MEMPERBAIKI TV LG PEARL BLACK LAYAR MELENGKUNG KEDALAM/BULAT

Catatan kerusakan tv 29 inc lg slim pearl black dengan tanda-tanda layar melengkung kedalam atau bundar . Dengan prediksi bahwa ini kerusakan terjadi karena ic ew yg error.
IC EW menggunakan LF353N, FET K2961.
Memperbaiki tv dengan gejala layar melengkung bisa dibilang gampang susah lantaran saya dibentuk pusing. Terlebih dengan keterbatasan indera servis yg saya punya. Kali ini keterbatasan sparpart ic ew yang ternyata wajib pergi ke toko sparpart kurang lebih 60km. Penggantian ic ew telah saya lakukan eh ternyata hasilnya nihil. NASIB.
FET K 2961 saya coba ganti menurut mesin bekas menurut tv lg jua. Hasilnya pula masih sama.
Coba ukur b+ 120v anggap normal.
Apa lagi yang perlu dicek. Setelah mencari refrensi kesana-kemari saya menemukan sebuah kesimpulan mengenai capasitor yg masih ada dalam blog EW. Ada sebuah capasitor c407 ukuran 68n 630v kemungkinan ini adalah penyebabnya berdasarkan refrensi yang saya baca. Karena aku tidak mempunyai indera buat test capasitor yang umumnya menggunakan esr meter, akhirnya aku menggunakan ilmu spekulasi berasal ganti menggunakan ukuran yang sama.
Running tests, menjauh berdasarkan tv takut meledak lantaran capasitor bekas cabutan mesin bekas. Crakkk, tv menyala normal. Tess beberapa waktu tv masih normal. Ternyata konflik pada tv lg pearl black menggunakan gejala layar melengkung kedalam ditimbulkan lantaran capasitor berukuran 68 n 630v pada blog ew.
Semoga catatan ini menjadi surat keterangan jua buat rekan sekalian. Terimakasih!

Comments