MENCEGAH KECELAKAAN DI PERLINTASAN KERETA API

Membangun jembatan penyeberangan pada setiap perlintasan Kereta buat mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan Kereta.
Entah sudah berapa poly peristiwa kecelakaan yg terjadi pada jalur perlintasan Kereta Api, baik itu kecelakaan yang menimpa kendaraan Mobil, Truk, Bus, Sepeda motor, atau pejalan kaki.

Penyebab Kecelakaan di Perlintasan Kereta
Penyebab kecelakaan yang terjadi pada perlintasan Kereta barah tadi jua beraneka ragam, diantaranya:
  • Masinis Kereta api yg nir menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan benar
  • Penjaga Palang perlintasan yang lalai, ketiduran, sehingga tidak menjalankan tugasnya dengan baik
  • Pengendara yang masih saja nekat menerobos, meski palang sudah memberi tanda akan melintasnya kereta barah di jalur tadi.
  • Tidak adanya Palang pintu perlintasan kereta.
  • Palang perlintasan kereta yg rusak, sebagai akibatnya tidak berfungsi buat menutup meski kereta akan melintas.
  • Sistem komunikasi yang terganggu.
  • Rem kendaraan atau Kereta yang Blong.
  • Dan aneka macam penyebab lainnya.

Selain beberapa penyebab yg kita sebutkan diatas, penyebab yang kurang wajar pula acapkali dianggap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pada jalur perlintasan kereta, seperti:
  • Banyak kejadian mesin tunggangan tewas secara tiba-datang waktu melintasi Rel kereta, serta mengakibatkan kendaraan bertabrakan menggunakan kereta yang melintas
  • Ada pula yg menganggap mesin kendaraan mati datang-datang lantaran adanya induksi magnet di rel kereta.
  • Ada pula yang beranggapan penyebabnya merupakan hal-hal gaib, dan berbagai penyebab lainnya.

Namun, bagaimanapun pula kecelakaan yg terjadi sudah banyak memakan korban jiwa, dan mengapa hal ini tidak menerima perhatian khusus oleh pihak yang terkait.
Ironisnya, selalu saja kecelakaan yang terjadi bukanlah dicari penyebab utama serta solusinya, melainkan hanya mencari-cari kambing hitam, saling menyalahkan, selesainya itu insiden kecelakaan masih saja terjadi.
Pertanyaannya:
  • Apakah dengan memberi pertanda isyarat waktu kereta api melintas bisa mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta?
  • Apakah dengan memasang Palang pintu dapat mencegah terjadinya kecelakaan tersebut?
  • Apakah dengan menyediakan pos penjaga dan petugas pada setiap palang perlintasan kereta dapat mencegah kecelakaan yg sudah banyak memakan korban jiwa?
  • Apakah menggunakan memasang polisi tidur di jalan sebelum palang perlintasan dapat mengatasi kecelakaan tadi?
  • Apakah tidak ada solusi terbaik, selain banyak sekali cara-cara yg telah ada?

Solusi Mencegah terjadinya Kecelakaan di Perlintasan Kereta

Namun, pernahkah terpikir sang kita semua, bahwa sebenarnya terdapat satu cara yg lebih efektif buat mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta.
Dengan menghilangkan berbagai kemungkinan sumber penyebab kecelakaan, adalah cara yg efektif buat mencegah terjadinya kecelakaan, keliru satu cara tadi yaitu dengan Membangun jembatan penyeberangan di setiap perlintasan kereta api.

Membangun Jembatan penyeberangan
Jika pada setiap perlintasan kereta barah dibangun jembatan penyeberangan, yang dapat digunakan oleh pejalan kaki juga kendaraan yg melintas, dapat menjadi suatu cara yang efektif buat mencegah terjadinya kecelakaan tadi.
Dengan membangun jembatan penyeberangan pada setiap perlintasan kereta api, baik pejalan kaki juga kendaraan yg melintas tidak perlu lagi merasa was-was saat melintas, meski disaat yg bersamaan kereta barah juga melintas pada bawah jembatan tadi.
Tidak akan terdapat lagi yang disalahkan, tidak perlu lagi ada palang pintu kereta, nir perlu lagi ada petugas penjaga palang, serta sebagainya.
Lalu apakah hal ini nir pernah terpikir, baik sang pihak pemerintah, pihak penyedia Kereta, pihak lalu lintas jalan raya, atau pihak-pihak yang terkait lainnya?
Atau mungkin sudah pernah ada ide untuk membuat hal ini, namun terkendala perkara dana?
Apakah kecelakaan yg sudah memakan banyak korban jiwa bisa dinilai menggunakan uang?
Berapa akbar porto pembuatan jembatan penyeberangan tadi jika dibandingkan dengan harga satu jiwa insan?
Semoga seluruh pihak yg terkait bisa mempertimbangkan dan merogoh langkah nyata, guna mencegah terjadinya kecelakaan pada perlintasan kereta api, serta bukan hanya mencari penyebab namun lebih baik mencari solusi supaya banyak sekali kecelakaan yang terjadi pada perlintasan Kereta nir terjadi lagi pada masa yg akan datang, Semoga!
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments