MEMPERBAIKI TV POLYTRON MINIMAX 14 STANDBY TIDAK BISA START SAMA SEKALI

Tv polytron minimax standby - Polytron memang pembuat terbesar memproduksi tv crt. Maka tidak heran apabila tv menggunakan merek ini tersebar sangat banyak di pasaran. Oleh sebab itu kebanyakan servisnya di penguasaan oleh produk ini.


Kali ini saya mendapat servis tv polytron minimax berukuran 14' mengalami standby. Tidak sanggup start.

Kondisi dari tv ini sangat memperihatinkan. Karena sekian lama tidak dipakai. Part didalamnya mengalmi korosi. Sehingga sangat ristkan terhadap komponen pasif seperti pelawan serta kaki komponen yg lainya.

Pada saat pengukuran pertama kali, terukur pada b+115 v mengalami penurunan lebih kurang 60 Volt. Mencoba menstartkan tv namun nir ada respon tegangan sedikitpun.

Kemudian aku mencoba buat melepas transistor c6093. Pengukuran dalam tr tersebut nir terdapat pertanda kerusakan.

Tv coba aku startkan. Alhasil tv polytron ini mau start . Trukur b+ normal 115v. Tetapi beberapa ketika lalu tv balik standby.

Baca jua;memperbaiki tv polytron diva meninggal total 

Percobaan menyalakan secara berulang beberapa kali tanpa memasang tr horizontal dan defleksi Yoke. Sampai pada akhirnya tv mengalami kelainan yaitu flyback berbunyi berderik dan lampu berkedip. Bersmaan menggunakan itu terjadi pengedropan tegaangaan b+ 115 volt menjadi 20v saja. Ini menandakan bahwa kerusakan terjadi dalam flybac.

Sayang sekali no seri yg melekat pada flyback sudah hilang. Alhasil, saya searching di google. Lantaran tv minimax ini ternyata sudah menggunakan suplay vertikal menurut flyback yaitu 12-12+ maka ini mampu menggunakan flyback polytron apapun yang krusial kakinya sama.

Searching kesana kemari aku menemukan flyback dengan no seri jf 0501-19577 yang kakinya sama menggunakan yg tertera di pcb kaki flyback. Yaitu

C - B+115V - GND - NC - 185V - H - 25V - ABL - 12 - 12

PERSAMAAN  FCM 20B601N kaki sama.

Karena saya temukan di toko terdekat yang seri jf 050 maka berarti tidak mengganti kaki sama sekali. Flyback tadi umumnya digunakan buat tv ukuran 21' tetapi dipakai pada ukuran tv yg lebih mini nir jadi masalah.

Penggantian flyback dengan yang baru aku lakukan. Tv mau nyala sementara waktu kemudian standby. Berarty protek. Lantaran tegangan pada ketika start terukur normal. Langsung saja saya mengubah elco 1 uf di area vertikal.

Baca juga : servis TV polytron protek layar gelap pelangi

Tv kembali normal dan tidak standby lagi.

Sampai sekarang tv polytron minimax tanda-tanda standby tidak kambuh lagi meski komponen sebagian telah berkarat.

Semoga bermanfaat.

Comments