MEMPERBAIKI TV CINA PANEL DAN REMOTE TIDAK BERFUNGSI

Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi memang gampang-mudah susah. Bisa jadi sepele yaitu hanya tombol panel pada TV cina yang rusak. Atau yg lebih acapkali battery remot telah habis. Tapi mampu pula ditimbulkan karena komponen TV tadi telah rusak yang mengakibatkan terganggunya beberapa kinerja TV, misalnya sensor TV nir berfungsi. Hal ini biasa pada tandai menggunakan tidak berfungsinya tombol panel TV. Bahkan jika remote pada pencet-pencetpun nir ada hasilnya. 

Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan tombol panel dan remot TV nir berfungsi ini...?
Baca juga : Daftar Kode Remote Multi Dan Cara Setting

Kebetulan pengalaman ini aku bisa dua hari kemudian dengan keluhan TV seperti saya bilang diatas. TV cina ini 14" memakai dua IC yaitu chroma LA76810A, IC control LC863532C dan IC vertikal D78040 serta aremote pakai 54Z4.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memastikan kenapa tombol panel dan remot tidak berfungsi yaitu pada remot. Saya ganti bettery remot menggunakan battery remot TV yg masih berfungsi, hasilnya nihil, itu berarti remote masih OK.

Pengecekan berlanjut dalam tombol panel TV, tadinya saya kira paling cuma tombol ini yang yg sudah rusak. Tapi saya nir langsung merubahnya dengan yg baru, tapi aku coba hidupkan TV dan saya shortkan kaki tombol P+ dengan ground gunakan tespen. Ternyata hasilnya jua sama saja, TV masih belum mampu start serta led masih nyala merah.

Pemeriksaan saya lanjutkan dengan mengukur tegangan, terutama tegangan 5 volt, ternyata masih normal. Lalu aku ukur tegangan 5 volt mulai menurut yg masuk ke sensor, chroma dan IC controlnya, semua udah normal.

Waduh... Apanya nih, aku cancel dulu servisnya besok di lanjutin, karena telah cukup pusing pemugaran beberapa jam tidak berakibat output.

Keesokan harinya saya oprek-oprek lagi TV cina ini lagi, mumpung pikiran masih frees. Saya urut jalur sensor dan tombol panel, semua menuju ke IC control/program LC863532C. Karena kemarin sudah saya cek semua tegangan serta masih normal, tidak usah aku cek lagi.

Saya curiga sama IC control ini dan langsung saya ganti. Tapi IC control LC863532C aku nir punya. Kalau mau beli baru, belum tentu pula TV bisa normal lagi. 

Pantang menyerah... Eksklusif saya tanya eyang google persamaan IC ini berapa. Nah... Browsing sana-sini, akhirnya ketemu deh persamaan IC control LC863532C yaitu:

- LC863516C
- LC863520C
- LC863524C
- LC863528C
- LC863540C
- LC863548C

Kebetulan yang saya punya adalah seri LC863528C, itu juga saya bisa berdasarkan mesin TV cina yang sudah tidak kepakai. Langsung IC LC863528C saya pasang. Harap-harap cemas nih...

Kemudian TV cina saya coba hidupkan sekali lagi, jbreet... Lampu led eksklusif mampu nyala hijau dan mampu start menggunakan normal. Tombol panel serta remotepun pula sudah bisa berfungsi.

Alhamdulillah... Akhirnya sembuh pula TV cina ini dan mampu gajian juga, senangnyaaa.....!

Itu tersebut pengalaman saya Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi. Semoga tips pada atas mampu berguna.

Terima kasih.

Comments