MEMPERBAIKI TV LAYAR MENCIUT SAAT PANAS

Tv layar mengecil waktu sudah panas- Ini adalah sebuahkerusakan yg cukup membingungkan, karena ini terjadi dalam waktu eksklusif sajaatau pada ketika tv telah panas tv menjadi gelap satu garis horisontal. Ketika tvdimatikan beberapa ketika kemudian dinyalakan lagi tv normal balik . Dan ketikasudah panas begitu lagi. Kerusakan ini sering kali dialami oleh tv chhina serta sejenisnya.

Dulu mendapati kerusakan seperti ini tidak kelar pada satuhari. Karena setiap ganti komponen kita wajib tes lagi. Inilah yg membuatwaktu Pengerjaan yang lumayan lama . Berdasarkan pengalaman itulah aku akan menuliskanapa saja yg saya lakukan hingga perkara ini terselesaikan.

Awalnya saya menganggap ini hanyalah perkara solderan yg kendorsaja. Namun waktu disoldering ulang ternyata masih rusak.

Penggantian komponen Pertama aku mengganti seluruh elcoyang ada di are blog vertikal. Hasilnya masih permanen sama waktu panas gambarmenjadi ciut.

Kedua mengganti ic vetikal , hasilnya masih sama. tv gelap hanya terlihatsatu garishorisontal

Ketiga, mengubah beberapa resistor yg ada pada vertikaloutput, hasilnya masih sama.

Keempat. Saya bertanya pada beberapa rekan yang kebetulansudah berpengalaman mengatasi tv misalnya ini. Kata sahabat saya tadi beliau jugapernah mengalami hal tadi. Masalah tersebut disebabkan oleh dioda 1 adengan syarat 1/2 mangkat . Dioda tersebut terletak pada blok vertikal tehubunglangsung menggunakan kaki ic vertikal. Meski terlihat normal waktu diukur menggunakanohm meter, ternyata dioda tersebut mengalami kerusakan setengah tewas. Sehingga ketikasudah bekerja beberapa saat dioda tadi rusak.

Setelah penggantian dioda tersebut layar tv tidak menciutlagi ketika panas.

Semoga berguna!

Comments