MEMPERBAIKI GAMBAR TV BERWARNA MERAH BERGARISGARIS

Beberapa ketika lalu aku bisa servisan tv cina menggunakan keluhan gambar TV berwarna merah atau secara umum dikuasai merah desertai garis-garis miring horizontal. Bukan hanya itu saja, bahkan siarannya TVnya pula terlihat samar dan sangat tidak kentara meskipun antena sudah di pasang. Kata pemiliknya sih, telah dua hari lalu tanda-tanda misalnya ini muncul, akan tetapi gak sempat bawa ke servis, Kemudian tanpa pikir panjang, aku langsung menghidupkan TV tersebut supaya lebih kentara seperti apa kerusakannya. Setelah aku coba hidupkan, memang sahih apa yang dibilang si pemilik TV tersebut. Untuk suaranya masih tetap normal.

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang sebagai penyebab terjadinya gambar TV berwarna merah seperti gambar diatas, Dan bukan hanya rona merah saja yg bisa timbul, berdasarkan pemngalaman aku , mampu saja gambar hanya berwarna hijau atau biru serta lainnya.

Sekarang berlanjut pada proses inspeksi.

Yang pertama merupakan coba periksa bagian soket CRT, terutama dalam TR/IC warnanya. Apabila masih menggunakan TR,umumnya ada tiga buah yaitu C2482 (TV cina). Langsung saja aku ganti ketiganya. Serta saya tes hidupkan TV, jebreet... Gambar sudah balik normal seperti sedia kala.

Nah... Buat kemungkinan lainnya dalam memeperbaiki gambar lebih banyak didominasi berwarna merah atau yg lain, bisa jadi sebabkan karena katoda short terhadap G1.
  • Apabila yg short katoda merah (R), maka layar akan blank berwarna merah di sertai garis-garis horizontal.
  • Apabila yang short katoda hijau (G), maka layar akan blank berwarna hijau disertai garis-garis horizontal.
  • Dan bila yang short katoda biru (B), maka layar akan blank berwarna biru disertai garis-garis horizontal.
Cara digdaya yg biasa pada lakukan jika mendapati kasus misalnya ini merupakan dengan memberi tegangan tinggi sesaat dalam katoda yang bermasalah.

Caranya misalnya ini:
1. Ambil seutas kabel kira-kira 50cm
2. Salah satu ujungnya masukkan jepit buaya dan yg ujung satunya lagi kita kasih bekas 1 pin soket CRT (biar nanti mudah pemakaianya)
3. Lalu lepaskan soket blok RGB berdasarkan CRT
4. Tancapkan/tusukkan kabel yg telah bersoket tadi ke katoda yang bermasalah,sedangkan ujung kabel yg sudah berjepit buaya tadi kita jepitkan ke ujung obeng minus yg telah kita selipkan ke pada kop tudung anoda
5. Kemudian hidupkan TV sementara waktu saja (sampai start)
6. Lepas lagi kabel dan obeng tadi serta pasang pulang blok RGB soket ke CRT
7. Coba hidupkan TV lagi buat melihat hasilnya

Jika masih tidak berakibat output, ulangi lagi langkah di atas, Tapi perlu diingat ya, bahwa langkah ini pula memiliki resiko tinggi lantaran bila terdapat kesalahan akan berakibat rusaknya CRT/ tabung TV.

Metode hadiah tegangan tinggi sesaat misalnya ini jua bisa digunakan buat short G2/penekanan terhadap G1, biasanya gejalanya layar TV hanya gelap, saya telah membahas pada artikel sebelumnya mengenai Cara Memperbaiki TV LG yg Gambarnya Hilang.

Comments