampu terdeteksi kecuali jika kita robek. Biasanya tak jarang terjadi lantaran ada pembengkokan dalam kabel tadi.

3. Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin. Bila Kabel power masih pada syarat indah, inspeksi berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang acapkali terjadi dalam komponen ini adalah titik hubungan yang sudah bengkok atau los / aus sebagai akibatnya saat saklarnya pada tekan akan pulang lagi. Cek menggunakan multitster.

Cek bagian Koneksi kabel antara kabel kecepatan / bagian yg menempel pada sakalar dengan kabel yg menuju listrik langsung ( kebanyakan berwarna hitam atau putih ).

Jika kipas angin belum pernah dibongkar, dalam panel bagian Saklar speed / kecepatan akan terlihat 4 butir kabel yang asal berdasarkan trafo kumparan atau motor kipas angin. Tiga kabel buat jalur pengatur kecepatan kipas angin serta 1 kabel buat jalur menuju sumber arus listrik. Sedangkan buat kipas angin yang hanya dua speed kabelnya hanya terdapat 3 butir yaitu dua buah untuk pengatur kecepatan serta 1 butir untuk menuju jalur asal arus listrik PLN. Kabel tersebut wajib memberitahuakn interaksi eksklusif waktu diukur menggunakan multitester. Cara pengetesannya adalah potong terlebih dahulu tiap kabel tadi menurut sambungan dalam saklar, Sebaiknya pangkas dibagian tengah kabel izin gampang menyambungnya jika sobat tidak punya solder. Atur posisikan saklar multitester pada X1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam dalam kabel yg berasal menurut dinamo kipas angin tersebut secara bergantian. Jika kumparan kipas angin pada syarat mengagumkan maka jarum multiester akan beranjak kekanan menerangkan koneksi. Apabila terdapat salah satu kabel yg dikukr ternyata nir terhubung, itu menandakan ada kerusakan pada bagian kumparan. Yang paling acapkali terjadi adalah dalam bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik ( rona putih atau hitam ). Jika ini yg terjadi kemungkinan yg putus adalah Thermofuse ( bentuknya kecil misalnya pelawan ) seringkali diklaim sekering panas. Posisinya tertutup bungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power pribadi. Apabila tidak kemungkinan kawat kumparan kipas angin terdapat yang putus di bagian tengah. Nah apabila 100% kerusakan bagian kumparan trafo, ini bagian sulit yang nir bisa diperbaiki sendiri harus dibawah keagen layanan servis sesuai brand kipas angin sobat, untuk diperbaiki atau diganti. Terkecuali sobat jua punya keahlian khusus buat menngulung spul atau kumparan.

4. Cek kapasitor kipas angin.kejadian yang tak jarang banyak dialami merupakan Kipas Angin berputar lambat, syarat begini mengindikasikan Kapasitor yang mulai melemah, rusak bahkan tewas. Ukuran Kapasitor dalam Kipas Angin bervariasi antara 400V /1,8 uf sampai 400V / dua,lima uf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu serta terletak dibagian belakang tutup kipas angin.untuk pengecekannya rada cukup lihat syarat, apabila seperti melembung / membengkak / pecah dipastikan cuma kapasitor ini yang rusak, lepaskan kemudian beli pada toko yg jual spare part elektro harganya murah kurang lebih Rp.4500 Rp.sd 10.000, ganti menggunakan yg baru.


Sebagai tambahan:
Kemarin ada pertanyaan dari sobat CARA FLEXI, kira-kira seperti ini:
" Permisi om... Aku cephi mau tanya saya punya 2kipas angin 1 jenis nempel diatap plafon,dua model celling fan plus timer speed 4tombol 0,1,2,3
1. Kipas angin ke1 speed rusak jadi pribadi ke power,kabel masuk cuma terdapat 4 kabel hitam, merah, putih serta kuning strip hijau.
(Saat ini, Kabel terpakai hanya tiga, kabel hitam langsung kepower,merah serta putih aku gabung ke power,kuning strip hijau tidak saya pakai.)
2. Kipas ke2 kebalikan kipas ke1 yaitu bagian kepala rusak semua jadi saya potong tinggal kabel ke tombol dua speed, timer dan power.
kabel power coklat dan biru)
- coklat ke speed 0,
- biru ke timer,
- abu2 speed 1,
- orange speed dua,
- merah speed 3
Keluar 4 kabel biru,orange,abu2 dan merah.
Pertanyaannya :
Gimana caranya aku gunakan speed kipas ke2 buat kipas ke1?"
Disini saya menangkap gambaran pertanyaan di atas bahwa speed kipas ke 2 lebih poly dibandingkan speed kipas ke 1.
Nah...buat detail lihat gambar pada bawah ini:

Keterangan:
Saya nir menyertakan warna kabel dalam gambar di atas lantaran kabel kipas yg satu dengan yang lain sanggup saja tidak selaras warna kabelnya.
Seperti gambar pada atas, pada panel/tombol punya tiga speed sedangkan dinamo hanya terdapat 2 speed, otomatis pada panel yang di gunakan hanya no.1 serta no.2, sedangkan no.3 tidak dipakai.
Kebanyakan sobat yang masih umum sering kebingungan buat menyambungkan keduanya/modifikasi. Saran aku teliti dan bandingkan dulu seluruh jalur kabel di kedua kipas sebelum akhirnya di pangkas atau dilepas.
Hati-hati:
Jangan menyambungkan kabel speed dari spul/dinamo menjadi satu, lantaran spul sanggup kebakar nantinya. Lilitan yg terdapat pada pada dinamo punya putaran yang tidak selaras yaitu pelan, sedang dan cepat (tiga speed). Itulah kenapa tidak boleh pada jadikan satu lantaran putarannya akan jadi berantakan.
Demikian tips serta trik cara memperbaiki kipas angin yg meninggal total ( matot ). Semoga berguna bagi sobat seluruh dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog serta artikel aku .
Selamat bekerja serta somoga berhasil.

Comments