MEMBUAT SOLDER MINI DARI ANTENA RADIO DAN BATERAI 12V

Pada lepas 1 januari 2018 ini, aku akan mulai awal tahun ini dengan menulis sebuat tutorial yg tentunya dapat bermanfaat, terutama bagi orang yg mempunyai hobi elektronik. Pada kesempatan athun baru ini, sayaya akan berbagai tutorial cara menciptakan solder menurut antena radio yg memakai sumber daya berdasarkan baterai 12v. Selain memakai baterai 12v kamu pula sanggup menggunakan catu daya (power supply) 12v yg berarus lima amper.


Pernah terdapat yang tanya sama saya, kenapa kita membuat solder sendiri? Padahal kan solder dengan daya 60 watt versi biasa (tidak baik) aja paling cuma dijual 15 ribuan. Nah, jawaban aku juga gampang saja, sebetulnya malah udah dijawab sendiri oleh yg bertanya, yakni solder biasa (jelek) itu kualiasnya ya emang tidak baik. Bisa panas dengan bagus dan menggunakan mudah melelehkan tenol jua pas masih baru saja, pas nanti udah beberapa usang pula udah gak mau panas lagi, kan bikin kezel hehe.


Nah, berdasarkan situ aku tetep ingin membagika tutorial cara menciptakan solder sendiri ini. Kelebihan dari solder buatan sendiri ini adalah selain kita bisa mengasah kreatifitas kita pada berkarya, kita juga bisa menentukan bahan maupun komponen dengan kualitas dan harga yg sinkron dengan keadaan kantong kita hehehe. Seperti yang akan aku bagikan kali ini yg memakai bahan dasar antena bekas radio, di mana pasti kebanyakan orang punya radio yang telah rusak kan, jadi bisa dimanfaatkan.

Tutorial Cara Membuat Solder Mini dari Antena Radio serta Baterai 12v


Tahap pertama yg dilakukan untuk membuat solder dari antena radio serta baterai 12v ini merupakan membuat gagang soldernya dari kayu yang bentuk menggunakan mesin bubut kecil (mungkin cara membuatnya akan saya bagikan nanti). Kamu sanggup melewati termin ini, dan memakai kayu yang tidak di bentuk dan dihaluskan menggunakan mesin bubut mini .


Langkah berikutnya beri lubang dalam kayu gagang solder tersebut memakai mesin bor.


Setelah itu tinggal pasang saja antena bekas radio dalam lubang tadi.


Siapkan sebuah kabel tembaga lalu kemasan dengan selongsong anti panas. Kemudian pasang kabel tembaga menggunakan berukuran yang lebih kecil pada bagian ke dua ujungnya dan terakhir lilit dan sambungkan keduanya menggunakan kawat nikelin misalnya gambar pada bawah ini..


Selanjutnya kemasan semuanya menggunakan selongsong tahan panas.

Dan tambahkan ke dalam antena radio yg sudah dipasang pada gagang solder berdasarkan kayu tersebut.


Agar lebih rapi, dalam ujung solder tersebut tutup menggunakan baut dari ruji sepeda.

Hasilnya akan terlihat misalnya ini.

Terakhir buat mencoba solder dari baterai 12v serta antena radio ini, tinggal kita colokkan atau sambungkan saja kebelnya pada baterai 12v atau cat daya 12v.


Solder ini benar-benar bisa dipakai untuk menyolder, dan kekuatan panasnya juag setabil sebagai akibatnya tenol mampu matang dengan paripurna.


Seperti yang aku katakan pada atas, solder berdasarkan baterai 12v serta antena radio bekas ini sahih-sahih dapat digunakan selayaknya solder yang kamu beli pada toko elektronika. Daya yg dihaslikan pun jua lebih menurut relatif, sebagai akibatnya waktu proses penyolderan tenol benar-sahih matang paripurna sebagai akibatnya kabel atau komponen elektronik benar-benar melekat menggunakan baik. Semoga berguna, terimakasih.

Comments