MEMPERBAIKI GAMBAR TV HANYA ADA GARIS MENDATAR


Keluhan TV yg lampunya hidup tapi gambar hanya berupa garis mendatar saja pada tengah memang seringkali terjadi, terutama dalam TV cina. Jika pada TV hanya terdapat garis pada tengah saja atau garis mendatar, bisa jadi kerusakan ini terjadi lantaran ada kerusakan pada daerah vertical. Sepengetahuan aku kerusakan ini lebih tak jarang ditimbulkan oleh IC vertikal dan osilator yang rusak. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kerusakan garis mendatar ini ditimbulkan komponen lain yg rusak selain IC vertical serta osilator. Untuk mengetahui secara niscaya penyebab kerusakan garis mendatar ini, kita perlu melakukan beberapa inspeksi komponen baik secara fisik maupun dan non fisik.


Seperti yg saya jelaskan di atas bahwa gambar TV hanya berupa garis mendatar saja biasanya terdapat kerusakan komponen pada blok verticalnya. Untuk itu lakukan langkah pengecekan seperti berikut adalah:

periksa ic vertikal
Periksa solderan disetiap kaki IC serta komponen disekitarnya,umumnya terdapat solderan yang retak atau sudah longgar lantaran sering terkena panas serta PCB tv sudah berumur usang, apabila ada solderan yg retak, perbarui soldernya. Terutama pada IC vertical buat tv cina biasanya memakai 7840 atau 78040. Jangan lupa periksa tegangan yg masuk pada IC vertical 24 volt.

Periksa pula  komponen pendukung lain seperti elcho umumnya 470 uf/35v, 220uf/35v, 100uf/35v, diode dan pelawan dekat IC vertical. Tentunya pemeriksaan ini wajib dilakukan apabila IC vertical sudah dilakukan penggantian dengan yang baru masih nir berakibat output. Ukur tegangan yang ada pada yoke/deflesi, tegangan antara 12 -24 volt. Bila lebih dari itu ic vertical rusak, ganti aja.

Periksa Ic osilator
Coba solder ulang dalam kaki-kaki IC osilator, umumnya sudah kendor lantaran panas. Jumlah kaki IC osilator umumnya antara 64 sampai 84, buat tv cina sering menggunakan TA76810 atau TA76818. Jika masih tidak terdapat hasilnya, coba ukur arus yg masuk ke ic vertical menggunakan avometer. Tegangan harus ada 24 volt.apabila kurang dari itu sanggup jadi ic nya rusak serta harus pada ganti. Apabila nir terdapat tegangan sama sekali priksa asal tegangannya,mungkin hambatan atau diodanya rusak. Jika semua langkah diatas telah dilakukan tapi tetap saja gambar masih berupa garis mendatar saja, berarti ic osilatornya telah rusak dan wajib pada ganti.

Cukup sekian tips menurut saya buat Memperbaiki Gambar TV Hanya  Ada Garis Mendatar. Tentunya masih banyak lagi tips cara memperbaiki kerusakan TV yang akan saya update nanti. Untuk itu ikuti terus CARA FLEXI ya sobat. Terima kasih serta semoga berhasil.

Comments