MEMPERBAIKI WARNA TV YANG JADI MERAH


Memperbaiki Kerusakan TV Yang Warna Jadi Merah, bahkan kadang normal kadang jua kambuh berubah-rubah jadi kuning, unggu, biru atau hijau.  Yang paling tak jarang karena retak atau longgar timah Solderannya. Namun terdapat kalanya kerusakan begini karena Transistor(TR) warna Eror pada. Krusakan seperti ini yang sering saya jumpai ketika baru awal-awal belajar pernah bikin puyeng juga.

Kalau hanya lantaran pecah/longgar solderannya saja sih, paling pada solder ulang warna bakalan eksklusif pulih normal lagi. Tapi apabila kerusakan rona TV yg jadi merah ini lantaran error dalam transistor, pasti bakalan puyeng juga. Bagaimana tidak, lha wong transistor nggak kebakar atau rusaknya mampu dilihat secara kasat mata. Setelah pada solder ulang rona normal, di sangkanya telah normal TV pada tutup di rapikan, eh selang beberapa ketika  warna berubah lagi hingga sempat bingung mencari apa penyebabnya.
Baca jua : Memperbaiki Gambar TV Berwarna Merah Bergaris-garis

Saya nir terlalu hafal yang mana TR rona merah, biru atau yg lain. Yang jelas umumnya disitu terdapat 3 TR dengan angka seri yg sama misalnya dalam TV LG merupakan C3229. Pokoknya transistornya sama gitu. Lantaran rona TV ini sebagai dominan menggunakan rona eksklusif, merupakan salah satu rona terdapat yang hilang atau tidak paripurna. Untuk itu cobalah menukar Transistor yg satu dengan yang lain.misalnya buat TR warna biru ke transistor rona merah.  Lakukan itu hingga ditemukan transistor warna yang error.

"apabila memakai IC, maka harus eksklusif ganti baru, lantaran RGB sudah jadi satu"

Atau bila anda nir mau repot menggunakan itu, pribadi saja ganti ketiga transistor tadi dengan yg baru. Karena dari pengalaman yang aku jua pernah aku jumpai, saya hanya mengganti satu transistor wana yang error saja, namun yg 2 transistor lainnya tidak aku ganti. Memang kala itu telah normal, akan tetapi beberapa hari kemudian TV tadi pulang lagi dengan keluhan yg sama yaitu pada warnanya. Yang sebelumnya wananya hanya merah saja, kali ini keluhannya warna cuma biru. Langsung saya ganti saja seluruh TR rona sekaligus, berharap warna TV yang jadi merah atau biru ini tidak kambuh lagi. 

Hasilnya, sehabis sekian usang warna TV yg jadi merah atau biru tersebut sudah nir kambuh lagi. Bahkan hingga berbulan bulan berada di tangan pemiliknya.

Comments