MEMPERBAIKI TV LAMALAMA SIARAN HILANG


Pada masalah kali ini, saya kedatangan job servis tv 21" gak memahami merknya apa. Yang jelas TV ini punya tanda-tanda kerusakan Lama-Lama Siarannya Hilang, cuma terdapat semut doang. TV ini menggunakan dua IC yaitu IC chroma LA76810B dan IC acara LC863316A serta IC vertikal LA7840. Tadinya sih nyala tv masih normal dari segi gambar ataupun suaranya (istilah pemiliknya). Setelah saya coba nyalakan kira-kira kurang lebih 10 mnt, eh...ternyata benar, siaran tv tiba-tiba hilang, seperti bergeser yang ada cuma semut saja. Bahkan sampai aku search ulang channelnya masih tidak mengakibatkan hasil, malahan channelnya jadi hilang seluruh,. Waduuu...hhhh.

kemudian eksklusif saya lakukan pemeriksaan awal yaitu cek fisik komponen pada kurang lebih tuner dan IC chroma. Tapi saya nir mendapati komponen yg rusak. Lalu saya cek juga solderan komponen di area tersebut, masih nir menjadikan output alias sama saja.

Dari pengalaman aku sebelumnya jika hanya siarannya saja yg bermasalah, problem sebagian besar umumnya ada pada tuner,  trafo IF, x-tal 4433 dan IC chroma. Tapi penyebab siaran hilang lantaran rusaknya IC chroma sangat jarang terjadi.

Karena pemeriksaan pertama tersebut tidak membuahkan hasil maka saya lanjutkan ke termin berikutnya yaitu cek tuner. Setelah di cek semua tegangan terlihat masih normal serta nir terdapat perkara. Ok... Lanjut periksa trafo IF, aku coba ganti menggunakan nilai yg sama, masih jua nir ada hasilnya. Kelihatannya tv ini bandel juga nih, nir pula mau sembuh.

Tenang terdapat komponen yang belum di ganti nih yaitu komponen X-Tal 4433. Saya coba ganti serta cari di mesin tv bekas ternyata nemu jua seri yang sama. Lalu saya pasang serta berharap memang ini problemnya.


TV aku coba nyalakan kesekian kalinya, Jbreeet... TV pun nyala, 10 mnt berlalu, akan tetapi permanen aku nyalakan terus hingga hingga dua jam sembari memperbaiki TV lainnya. Lantaran pada ketika itu saya terdapat 3 TV yang belum pada perbaiki.

Setelah beberapa usang tv dinyalakan, siaran tv pun telah nir hilang lagi alias kondusif. Ya telah deh aku tutup casingnya dan aku telp pemiliknya suruh ngambil.

Alhamdulillah... Akhirnya sanggup gajian juga, tidak mengecewakan nih mumpung mau lebaran.

Comments